PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PEMPEK BERKAH DI KOTA PADANG

Authors

  • Yenni Jufri STIA LPPN Padang
  • Naufal Raid STIA LPPN Padang
  • Seven Putra STIA LPPN Padang
  • M. Dio Rizki STIA LPPN Padang
  • Yori Yordan STIA LPPN Padang
  • Fajar Yulianda STIA LPPN Padang
  • Gito Meihendra STIA LPPN Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.42245

Keywords:

Pemanfaatan, Media Sosial, Penjualan

Abstract

Pempek berkah merupakan gerai makanan khas Palembang yaitu Pempek. Pempek merupakan makanan yang terbuat dari tepung tapioka, ikan tenggiri dan komposisi bumbu lainnya. Pempek telah beroperasi lebih 1 tahun. Pempek berkah terletak di Kelurahan Anduring, Kecamatan Kuranji Kota Padang. Saat ini Pempek Berkah melayani berbagai jenis penjualan, seperti penjualan langsung di gerai Pempek Berkah dan penjualan online menggunakan media Instagram. Hasil dari Tim Pengabdian masyarakat memberikan beberapa solusi dalam peningkatan penjualan yaitu (a) Gerai Pempek Berkah harus menambah jenis media sosial lain dalam penjualan, seperti facebook, Tiktok, Twitter dan media sosial lain. (b) Pempek Berkah harus aktif update produk terbaru, sehingga ada inovasi produk yang dijual, (c) Menambah modal usaha dalam operasional Pempek Berkah sehingga dapat bersaing dengan gerai pempek lain yang ada di Kota Padang, (d) Pempek berkah hendaknya lebih aktif lagi dalam keikutsertaan dalam bazar yang dilaksanakan oleh berbagai pihak, termasuk stand di car free day yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Padang, (e) Selain menambah media sosial dalam penjualan online, Pempek Berkah lebih mendesain gerainya agar lebih menarik

References

Hidayatullah, et al. (2018). Perilaku Generasi Milenial dalam Menggunakan Aplikasi Go-Food. Menejemen Dan Kewirausahaan, 6(2), 240–249

Marwanti. (2000). Pengetahuan Makanan Indonesia. Yogyakarta: Adi Cita Karya Nusa

Purba, F.J. (2020). Penggunaan Metode Diskusi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika (INPAFI). 8(1).

Wirabumi, R. (2020). Metode Pembelajaran Ceramah. Annual Conference on Islamic Education and Thought ACIET, I(I).

Downloads

Published

2025-01-28

How to Cite

Jufri, Y., Raid, N., Putra, S., Rizki, M. D., Yordan, Y., Yulianda, F., & Meihendra, G. (2025). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PEMPEK BERKAH DI KOTA PADANG. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 973–978. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.42245

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.