SOSIALISASI DIGITAL MARKETING SEBAGAI SARANA PEMASARAN PRODUK LOKAL DESA MANGUNSARI, KECAMATAN GUNUNGPATI, KOTA SEMARANG

Authors

  • Dyah Ika Kirana Jalantina Universitas Pandanaran
  • Maria Magdalena Minarsih Universitas Pandanaran
  • Dewi Fatmasari Universitas Pandanaran
  • Rini Fadilah Universitas Pandanaran
  • Dewi Febriani Universitas Pandanaran

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.41461

Keywords:

Digital Marketing, Pemasaran Sosial Media, Marketplace Facebook

Abstract

Penggunaan sosial media mengalami peningkatan pesat dewasa ini termasuk dalam penggunaannya sebagai platform untuk transasksi bisnis. Perubahan perilaku membeli konsumen dari pembelian offline ke pembelian secara online mendukung tingginya penggunaan sosial media oleh masyarakat di seluruh Indonesia bahkan dunia. Salah satu platform yang banyak digunakan masyarakat sebagai ajang transaksi bisnis secara online adalah marketplace facebook. Hal ini membuat banyak pelaku bisnis mempromosikan produk atau jasa melalui platform tersebut dengan berbagai alasan diantaranya adalah kemudahan akses, tidak dikenakan biaya serta dapat mempromosikan aneka ragam produk. Sosialisasi sekaligus pelatihan digital marketing yang dilakukan terhadap masyarakat desa Mangunsari kecamatan Gunungpati ini bertujuan untuk lebih memperkenalkan fungsi marketplace facebook agar dapat digunakan sebagai sarana promosi dengan optimal sehingga dapat meningkatkan penjualan produk

References

Kadarisman, M, 2019, The influence of government and MUI mediations towards marketing strategy of Warteg and its impact on developing MSMEs in Jakarta, Indonesia. Cogent

Business & Management, No.1, Vol.6.

Lukiyana, L., & Yusuf, N. M. ,2022, The Influence of Digital Marketing and E-commerce on

MSME Marketing Performance with Entrepreneurship Orientation as Moderating.

Putri Salma N, D. A. (2021). Produk Lokal Yang Mendunia Sebagai Bentuk

Implementasi Pancasila. Jurnal Pendidikan Tambusai, 937-943.

Setiawan, E. (2014). analisis sikap konsumen terhadap produk fashion lokal dan impor.

Jurnal Economia, 38-47.

Downloads

Published

2025-01-06

How to Cite

Jalantina, D. I. K., Minarsih, M. M., Fatmasari, D., Fadilah, R., & Febriani, D. (2025). SOSIALISASI DIGITAL MARKETING SEBAGAI SARANA PEMASARAN PRODUK LOKAL DESA MANGUNSARI, KECAMATAN GUNUNGPATI, KOTA SEMARANG. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 222–228. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.41461

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.