EDUKASI PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN LITERASI DIGITAL SISWA DI SDN 119 BELALANG

Authors

  • febri raudatul jannah jannah Literasi Digital, Keterampilan, Media Sosial
  • Asmah Amir Universitas Muhammadiyah Bone
  • Ahmad Nurul Ihsan B. Universitas Muhammadiyah Bone

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.42895

Keywords:

Literasi Digital, Keterampilan, Media Sosial

Abstract

Program pengabdian Mahasiswa KKN Tematik Universitas Muhammadiyah Bone bertujuan meningkatkan keterampilan literasi digital siswa di SDN 119 Belalang melalui edukasi penggunaan media sosial. Edukasi ini mencakup pemahaman tentang privasi, keamanan, dan etika komunikasi di dunia maya, dengan metode observasi dan dokumentasi untuk memantau perkembangan siswa. Di SDN 119 banyak siswa yang aktif menggunakan media sosial, namun kurang memahami risiko etika, keamanan, dan dampaknya di dunia digital. Minimnya literasi digital membuat mereka rentan terhadap perundungan siber, hoaks, dan informasi tidak pantas. Selain itu, kurangnya pengawasan di rumah dan sekolah mengakibatkan siswa tidak memiliki panduan yang jelas dalam menggunakan media sosial dengan aman. Program ini bertujuan memberikan siswa dengan pemahaman keterampilan digital serta menumbuhkan sikap kritis dan etis dalam berinteraksi online. Keberhasilan program terlihat dari keaktifan siswa dalam diskusi dan evaluasi materi melalui pertanyaan langsung. Sebagian besar siswa dapat mengelola akun media sosial dengan aman, menghindari hoaks, dan melindungi privasi online. Banyak juga yang dapat mengidentifikasi risiko di dunia maya dan mengajukan pertanyaan relevan. Dengan demikian, program ini berhasil meningkatkan literasi digital siswa di SDN 119 Belalang.

References

A. H., L. R., Nizar, R. A., S. M., A. N., & A. M. (2023). Teori Pendidikan Ibn Sina dan Jean Piaget: Perbandingan antara. Raya Al-Islam, Vol. 7, No. 3, 1268-1285.

D. A., T. F., & E. R. (2020). Dampak Penggunaan Media Sosial. Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, Vol. 4, No . 2, hal: 181-190.

Dewi, P. A. (2023). Literasi Dampak dan Tantangan Digitalisasi Bagi Anak Usia Sekolah. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, Volume 7, Nomor 2, 1389-1393.

Fajar, M., & Machmud, H. (2020). Penggunaan Media Sosial di Kalangan Siswa Sekolah Dasar. Diniyah : Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 46.

I. I., A. S., & Nurfadillah. (2024). Efektivitas Penggunaan Media Sosial Dan Efektifitas Penggunaan Media Sosial Dalam Pendidikan Di Kota Makassar Provinsi Sulawesi Selatan. Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora, Vol. 9. No.1, 76-87.

Maritsa, A., Hanifah Salsabila, U., Wafiq, M., Rahma Anindya, P., & Azhar Ma’shum, M. (2021). Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 91–100.

Naufal, H. A. (2021). Literasi Digital. Jurnal Perspektif –Yayasan Jaringan Kerja Pendidikan Bali, 1(2), 195–202.

Qiptiyah, T. M. (2024). Teori Perkembangan Kognitif Anak (Vygotsky). Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 5 No 1, 204-220.

Rojak, R., Zuhri, S., & Sastradiharja, J. (2021). Pengaruh Media Sosial Dan Lingkungan Sosial Sekolah Terhadap Perilaku Religius Siswa. Wawasan: Jurnal Kediklatan Balai Diklat Keagamaan Jakarta, 2(1), 74–91.

R. R., & Istian, A. N. (2024). Peran Media Sosial dalam Perkembangan Psikologis Anak dan Remaja. Indonesian Research Journal on Education, Volume 4 Nomor 2, 539-544.

Safitri, I., Marsidin, S., & Subandi, A. (2020). Analisis Kebijakan terkait Kebijakan Literasi Digital di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 176–180.

Siregar, T., Wijaya, A., Rangkuti, A. N., & Nasution, M. (2024). Keterampilan dan Kecakapan Abad 21 : Kompetensi Digital Pendidik Masa Depan. 01(02), 1–11.

Sugiarto, & A. F. (2023). Literasi Digital Sebagai Jalan Penguatan Pendidikan Karakter Di Era Society 5.0. Jurnal Ilmu Pendidikan, Volume 6 Nomor 3, 580-597.

Syifah, S. f., Istirohmah, A. N., & Azizah, P. L. (2023). Dampak Penggunaan Media Sosial terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 5 (1), 21-27.

Yulisnawati Tuna. (2021). Literasi Digital Dalam Pembelajaran di SD Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pendidik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 2005(November), 388–397.

Downloads

Published

2025-02-18

How to Cite

jannah, febri raudatul jannah, Amir, A., & B., A. N. I. (2025). EDUKASI PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN LITERASI DIGITAL SISWA DI SDN 119 BELALANG. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 1426–1431. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.42895

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.