PENGARUH SOSIAL MEDIA MARKETING DAN WORD OF MOUTH TERHADAP MINAT BELI PRODUK MIXUE DI SUNGGUMINASA KABUPATEN GOWA
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v6i2.42771Keywords:
Sosial Media Marketing, Word Of Mouth, Minat BeliAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sosial media marketing dan word of mouth terhadap minat beli produk mixue di Sungguminasa Kabupaten Gowa. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif. Sampel terdiri dari 96 responden, yang dipilih menggunakan rumus Lemeshow. Data dikumpulkan melalui kuesiner dan studi dokumentasi. Sumber data mencangkup data primer dan sekunder. Metode analisis data yang diterapkan meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, regresi linear berganda, serta pengujian hipotesis. Hasil kuesioner diolah menggunakan aplikasi statistik SPSS versi 26. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel sosial media marketing (X1) melalui uji t diperoleh nilai t hitung 2,556 > t tabel 1,661 dengan tingkat signifikansi 0,012, dan variabel word of mouth (X2) diperoleh nilai t hitung sebesar 8,989 > t tabel 1,661 dengan tingkat signifikansi 0,000. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa social media marketing memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli, begitupun variabel word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli produk mixue di Sungguminas Kabupaten Gowa.References
Ardy, C. K., & Nainggolan, R. (2022). Pengaruh Social Media Marketing dan Marketplace Marketing terhadap Minat Beli Produk Tree-X. Performa, 6(5), 429–438. https://doi.org/10.37715/jp.v6i5.2172
Area, U. M. (2023). Pengaruh Social Media Marketing Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pelanggan Pesenjama Coffee Medan Skripsi Oleh : Agung Maulana Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Medan Area Medan Pengaruh Social Media Market.
Asrul, M. (2024). Analisis strategi pemasaran dalam meningkatkan jumlah pelanggan pada yotta cabang pallangga kabupaten gowa.
Aulia, A., & Abednego, F. (2023). Pengaruh Word Of Mouth Dan Social Media Activities Terhadap Minat Beli Konsumen Menantea Jawa Barat. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 19(1), 18–27. http://doi.org/10.23960/jbm.v19i1.856
Diana Warpindyastuti, Lady, Mega Aprita, Y., & Azizah, A. (2022). Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Produk Scarlett Whitening. Ekonomi Dan Bisnis ( Ekobis) 45, 1(1), 8–13. https://doi.org/10.56912/ekobis45.v1i1.7
Elpansyah, C., Nurdin, S., & Rahayu, Y. S. (2019). Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Melalui Citra Perusahaan dan Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening Pada Jasa Umroh PT Indojava Mulia Wisata. Jurnal Sain Manajemen, 1(1), 85–95. http://ejurnal.univbsi.id/index.php/jsm/index 85.
Fadzri Kusuma, A., & Wijaya, T. (2022). Pengaruh Electronic Word of Mouth Terhadap Minat Beli: Peran Mediasi Citra Merek. Jurnal Fokus Manajemen Bisnis, 12(1), 30–42. https://doi.org/10.12928/fokus.v12i1.5717
Hidayati, F. N., Priyono, B., Stia, P., & Jakarta, L. (2024). Pengaruh Social Media Marketing, Influencer Marketing dan Word Of Mouth (WOM) Terhadap Minat Beli pada UMKM Sprouts Farms. Journal of Business Administration Economic & Entrepreneurship, 6(1), 35.
Kasus, S., Followers, P., Ekonomi, F., & Belitung, U. B. (2024). JURNAL EKONOMI , MANAJEMEN , BISNIS DAN SOSIAL Pengaruh Konten Marketing dan Electronic Word of Mouth ( E-WOM ) Terhadap Minat Beli Kuliner Melalui Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening. 4, 393–402.
Mas’ari, A., Hamdy, M. I., & Safira, M. D. (2020). Analisa Strategi Marketing Mix Menggunakan Konsep 4p (Price, Product, Place, Promotion) pada PT. Haluan Riau. Jurnal Teknik Industri: Jurnal Hasil Penelitian Dan Karya Ilmiah Dalam Bidang Teknik Industri, 5(2), 79. https://doi.org/10.24014/jti.v5i2.8997
Muhammad, R. W., Rochaeti, E., & Setiawan, E. (2021). Pengaruh Media Social Marketing Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Pada Produk Sepatu Converse Pada Mahasiswa FEB Universitas Prof Dr Hamka. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 9(2), 31–40. https://doi.org/10.37641/jimkes.v9i2.451
Musnaini, Suyoto, Y. T., Handayani, W., & Jihadi, M. (2021). Manajemen pemasaran.
Othysalonika, O., Muhaimin, A. W., & Faizal, F. (2022). Pengaruh Social Media Marketing terhadap Minat dan Keputusan Pembelian Konsumen pada Usaha Makanan Sehat di Kota Malang. Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 6(3), 1134. https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2022.006.03.32
Pratiwi, R. S. (2022). Pengaruh Store Image Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening (Pengguna E-commerce Tokopedia di Jakarta Timur). Repository STIE Jakarta, 9–24.
Refiani, A. S. . & M. A. (2021). Analisis Pengaruh Sosial Media Marketing Melalui Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Studi Pada This! By Alifah Ratu Tahun 2020. EProceedings of Applied Science, 6(3), 2753–2758 .
Rinda Rahmawati, A. (2021). Pengaruh Social Media Marketing Dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen J.Co Donuts and Coffee Kota Samarinda. Jurnal Administrasi Bisnis Fisipol Unmul, 9(1), 17. https://doi.org/10.54144/jadbis.v9i1.4686
Saddha Yohandi, Yuliana, Arwin, Lisa, & Ivone. (2022). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Minat Beli Di Fortunate Coffee Cemara Asri Deli Serdang. SOSMANIORA: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 1(2), 182–186. https://doi.org/10.55123/sosmaniora.v1i2.451
Sanjaya, A. S. (2020). Pengaruh Dimensi Social Media Marketing Terhadap. PERFORMA: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 5(4), 272–278.
Sari, M. S., & Zefri, M. (2019). Pengaruh Akuntabilitas, Pengetahuan, dan Pengalaman Pegawai Negeri Sipil Beserta Kelompok Masyarakat (Pokmas) Terhadap Kualitas Pengelola Dana Kelurahan Di Lingkungan Kecamatan Langkapura. Jurnal Ekonomi, 21(3), 311.
Sanaky, M. M. (2021). Analisis Faktor-Faktor Keterlambatan Pada Proyek Pembangunan Gedung Asrama Man 1 Tulehu Maluku Tengah. Jurnal Simetrik, 11(1), 432–439. https://doi.org/10.31959/js.v11i1.615
Ulandari, O. (2023). Entrepreneurship Bisnis Manajemen Akuntansi Efektivitas marketing mix 4P terhadap penjualan BUMDes “ Sumber Rejeki ” Desa Samir Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung. Entrepreneurship Bisnis Manajemen Akuntansi (E-BISMA), 4(1), 183–195.
Setianingsih, F. E., & Aziz, F. (2022). Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Minat Beli Online di Shopee. Jurnal Administrasi Bisnis, 1(September), 25–34.
Setianingsih, F. E., & Aziz, F. (2022). Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Minat Beli Online di Shopee. Jurnal Administrasi Bisnis, 1(September), 25–34.
Syahputri, A. Z., Fallenia, F. Della, & Syafitri, R. (2023). Kerangka berfikir penelitian kuantitatif. Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, 2(1), 160–166.
Solikhah, S. (2024). Pengaruh Kualitas Produk, Brand Awareness, Harga dan Sertifikasi Halal terhadap Minat Beli Konsumen pada “Mixue Ice Cream & Tea” di Kota Purwokerto. Repository UIN SAIZU, 1–196.
Yulia, Y. (2019). Strategi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Strategi Asosiatif. Repositori STEI, 2007, 45–61.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Norma Yanti, Moh. Aris Pasigai, Nasrullah Nasrullah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.