PENDAMPINGAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL GURU UPT SPF SDN TANGGUL PATOMPO I KECAMATAN MAMAJANG KOTA MAKASSAR
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.41414Keywords:
Pendampingan, Media Pembelajaran, Mengartikulasikan Alur CeritaAbstract
Pendampingan pembuatan media pembelajaran articulate storyline pada guru-guru UPT SPF SDN Tanggul Patompo I Kecamatan Mamajang Kota Makassar bertujuan untuk mengembangkan kemampuan guru-guru dalam membuat media pembelajaran berbasis digital yang dapat meningkatkan minat belajar siswa di dalam atau luar kelas. Metode pendampingan ini dilakukan 2 tahap yaitu (1) pendampingan di sekolah (2) Uji coba media articulate storyline. Peserta membuat media pembelajaran yang mereka ajarkan di kelas. Media ini sangat interaktif jika dibandingkan power point dan memudahkan kembali menu utama. Penggunaan media ini sangat efektif karena siswa dapat mengulangi tontonan video pembelajaran dan menjawab pertanyaan pada soal-soal yang disajikan. Pendampingan guru-guru UPT SPF SDN Tanggul Patompo I Kecamatan Mamajang Kota MakassarReferences
Abi Hamid, M., Ramadhani, R., Masrul, M., Juliana, J., Safitri, M., Munsarif, M., ... & Simarmata, J. (2020). Media pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.
Amelia, V., & Arwin, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Kinemaster Pada Pembelajaran Terpadu di Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(2), 88-97.
Daryanes, F., Darmadi, D., Fikri, K., Sayuti, I., Rusandi, M. A., & Situmorang, D. D. B. (2023). The development of articulate storyline interactive learning media based on case methods to train student’s problem-solving ability. Heliyon, 9(4).
Ekawati, E. Y., Budiawanti, S., Masithoh, D. F., Waskito, S., Surantoro, S., & Maulidah, R. A. (2013, September). Desain Media Pembelajaran Dalam Bentuk Buku Saku yang Berbasis Mobile Application menggunakan Player Air for Android pada Adobe Flash Professional CS 5.5 Untuk Materi Fisika SMA. In PROSIDING: Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika (Vol. 4, No. 1).
Evi Marlianti. (2020). Peningkatan Keterampilan Menyimak Siswa Menggunakan Media Audio Cerita Anak Kelas III SD. file:///C:/Users/Manar.Com/Downloads/26827-75676583900-1-PB.pdf
Fadhli, M. (2016). Pengembangan media pembelajaran berbasis video kelas iv sekolah dasar. Jurnal dimensi pendidikan dan pembelajaran, 3(1), 24- 33.
Fathoni, T. (2025). Integrasi Konsep Pengalaman Belajar John Dewey Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Anak. AL-MIKRAJ Jurnal Studi Islam Dan Humaniora (E-ISSN 2745-4584), 5(2), 124–139.
Hadza, C., Sesrita, A., & Suherman, I. (2020). Development of learning media based on articulate storyline. Indonesian Journal of Applied Research (IJAR), 1(2), 80–85.
Hakim, L. (2020). Pemilihan platform media pembelajaran online pada masa New Normal. Justek: Jurnal Sains Dan Teknologi, 3(2), 27-36.
Ichsan, F. N. (2021). Implementasi perencanaan pendidikan dalam meningkatkan karakter bangsa melalui penguatan pelaksanaan kurikulum. Al-Riwayah: Jurnal Kependidikan, 13(2), 281–300.
Noor, T. (2018). rumusan tujuan pendidikan nasional pasal 3 undang-undang sistem pendidikan nasional No 20 Tahun 2003. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 2(01).
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911–7915.
Rahayu, R., Mustaji, M., & Bachri, B. S. (2022). Media pembelajaran berbasis aplikasi android dalam meningkatkan keaksaraan. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3399–3409.
Rizki Maulana Muhammad, Rizki Akmalia. (2023). Implementasi Perencanaan Pembelajaran Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan. Edukasi Non Formal 4: 2715-2634
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Fajriahsari Fajriahsari, Andi Andry Tenriana, Sukmawati Sukmawati, Nasrah Nasrah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.