PENGARUH MULTIMETODE TERHADAP KEMAMPUAN BACA TULIS ALQURAN SISWA KELAS VII MTS SYARIF AR-RASYID

Authors

  • Rizki Anwar Universitas Al Washliyah Medan
  • Hasnil Aida Nasution Universitas Al Washliyah Medan
  • Yulia Warda Universitas Al Washliyah Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.31267

Keywords:

Multimetode, Kemampuan BTQ

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi: 1) Penggunaan berbagai metode dalam pembelajaran baca tulis Alquran di MTs Syarif Ar-Rasyid, 2) Kemampuan baca tulis Alquran siswa kelas VII dengan penerapan multimetode, 3) Pengaruh multimetode terhadap kemampuan baca tulis Alquran. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pengambilan data melalui pretes dan postes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penggunaan multimetode dalam pembelajaran baca tulis Alquran di MTs Syarif Ar-Rasyid melibatkan metode iqro’, baghdady, qira’ati, barqy, dan tilawati. Rata-rata hasil angket menunjukkan bahwa siswa senang dan cenderung sangat senang dengan multimetode, dengan skor 3,8. 2) Kemampuan baca tulis Alquran siswa rata-rata sebesar 3,2, yang menunjukkan bahwa siswa sudah mampu, namun masih perlu ditingkatkan. 3) Penggunaan multimetode memiliki pengaruh signifikan terhadap kemampuan baca tulis Alquran, ditunjukkan oleh hasil thitung > ttabel (t 80,57 > t 1,70). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa multimetode berpengaruh terhadap kemampuan baca tulis Alquran siswa kelas VII di MTs Syarif Ar-Rasyid.

References

Arif, M. N., Mesran, M., & Yurmaini, Y. (2024). Efektivitas Bimbingan Belajar Baca Tulis Al Qur’an Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa di MTS Al-Washliyah 30 Pematang Guntung. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 5273-5280

Hakim, A., Azis, A., & Nasution, U. F. (2022). Upaya Guru Tahfizh Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Melalui Metode Muraja’ah Santriwati Rumah Tahfiz Al-Bayyinah Medan. Manhaji: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 70-75.

Nasution, U. F. (2024). PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI HASIL BELAJAR ALQURAN SISWA KELAS VII MTs NEGRI 1 MEDAN. Manhaji: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 1-9.

Ridwan, A., Prasetyo, R., Hidayah, N., Jannah, F., & Zaini, A. M. (2022). Penerapan Metode Iqra’Dan Kemampuan Tulis Baca Al-Quran Siswa MIS Al-Kautsar Kelurahan Pangkalan Masyhur Kecamatan Medan Johor. Innovative: Journal Of Social Science Research, 2(2), 220-226.

Rizky, I., Lubis, K., & Harahap, H. S. (2022). Pelaksanaan Program Tahsin dalam Meningkatkan Kemampuan Belajar Membaca Tajwid di MTs Islamiyah. Tajribiyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 53-62

Sugiyono, 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alphabet

Downloads

Published

2024-07-07

How to Cite

Anwar, R. ., Nasution, H. A. ., & Warda, Y. . (2024). PENGARUH MULTIMETODE TERHADAP KEMAMPUAN BACA TULIS ALQURAN SISWA KELAS VII MTS SYARIF AR-RASYID . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 9437–9441. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.31267

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.