EFEKTIVITAS PROGRAM POJOK BACA DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA DI MIS SYABABUL QORIB MELATI II KECAMATAN PERBAUNGAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21314Keywords:
Efektivitas, Program Pojok Baca, Minat Baca, Siswa.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kondisi minat baca siswa kelas MIS II Syababul Qorib Melati II, program pojok baca dalam meningkatkan minat baca siswa siswa kelas MIS II Syababul Qorib Melati II, faktor pendukung dan faktor penghambat dalam meningkatkan minat baca siswa kelas MIS II Syababul Qorib Melati II. Jenis penepenelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observes, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data yang dilakukan menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kondisi minat baca kelas II MIS Syababul Qorib Melati II Kec. Perbaungan terbilang rendah. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor baik internal maupun faktor eksternal. Karena di zaman sekarang, dimana perkembangan teknologi semakin maju, orang tua lebih sering memberikan gadget kepada anak-anak. Hal inilah yang mempengaruhi minat baca siswa. Siswa lebih senang bermain gadget di waktu luang daripada membaca buku. (2) Minat Baca Siswa Kelas II Dengan Dibentuknya Program Pojok sangat meningkat. Setelah dibentuk pojok baca di setiap kelas minat membaca siswa semakin meningkat terkhususnya di kelas II. Agar minat baca siswa selalu meningkat maka pojok baca dibuat semenarik umngkin ntuk menghias sudut ruangan dengan berbagai hiasan yang ditata secara rapi, yang tujuannya itu supaya anak betah dalam ruangan sekaligus secara tidak langsung dapat meningkatkan minat baca siswa. (3) Faktor Pendukung dan Penghambat Program Pojok Baca Dalam Meningkatkan Minat Baca Pada Siswa Kelas II MIS Syababul Qorib Melati II, faktor pendukungnya adalah dukungan dari pihak-pihak terkait, antusiasme siswa yang cukup baik, kerja sama dengan lembaga dan keberadaan pojok baca membantu perpustakaan dalam menyediakan buku bacaan siswa kelas II memiliki minat baca yang tinggi. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu kondisi beberapa buku pojok baca yang rusak atau bahkan hilang, penataan dan hiasan yang masih kurang menarik sehingga tampak kurang menarik dan tidak semua siswa kelas II memiliki minat baca yang tinggiReferences
, P. N. (2015). Penumbuhan Budi Pekerti. Direktoral Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Kementrian dan Kebudayaan.
Armanila, A. (2021). Implementasi Contextual Teaching and Learning dalam Pencapaian Perkembangan Aspek Agama pada Anak Usia Dini (Pendekatan Filsafat Ilmu-Ilmu Keislaman). Jurnal Raudhah, 9(1), 109–125. https://doi.org/10.30829/raudhah.v9i1.946
Hidayatulloh, P., Solihatul, A., Setyo, E., Fanantya, R. H., Arum, S. M., Istiqomah, R. T. U. N., & Purwanti, S. N. (2019). Peningkatan Budaya Literasi melalui Kegiatan Pojok Baca di SD Muhammadiyah Plus Malangjiwan Colomadu. Buletin Literasi Budaya Sekolah, 1(1), 6–11. https://doi.org/10.23917/blbs.v1i1.9301
Kebudayaan, D. P. dan. (1997). Laporan lokakarya Pengembangan Minat dan Kegemaran Membaca Siswa. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Lubis, M. S. A., Harahap, H. S., & Armanila, A. (2021). Psychological problems of learning from home during the covid-19 pandemic in early childhood. A?f?luna: Journal of Islamic Early Childhood Education, 4(2), 11–20. https://doi.org/10.32505/atfaluna.v4i2.3497
S, D. (2017). menghidupkan Literasu Di Ruang Kelas. PT Kanisus.
Sari, W., Nila, A., Siahaan, H., Yunita, I., & Hafizhoh, S. (2022). How To Create Speaking Politeness in Elementary School. Exposure?: Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris, 11(1), 65–72. https://doi.org/10.26618/exposure.v11i1.7171
Sugiyono. (2021). MEtode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (3rd ed.). Alfabeta, CV.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kualitatif: Untuk Penelitian yang Bersifat Eksploratif, Enterpretif, Interaktif dan Konstruktif (3rd ed.). Alfabeta, CV.
Wiedarti. (2016). Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah. Direktoral Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Yunus, A. (2017). Pembelajaran Literasi Strategi Meningkatkan Kemampuan literasi Matematika, Sains, membaca, dan Menulis. Bumi Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nursagita
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.