ANALISIS KEMAMPUAN SOSIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN BERDASARKAN PROFESI ORANG TUA DI KECAMATAN KAPUR IX PROVINSI SUMATERA BARAT
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i2.1370Keywords:
Kemampuan Sosial, Profesi OrangtuaAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih rendahnya kemampuan sosial anak usia 5-6 tahun. Kemampuan sosial mempunyai peranan penting dalam masyarakat untuk berinteraksi kemampuan sosial yang baik akan memberikan pengaruh positif bagi perkembangan anak. Tanpa dukungan orangtua, maka anak akan sulit untuk mencapai sesuatu yang maksimal dan akan sulit pula baginya untuk meraih kesuksesan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan sosial anak usia 5-6 tahun berdasarkan profesi orang tua di Kecamatan Kapur IX Provinsi Sumatera Barat. Penelitian dilakukan dengan metode deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian 68 anak usia 5-6 tahun. Teknik pengumpulan data adalah angket yang disebarkan kepada kepada orangtua anak usia 5-6 tahun di Kecamatan Kapur IX sebagai responden. Hasil penelitian menunjukkan skor rata rata 68,15. Artinya kemampuan sosial anak usia 5-6 tahun berkembang sesuai harapan (BSH); secara rinci dilihat dari profesi orang tua anak, diketahui kemampuan sosial anak yang latar belakang profesi orang tua PNS sebagian besar (59,9%) kategori BSH dan BSN, kemudian Pedagang (55,3%). Sedangkan sisanya kategori terendah (BB-MB) berlatar sebagai Buruh Bangunan (12,01%), Petani (12,4%).References
Adisel. 2015. Transfortasi masyarakat petani dan tradisional ke moderen. PT IPB Press. Bogor
Ahmad Susanto. 2017. Pendidikan Anak Usia Dini: konsep dan teori. Bumi Aksara. Jakarta
Ahmad Susanto. 2011. Perkembangan Anak Usia dini. Kencana Prenada Media Grub. Jakarta
Aisyah, siti. 2007. Pengembangan Anak Usia Dini. Universitas terbuka. Jakarta
Aisyah,Nur,A., dan Harun, R. 2018.Dampak statistik sosial ekonomi orang tua terhadap keterampilan sosial anak. Jurnal pendidikan, vol.7,No.2.Retne Ved from http:///jojs.umside.ac.id/index.php/prodigogia/index
Anwar& Arsyad. 2009. Pendidikan Anak Usia Dini. Alfabeta cv. Bandung
Arto Dewi Veronika, dkk .2012. Upaya Meningkatkan Sosialisasi Anak Melalui Sosiodrama Usia 5-6 Tahun di TK hangtuah. Pontianak
Astuti, Nita Budi. 2018. Meningkatkan kemampuan sosial melalui pembelajaran kooperatif model jigsaw pada anak kelas B1 di TK labor FKIP unri kecematan tapan Kota Pekanbaru.Pekanbaru
Aulina Choirun Nisa. 2014. Pengaruh Bermaian Peran Terhadap Peningkatan Kemampuan Sosial Anak Usia Dini. Sidoarjo
Choirun, Nisak, A.2014. Pengaruh bermain peran terhadap peningkatan kemampuan sosial anak usia dini. Jurnal PG- PAUD Vol.1, No.1.hal 14-27
Damayanti Ayu Dutika. 2009. Kiat Memilih Mainan Untuk Anak. Curvaaksara. Yogyakarta
Gunawan, rudy 2006. Pengantar Ilmu Bangunan. Kanisius.Yogyakarta
Patmonodewo Soemiarti. 200. Pendidikan Anak Prasekolah. PT Rineka Cipta. Jakarta
Rafika, Septia Artha. 2016. Permainan kooperatif terhadap kemampuan sosial anak usia 5-6 tahun di Taman kanak-kanak muttaqin bangkinang kota kabupaten kampar. Pekanbaru
Roopnarine, Jaipaul L.2001. Pendidikan Anak Usia Dini. Alfabeta. Jawa Barat
Sugiyono. 2001. Metode Penelitian Bisnis. CV alfaabeta. Bandung
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. cv Alfabeta. Jakarta
Suyadi & Maulidya ulfa. 2013. Konsep Dasar Paud. PT Remaja Rosdakarya Opset. Bandung
Suyadi.2010. Psikologi Belajar PAUD. PT Pustaka Insan Madani. Yogyakarta
Suzanner R. Gellens.2014. Pembangun Daya Pikir Otak. Permata Putri Media jl. Topaz raya c2bno.16. Jakarta
Syaiful, Bahri Djamarah. 2000. Guru dan Anak Didik dalam interaksi edukatif. PT Rineka Cipta. Jakarta
Utama, Nang rindu. 2018. Perubahan Organisasional Institusi Pendidikan Tinggi Tenaga Kesehatan. Wineka Media. Malang
Winarni, Endang Widi. 2018. Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Bumi Aksara. Jakarta
Yus, Anita. 2012. Penilaian Perkembangan belajar anak Taman Kanak-kanak. Prenada media grup. Jakarta
Zulkifli Dewi Sri Suryanti, & Hurhayati. 20018. Pembelajaran Retpadu Pendidikan Anak Usia Dini. publising and consulting compeni. Pekanbaru