PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIFE TIPE LISTENING TEAM DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS XI DI SMK NEGERI 1 GUNUNGSITOLI UTARA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Authors

  • Asali Lase IKIP Gunungsitoli

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v2i2.656

Keywords:

Kooperatif Listenng Team, Hasil Belajar, PTK.

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Listening Team pada mata pelajaran IPS Terpadu. Subjek penelitian ini adalah siswa di Kelas XI SMK Negeri 1 Gunungsitoli Utara Tahun Pelajaran 2018/2019. Berdaarkan penelitian diperoleh bahwa: pada siklus ke-I mulai terlihat bahwa kemampuan siswa menguasai materi pembelajaran dengan nilai rata-rata sebesar 67,33 dengan tingkat kemampuan cukup. Walaupun demikian masih terdapat siswa yang kurang aktif, kurang kooperatif, kurang termotivasi. Hal ini disebabkan karena penguasaan siswa terhadap materi Pasar masih kurang dan kosentrasi siswa masih kurang. Pada siklus II dengan materi yang sama terlihat hasil belajar siswa lebih meningkat, dimana nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 80,67 dengan tingkat penguasaan materi pembelajaran tergolong baik. Berdasarkan hasil yang didapat ini maka, prestasi kemampuan siswa dalam menguasai materi pembelajaran ada kemajuan yang signifikan.

Author Biography

Asali Lase, IKIP Gunungsitoli

Prodi Pendidikan Ekonomi, IKIP Gunungsitoli

References

Al Muchtar, 2000, Pembelajaran Kooperatife, Ganesindo, Bandung.

Arkian, 2006, Strategi Pembelajaran Prolem Bessed Learning, Bumi Aksara, Jakarta.

Arikunto, 2012, Format Desain Penelitian. Ganesindo, Bandung.

Azwar, 1998, Evaluasi Hasil Pembelajaran, Ganesindo, Bandung.

Boud dan Felleti, 2000, Strategi Pembelajaran Active Learning, Pustaka Belajar, Jakarta.

Dakhi, O. “Aplikasi Pendeteksian Kerusakan File Akibat Virus Dengan Menggunakan Metode Heuristic.†Pelita Informatika Budi Darma, vol. 4, no. 1, pp. 35-41, 2013.

Dakhi, O. 2013. Belajar Javascript Dengan Mudah Dan Detail. Jakarta: Dapur Buku. pp. 1-202.

Degeng, 2010, Belajar dan Penilaian Hasil Belajar, Pustaka Belajar, Jakarta.

Djamarah, 2010, Evaluasi Pembelajaran, Rineka Cipta, Jakarta.

Dimyati, 2009, Belajar Dan Pembelajaran, Balai Pustaka, Jakarta.

Hamalik, 2008, Efektivitas Hasil Pembelajaran, Raja Persada, Jakarta.

Jodion Siburian, dkk, 2010, Rujukan Strategi Pembelajaran, Rineka Cipta, Jakarta.

John Dewey, 2003, Langkah-langkah Strategi Pembelajaran Kooperatife, Bumi Aksara, Jakarta

Kuniawati Ervina Dian, 2009, Meningkatkan aktivitas belajar siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IPS 1 SMAN 1 Pleret Melalui penerapan Model Pembelajaran Kooperatife Tipe Listening Team.

Martinis Yamin, 2011, Tujuan Strategi Pembelajaran Kooperatife Tipe Listenig Team, Pustaka Belajar, Jakarta.

Mulyasa, 2008, Belajar dan Pembelajaran Di Sekolah, Rineka Cipta, Jakarta.

Riduwan, 2008, Tektik Analisis dan Pengolahan Data, Rineka Cipta, Jakarta.

Sanjaya, 2006, Model Pembelajaran Pembelajaran Kooperatife, Kencana, Jakarta.

Sudjana, 2002, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Remaja Rosdakarya Offset,Bandung.

Sarumaha, R., Harefa, D., & Zagoto, Maria M. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Geometri Transformasi Refleksi Siswa Kelas XII-IPA-B SMA Kampus Telukdalam Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Kertas Milimeter. Jurnal Education and development, Vol.6 No.1, 90-96. https://doi.org/10.37081/ed.v6i1.668

Slameto, 2010, Faktor Peningkatan Hasil Belajar,PT. Rineka Cipta. Jakarta

Sulistyastuti, 2007, Mengenal Hipotesis Penelitian,Kencana, Jakarta.

Suprijono, 2009, Belajar Keatif Dan produktif,Raja Persada, Jakarta.

Trianto, 2009, Panduan model Pembelajaran kooperatife, Rineka Cipta, Jakarta Depdikbud, 1995, Hasil Belajar Teknik Penilaian Hasil Belajar, PT. Rineka Cipta.Jakarta

Waluyo, 2010, Pengertian Hasil Belajar,Remaja Rosdakarya Offset, Bandung.

Winkel, 2007, Pembelajaran Dalam KTSP, PT. Rineka Cipta. Jakarta.

Zagoto, Maria M., Yarni, Nevi; Dakhi, O. (2019). Perbedaan Individu dari Gaya Belajarnya Serta Implikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 2(2), 259- 265.

Zagoto, Maria M. & Dakhi, O (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Peminatan Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Atas. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 1(1), 157-170.

Zagoto, Maria M. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Realistic Mathematic Educations Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar, Jurnal Education And Development, vol. 3, no. 1, p. 53, Feb. 2018. https://doi.org/10.37081/ed.v3i1.139

Downloads

Published

2019-12-28

How to Cite

Lase, A. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIFE TIPE LISTENING TEAM DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS XI DI SMK NEGERI 1 GUNUNGSITOLI UTARA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 2(2), 362–373. https://doi.org/10.31004/jrpp.v2i2.656