PENERAPAN MODEL GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS HAL-HAL PENTING DALAM WAWANCARA OLEH SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v2i1.634Keywords:
Model Group Investigation, Menulis Hal Penting, WawancaraAbstract
Menulis hal-hal penting atau isi dalam wawancara merupakan kegiatan mencatat pokok-pokok informasi mulai dari topic pembicaraan, tujuan, dan hal-hal penting lainnya yang dirangkai menjadi sebuah kesimpulan melalui proses menyimak yang memerlukan konsentrasi dan perhatian penuh dari pendengar untuk memahami isi pembicaraan yang disampaikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah peningkatan kemampuan siswa menulis hal-hal penting/isi dalam wawancara melalui model Group Investigation. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII semester II Sekolah Menengah Pertama. Metode penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan prosedur yaitu perencanaan (Planning), pelaksanaan (Action), pengamatan (Observation), dan refleksi (Reflection). Berdasarkan hasil penelitian ini ternyata ada peningkatan kemampuan siswa menulis hal-hal penting/isi adalah wawancara melalui model Group Investigation. Pada siklus I peningkatan kemampuan siswa menulis hal-hal penting/isi dalam wawancara mendapat nilai terendah yaitu 30 dan nilai tertinggi 80 dengan rata-rata 58,65. Pada siklus II peningkatan kemampuan siswa menulis hal-hal penting/isi dalam wawancara nilai terendah yaitu 70 dan tertinggi 95 dengan rata-rata 81,73.References
Anindyarini, Atikah, dan Ningsih, 2008, Buku Bahasa Indonesia, Departemen pendidikan, Jakarta.
Asmani, Jamal, Ma’mur, 2011, Penelititan Tindakan Kelas, Laksana, Jokjakarta.
Catarina, 2005, Bahasa Indonesia SMP kelas VII dan IX, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Dakhi, O. “Aplikasi Pendeteksian Kerusakan File Akibat Virus Dengan Menggunakan Metode Heuristic.†Pelita Informatika Budi Darma, vol. 4, no. 1, pp. 35-41, 2013.
Dakhi, O. 2013. Belajar Javascript Dengan Mudah Dan Detail. Jakarta: Dapur Buku. pp. 1-202.
Damlan, 2012, Keterampilan Menulis,PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Istarani, 2011, Model Pembelajaran Inovatif, Media Persada Medan.
Kusmayadi, Ismail, 2007, Menulis Dengan Hati Membangun Motivasi Menulis, PT. Pribumi Mekar Bandung.
Laia, Askarman, 2009, Upaya Meningkatkan Kemampuan Siswa Menulsi Pragraf Dengan Penerapan Model Pembelajaran Gorup Investigation di SMP Negeri IX Teluk dalam, Tidak di Terbitkan Program Sarjana, IKIP Gunungsitoli.
Nurgiyanotro, Burhan, 2010, PenilaianPembelajaran Bahasa, BPFE-Yogyakarta, Yogyakarta.
Nurhadi, Dawud, dan Pratiwi, 2007, Buku Bahasa Indonesia untuk SMP kelas VII, Erlangga,Malang.
Sarumaha, R., Harefa, D., & Zagoto, Maria M. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Geometri Transformasi Refleksi Siswa Kelas XII-IPA-B SMA Kampus Telukdalam Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Kertas Milimeter. Jurnal Education and development, Vol.6 No.1, 90-96. https://doi.org/10.37081/ed.v6i1.668
Sbaran, 1984, Model Penelitian, (online), (http://Ibrahim,ipos,wordspress.com, Diakses Pada 4 Januari 2016).
Suparno, dkk, 2003, Keterampilan Dasar Menulis Universitas Terbuka, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.
Suryanto, Alex, dan Haryanta, 2007, Buku Panduan Belajar Bahasa Dan Sastra Indonesia, Erlangga, Tangerang.
Tarigan, 1982, Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahas, Angkasa, Bandung.
Wena, Made, 2008, Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional, PT. Bumi Aksara Malang.
Zagoto, Maria M., Yarni, Nevi; Dakhi, O. (2019). Perbedaan Individu dari Gaya Belajarnya Serta Implikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 2(2), 259- 265.
Zagoto, Maria M. & Dakhi, O (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Peminatan Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Atas. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 1(1), 157-170.
Zagoto, Maria M. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Realistic Mathematic Educations Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar, Jurnal Education And Development, vol. 3, no. 1, p. 53, Feb. 2018. https://doi.org/10.37081/ed.v3i1.139
Zebua, Adaria, 2009, Upaya Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Indonesia Melalui Metode Pembelajaran Group Investigation (GI) Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Amandraya.