PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN CONCEPT MAPPING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS SLOGAN

Authors

  • Trisman Harefa IKIP Gunungsitoli

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v2i2.641

Keywords:

Metode Pembelajaraan, Concept Mapping, Menulis Slogan

Abstract

Menulis slogan merupakan kegiatan menuangkan, menyampaikan informasi dalam bentuk kalimat pendek yang bertujuan untuk mempengaruhi atau memberikan informasi kepada khalayak umum. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis Slogan dengan Metode Concept Mapping. Untuk mencapai tujuan penelitian maka digunakan Penelitian Tindakan Kelas. Kegiatan penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan teknik pengumpulan data, lembar observasi dan lembar penilaian. Subjek penelitian adalah siswa Sekolah Menengah Pertama dengan jumlah laki-laki 15 orang dan perempuan 11 orang. Hasil penelitian ini, mulai rata-rata siklus I adalah 8,48 dengan nilai terendah 45 dan tertinggi 85. Siklus II diperoleh nilai rata-rata 90,19 dengan nilai terendah 81 dan tertinggi 97. Hasil observasi terhadap keaktifan siswa, siklus I pertemuan pertama dan pertemuan kedua 26,92%, siklus II pertemuan pertama dan pertemuan kedua 88,46%. Peneliti menyimpulkan bahwa dengan metode pembelajaraan Concept Mapping, kemampuan siswa dalam menulis slogan dapat meningkatkan, interaksi antara guru dan siswa berlangsung lebih dekat sehingga siswa dengan mudah belajar dengan menghubungkan materi dengan kehidupan sehari-hari. Disarankan agar guru Bahasa Indonesia menggunakan metode Concept Mapping dalam pembelajaraan menulis Slogan, siswa diharapkan agar lebih aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaraan, peneliti selanjutnya agar melakukan penelitian tentang masalah ini untuk memperoleh hasil yang lebih akurat.

Author Biography

Trisman Harefa, IKIP Gunungsitoli

Prodi Bahasa Indonesia

References

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Dakhi, O. “Aplikasi Pendeteksian Kerusakan File Akibat Virus Dengan Menggunakan Metode Heuristic.†Pelita Informatika Budi Darma, vol. 4, no. 1, pp. 35-41, 2013.

Dakhi, O. 2013. Belajar Javascript Dengan Mudah Dan Detail. Jakarta: Dapur Buku. pp. 1-202.

Davies, Martin.2010. Concept Mapping, Mind Mapping, And Argument Mapping: What Are Different And Do They Matter?. HigherEducation. (62)(3):279-301

Fahzurrohman, Muhammad. 2015. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Habbibah, 2014, penerapan concept mapping untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika pada siswa kelas VII c semester gasal smp muhammadiyah 2 surakarta, (online) http://eprints.ums. Ac.id/27935/ diakses pada 11 februari 2016.

Sarumaha, R., Harefa, D., & Zagoto, Maria M. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Geometri Transformasi Refleksi Siswa Kelas XII-IPA-B SMA Kampus Telukdalam Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Kertas Milimeter. Jurnal Education and development, Vol.6 No.1, 90-96. https://doi.org/10.37081/ed.v6i1.668

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta.

Suparno,Yunus, 2008, keterampilan Dasar Menulis, Universitas Terbuka,Jakarta.

Yunus, dkk, 2013,Kerampilan Menulis, universitas Terbuka. Tanggerang selatan.

Wahyuni, 2012. Peningkatan kemampuan menulis slogan melalui metode kontruktivisme pada siswa kelas V SDN slarang lor 03.

Zagoto, Maria M., Yarni, Nevi; Dakhi, O. (2019). Perbedaan Individu dari Gaya Belajarnya Serta Implikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 2(2), 259-265.

Zagoto, Maria M. & Dakhi, O (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Peminatan Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Atas. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 1(1), 157-170.

Zagoto, Maria M. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Realistic Mathematic Educations Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar, Jurnal Education And Development, vol. 3, no. 1, p. 53, Feb. 2018. https://doi.org/10.37081/ed.v3i1.139

Downloads

Published

2019-12-28

How to Cite

Harefa, T. (2019). PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN CONCEPT MAPPING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS SLOGAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 2(2), 333–345. https://doi.org/10.31004/jrpp.v2i2.641