PENGARUH BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KEINGINAN KARYAWAN DALAM BERINOVASI

Authors

  • Ashariana Ashariana UPRI Makassar
  • Trisna Rukhmana STKIP Muhammadiyah Sungai Penuh
  • Jacobus Wiwin Kuswinardi Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Ivon Mukaddamah STKIP Kusumanegara Jakarta
  • Mardikawati Mardikawati Politeknik Transportasi Darat Bali
  • Aria Mulya Pradana ITSNU Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25417

Keywords:

Budaya Organisasi, Keinginan Karyawan, Berinovasi.

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi dampak budaya organisasi terhadap keinginan karyawan untuk berinovasi di lingkungan kerja. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus, penelitian ini bertujuan untuk mendalami hubungan antara nilai-nilai bersama, norma-norma organisasi, dan fleksibilitas terhadap perubahan dengan tingkat motivasi karyawan untuk terlibat dalam proses inovatif. Partisipan penelitian terdiri dari karyawan berbagai tingkatan di beberapa organisasi yang dipilih secara purposive. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai bersama yang kuat dalam budaya organisasi menjadi fondasi yang signifikan, menciptakan identitas bersama dan komitmen terhadap tujuan organisasi yang sejalan dengan keinginan karyawan untuk berinovasi. Selain itu, norma-norma positif yang mendorong penghargaan terhadap ide baru dan keterbukaan terhadap gagasan inovatif memberikan dorongan tambahan untuk karyawan berpartisipasi aktif dalam menciptakan solusi kreatif. Fleksibilitas organisasi dalam menghadapi perubahan terbukti menjadi elemen kunci dalam membentuk iklim inovatif, memberikan ruang untuk eksplorasi ide-ide baru dan meningkatkan keinginan karyawan untuk mengatasi tantangan inovasi. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan budaya organisasi yang mendukung inovasi dapat menjadi strategi yang efektif untuk meningkatkan produktivitas dan daya saing organisasi di era bisnis yang dinamis. Studi ini memberikan kontribusi pada pemahaman tentang kompleksitas interaksi antara budaya organisasi dan keinginan karyawan untuk berinovasi, memberikan pandangan yang mendalam bagi organisasi yang berupaya mencapai keunggulan inovatif.

References

Ainanur, Satria Tirtayasa (2018). Pengaruh Budaya Organisasi, Kompetensi dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen ISSN 2623-2634 (online).

Asep Lili Muchmad Romli (2010). Pengaruh Stres Kerja terhadap Motivasi Motivasi Kerja dan Dampaknya terhadap Kinerja Karyawan di PT. BPR Syariah PNM Al-Masoem. Deo Shansha Sitorus.

Darsono, Wulantika (2018). Stres Kerja dan Kepuasan Kerja Pengaruhnya Terhadap Keinginan Berpindah pada Staff PT. Dekatama Centra Kota Bandung Jawa Barat.

Emiliana Luh Damayanthi (2015). Hubungan Antara Stress Kerja dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Personal. ISSN 2615-5168 (online).

Jaclyen Tielung (2013). Pemberdayaan Karyawan, Motivasi dan Komitmen Organisasi terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. PLN (PERSERO) Wilayah VII Manado. ISSN 2303-1174.

Jasman Saripuddin Hasibuan, Beby Silvya (2019). Pengaruh Disiplin Kerja dan Motivasi terhadap Kinerja Karyawan. Inovasi Produk Penelitian Pengabdian Masyarakat & Tantangan Era Revolusi Industri 4.0 Vol. 2 No. 1.

Kamaludin, Ahmad (2018). Peningkatan Kinerja Karyawan Melalui Kepribadian, Komitmen Organisasi Dan Pembelajaran Organisasi (studi Pada Sekretariat Program Studi Unikom). Kusnia lindasari, Askar Yunianto (2019). Pengaruh Stress Kerja, Lingkungan Kerja, dan Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Sosial KOTA SEMARANG. ISBN: 978-979-3649-99-3.

Maslatifa Hanif (2016) Jurusan Manajemen. Pengaruh Sters Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Serta Dampaknya Pada Kinerja Karyawan Hull Construction di PT. DOK dan Perkapalan Surabaya.

Nadia Antonita Christy dan Sholihati Amalia (2017), Pengaruh Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Riset Bisnis & Investasi Vol. 3, No. 2, ISSN 24608211.

Yoyok Soesatyo (2014). Pengaruh Kemampuan, Motivasi Kerja dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan. ISSN 2549-7790 (Online).

Downloads

Published

2024-01-30

How to Cite

Ashariana, A., Rukhmana, T. ., Kuswinardi, J. . W. ., Mukaddamah, I. ., Mardikawati, M., & Pradana, A. M. . (2024). PENGARUH BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KEINGINAN KARYAWAN DALAM BERINOVASI. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 1666–1669. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25417

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>