ANALISIS FAKTOR-FAKOR YANG MEMPENGARUHI TINGKST KEPUASAN ORANGTUA TERHADAP PENDIDIKAN DI UNIVERSITAS

Authors

  • Bakri Bakri Politeknik LP3I Jakarta
  • Trisna Rukhmana STKIP Muhammadiyah Sungai Penuh
  • Al Ikhlas STKIP Muhammadiyah Sungai Penuh
  • Melinda Yusri Rizki Universitas Adiwangsa Jambi
  • Vanchapo Vanchapo STIKes Faathir Husada
  • Sasmita Rusnaini Institut Administrasi Dan Kesehatan Setih Setio Muara Bungo

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21289

Keywords:

Kepuasan Orangtua, Pendidikan Tinggi, Universitas

Abstract

Kepuasan orangtua terhadap pendidikan yang diberikan oleh sebuah universitas memiliki peran penting dalam memengaruhi keputusan mereka untuk mengirimkan anak-anak mereka ke universitas tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi tingkat kepuasan orangtua terhadap pendidikan yang diberikan oleh sebuah universitas. Metode penelitian dilakukan melalui survei dengan mengumpulkan data dari sejumlah orangtua mahasiswa universitas tersebut. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang mencakup berbagai aspek, seperti kualitas pengajaran, fasilitas kampus, interaksi dengan staf akademik, biaya pendidikan, dan dukungan sosial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa faktor yang secara signifikan memengaruhi tingkat kepuasan orangtua terhadap pendidikan di universitas tersebut. Faktor-faktor tersebut antara lain adalah kualitas pengajaran yang disampaikan oleh dosen, ketersediaan fasilitas kampus yang memadai, interaksi yang baik antara orangtua dan staf akademik, serta kebijakan biaya pendidikan yang transparan. Selain itu, faktor dukungan sosial dari universitas kepada orangtua juga memiliki dampak positif terhadap kepuasan orangtua. Hasil analisis ini memberikan pemahaman yang lebih baik tentang aspek-aspek yang perlu diperhatikan oleh universitas dalam meningkatkan tingkat kepuasan orangtua terhadap pendidikan yang mereka tawarkan. Penelitian ini memiliki implikasi penting bagi universitas dalam mengembangkan strategi dan kebijakan yang dapat meningkatkan kepuasan orangtua serta mempertahankan dan meningkatkan jumlah mahasiswa. Selain itu, hasil penelitian ini juga dapat menjadi landasan untuk penelitian lebih lanjut dalam konteks pendidikan tinggi.

References

Daulay, M. Z. (2023). Analisis Kepuasan Orang Tua Terhadap Layanan Pendidikan Lembaga PAUD di TK Qurrota Ayun Pekanbaru. Kindergarten: Journal of Islamic Early Childhood Education, 2(1), 1-13.

Graha, C. (2008). Keberhasilan anak ditangan orangtua untuk memahami perannya dalam membantu pendidikan anak. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo

Masni, H. (2017). Peran pola asuh demokratis orangtua terhadap pengembangan potensi diri dan kreativitas siswa. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 6(1), 58–74.

Moh. Gitosaroso. (2012). Kecerdasan Emosi (Emotional Intelligence). Jurnal Psikologi (Khatulistiwa), 2(2), 182–200.

Muslima. (2015). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kecerdasan Finasial Anak. 1(1), 1–14.

Nugrahani, N. (2018). hubungan pola asuh demokratis dengan kecerdasan emosional pada siswa sekolah menengah pertama (SMP) skripsi. NOVITA NUGRAHANI, 1–18.

Nurul Agustin Liana. (2015). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Orang Tua Peserta Didik Terhadap Layanan Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 2(1), 1-10.

Sholehah, N. D. A. S. M. (2016). pengaruh pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas VII SMPN 111jember tahun ajaran 2015/2016. Revista CENIC, 152(3).

Sinolungan, J. S. V, & David, L. (2015). Jurnal Psikologi perkembangan, Volume 3, Nomor 3, September-Desember 2015. 3.

Sri Lestari Yunus. (2015). Hubungan Pola Asuh Demokratis Dengan Kecerdasan Emosional Pada Remaja di SMA Negeri 4 Kota Gorontalo. Ekp, 13(3), 15761580.

Standifird, dan Williamson, K. J. (2008). The influence of school characteristics and parent expectations on parent satisfaction with secondary schools. Education Policy Analysis Archives, 16(2), 1-27.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, F. (2005). Prinsip-prinsip Total Quality Service. Yogyakarta: Andi Offset.

Widodo, S. (2017). Pengaruh Kualitas Layanan Pendidikan Terhadap Kepuasan Orang Tua Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Surakarta. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(1), 1-12.

Yuniarsih, Y., & Irwanto, I. (2016). Pengaruh Kualitas Layanan Pendidikan Terhadap Kepuasan Orang Tua Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 16 Kota Semarang. Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(2), 1-11.

Downloads

Published

2023-11-17

How to Cite

Bakri, B., Rukhmana, T. ., Ikhlas, A. ., Rizki, M. Y. ., Vanchapo, V., & Rusnaini, S. . (2023). ANALISIS FAKTOR-FAKOR YANG MEMPENGARUHI TINGKST KEPUASAN ORANGTUA TERHADAP PENDIDIKAN DI UNIVERSITAS. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 1675–1679. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21289

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>