STRATEGI PENGEMBANGAN DIRI MAHASISWA MELALUI KURIKULUM MERDEKA UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING GLOBAL
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22097Keywords:
Strategi Pengembangan Diri, Mahasiswa, Kurikulum Merdeka, Daya Saing Global, Pendidikan Tinggi.Abstract
Kurikulum Merdeka telah menjadi inovasi pendidikan yang signifikan di berbagai institusi pendidikan tinggi di seluruh dunia. Artikel ini membahas strategi pengembangan diri mahasiswa melalui Kurikulum Merdeka dengan tujuan untuk meningkatkan daya saing global. Mahasiswa masa kini dihadapkan pada tantangan yang semakin kompleks dalam dunia yang terus berubah dengan cepat. Oleh karena itu, pendekatan Kurikulum Merdeka yang menekankan fleksibilitas, pilihan, dan pemberdayaan mahasiswa, telah menjadi landasan penting dalam mempersiapkan mahasiswa untuk bersaing secara global. Dalam artikel ini, kami membahas konsep dan prinsip-prinsip utama Kurikulum Merdeka yang membantu mahasiswa mengembangkan kompetensi intelektual, keterampilan, dan nilai yang relevan dengan tantangan global. Kami juga mengeksplorasi strategi konkret yang dapat digunakan oleh institusi pendidikan tinggi dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka, termasuk pendekatan pembelajaran berbasis proyek, mentoring, dan program pengalaman internasional.References
Adi, M. A., & Astuti, R. D. (2023). Implementasi kurikulum merdeka belajar di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(2), 157-166. Islam, 15(1), 1-10.
Anggraini, H., & Emmanuel, S. (2023). Strategi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka Berbasis Individual Differences. eJournal UNIB, 11(2), 234-245.
Ardi Saputro, B. (2021). Partisipasi Program Studi di Universitas PGRI Semarang Dalam Implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi, 11(1), 1-10.
Darmawan, D., & Mulyoto, H. (2023). Analisis persepsi mahasiswa terhadap implementasi kurikulum merdeka belajar. Jurnal Pendidikan, 3(1), 1-12.
Dian, A. (2023). Kurikulum merdeka belajar: Peluang dan tantangan. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(1), 1-10.
Kemendikbudristek. (2021). Kurikulum merdeka belajar: Panduan implementasinya. Jakarta: Kemendikbudristek.
Kemendikbudristek. (2022). Kurikulum Merdeka: Panduan Implementasi. Jakarta: Kemendikbudristek.
Muhaimin. (2022). Kurikulum merdeka belajar: Konsep dan implementasinya. Jakarta: Rajawali Pers.
Muhid, Abdul. (2021).Heutagogi: Memerdekakan Mahasiswa Belajar Di Era Revolusi Digital. Malang: Inteligensia Media.
Mustoip, Sofyan. et al. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter, Surabaya: CV. Jagad Publishing
Riduwan, & Sunarsi, D. (2022). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Saputro, B. A. (2023). Partisipasi program studi di universitas PGRI Semarang dalam implementasi program merdeka belajar kampus merdeka (MBKM). Jurnal Pendidikan, 3(2), 1-12.
Setyawati, Y. (2021). Pengaruh MBKM Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Bisnis, 10(1), 1-10.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Trianto. (2012). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Muhammad Ihsan Dacholfany
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.