PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI LINGKARAN PADA SISWA KELAS VI B SDI MADAWAT MELALUI KEGIATAN LESSON STUDY

Authors

  • Maria Kriswinda Taek Luti Universitas Nusa Nipa
  • Maria Herliyani Dua Bunga Universitas Nusa Nipa
  • Maria Helvina Universitas Nusa Nipa

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.23437

Keywords:

Hasil Belajar, Matematika, Media Pembelajaran. Problem Based Learning (PBL).

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar matematika, khususnya materi lingkaran, dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada siswa kelas VI B di SDI Madawat. Observasi dan penilaian awal menunjukkan adanya siswa yang pasif, kurang memperhatikan penjelasan guru, dan terdapat interaksi sosial yang mengganggu fokus belajar. Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar observasi pembelajaran dalam kegiatan lesson study, lembar observasi kegiatan siswa, lembar penilaian tahapan lesson study dan soal tes. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan observasi dan tes. Observasi dilakukan terhadap kegiatan pembelajaran berbasis lesson study, aktivitas peserta didik dan penilaian tahapan Melalui dua siklus tindakan kelas, penelitian ini menunjukkan peningkatan signifikan dalam hasil belajar siswa. Pada Siklus I, 75% siswa mencapai KKM, sementara pada Siklus II, persentasenya meningkat menjadi 90%. Model PBL memberikan fokus pada keaktifan siswa dan menghadapkan mereka pada masalah-masalah kehidupan nyata. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa penggunaan PBL efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi matematika, khususnya lingkaran. Kesimpulannya, model pembelajaran PBL dapat diterapkan secara berhasil untuk meningkatkan hasil belajar siswa matematika di SDI Madawat.

References

Husnidar, H., & Hayati, R. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 2(2), 67–72. https://doi.org/10.51179/asimetris.v2i2.811

Khasanah;, N., Oktavia;, & Anggun; (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi pecahan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Konkret Pada Siswa kelas IV SDN Sidomukti2Kabupaten Magetan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(July), 1–23.

Mudjiati, M. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Urutan (Sequenced Model) Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas 5-A Tentang Materi Bangun Datar Pada Bidang Koordinat di SD Negeri Ngagelrejo V/400 Surabaya. EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 25–33. https://doi.org/10.26740/eds.v5n1.p25-33

Nugraheni, N. (2017). Penerapan Media Komik Pada Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika?: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(2), 111–117. https://doi.org/10.24176/re.v7i2.1587

Pransiska, S. (2023). Cendikia Cendikia. Pemanfaatan Aplikasi Mind Master Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam, 1(1), 33–42.

Putra, S. H. J. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Kooperatif Tipe Number Head Together Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar di SMP. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 5(2), 84–95. https://doi.org/10.37058/bioed.v5i2.2177

Putra, S. H. J. (2021). Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS): Dampaknya terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMP. Journal of Natural Science and Integration, 4(2), 204. https://doi.org/10.24014/jnsi.v4i2.10030

Putri, sendi annisa, Destiniar, & Sunaedi. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Puzzle Pecahan Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SD Negeri 100 Palembang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 1707–1715.

Saryanti, E. (2022). Penggunaan media puzzle pecahan biasa pada pembelajaran matematika untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi pecahan. Conference.Ut.Ac.Id.

Sudianto, S. (2021). Penggunaan Media dan Implikasinya dalam Pembelajaran Matematika. Didactical Mathematics, 3(1), 93–101. https://doi.org/10.31949/dm.v3i1.3355

Zairida, D., Akhyar, O., & Wardhani, R. R. A. A. K. (2019). Pengembangan Media Pakapindo (Papan Kantong Pintar Doraemon) Pada Materi Hukum-Hukum Dasar Kimia Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X Di Ma Raudhatusysyubban. Dalton?: Jurnal Pendidikan Kimia Dan Ilmu Kimia, 2(2), 6–14. https://doi.org/10.31602/dl.v2i2.2382

Downloads

Published

2023-12-25

How to Cite

Luti, M. K. T. ., Bunga, M. H. D. ., & Helvina, M. . (2023). PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI LINGKARAN PADA SISWA KELAS VI B SDI MADAWAT MELALUI KEGIATAN LESSON STUDY. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 4079–4083. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.23437