UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN (PKK) PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN (TKR) OTOMOTIF MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS EDMODO DI SMK ICB CINTA TEKNIKA BANDUNG

Authors

  • Dede Suhendri SMK ICB Cinta Teknika Bandung

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.43250

Keywords:

Edmodo, Blended learning, Hasil Belajar, Dasar Engine 2 & 4 Langkah.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan media Edmodo berbasis e-learning. Jenis penelitian merupakan penelitian kuantitatif jenis eksperimental semu dengan Randomized Posttest Only Control Design. Penelitian dilakukan di SMK ICB Cinta Teknika Bandung. Analisis data dengan uji Independent Sample Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran e-learning berbasis Edmodo dengan pembelajaran yang tidak menggunakan media pembelajaran e-learning berbasis Edmodo pada peserta didik kelas mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan (PKK) program keahlian teknik kendaraan ringan (TKR) Otomotif di SMK ICB Cinta Teknika Bandung.

References

Ariani, D. (2018). Komponen Pengembangan E-Learning. Jurnal Pembelajaran Inovatif, 1(1), 58-65. https://doi.org/10.21009/JPI.011.09.

Arifin, J. (2017). SPSS untuk Penelitian dan Skripsi. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Aslamiyah, T.A., Setyosari, P., & Praherdhiono, H. (2019). Blended Learning dan Kemandirian Belajar Mahasiswa Teknologi Pendidikan. JKTP, 2(2), 109-114.

Astuti, I. P., Ariyadi, D., & Buntoro, G. A. (2018). Sosialisasi dan Workshop Pemanfaatan Quipper School untuk Optimalisasi Jam Pembelajaran di MAN 1 Ponorogo. E-DIMAS, 9(1), 40-47. https://doi.org/10.26877/edimas.v9i1.1583.

Batita, A. F. R., Wijoyo, G., & Herlambang, D. (2019). Pengembangan Model Blended Learning dengan Pendekatan Cooperative Mata Kuliah Ilmu Lingkungan. JITP, 6(1), 42-55.

Budiningsih, A. (2016). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Darmawan, D. (2015). Teknologi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Dharmawati. (2017). Penggunaan E-learning Berbasis Edmodo dalam Pembelajaran English for Business. Jurnal Query: Jurnal Sistem Informasi, 1(1), 43.

Hursen, C. (2018). The Impact of Edmodo Assisted Project-Based Learning Applications on the Inquiry Skills and Academic Achievement of Prospective Teachers. TEM Journal, 7(2), 446-455.

Sudjana. (2017). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2017). Statika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Syamsuddin. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Taslim, D. T., & Syahtriatna. (2017). Pengaruh Pengaplikasian E-learning terhadap Hasil Belajar (Studi Kasus: Mahasiswa Keamanan Komputer Fasilkom Umlak). Jurnal Inovtek Polbeng, 2(2), 182-188.

Downloads

Published

2025-02-27

How to Cite

Suhendri, D. (2025). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN (PKK) PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN (TKR) OTOMOTIF MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS EDMODO DI SMK ICB CINTA TEKNIKA BANDUNG. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(1), 3060–3065. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.43250

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.