PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERINTEGRASI AYAT AL QUR’AN

Authors

  • Sri Rahayu Savitri Universitas Sains Al Qur’an
  • Sri haryanto Universitas Sains Al Qur’an
  • Firdaus Firdaus Universitas Sains Al Qur’an,

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.22929

Keywords:

Model Pembelajaran, PBL, Pengembangan, Integrasi, Hasil Belajar

Abstract

Selain untuk mengetahui validitas, kepraktisan, dan kemanjuran Ayat-ayat Alquran dimasukkan ke dalam modul pembelajaran berbasis masalah (PBL) yang dimanfaatkan di kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang perangkat pembelajaran yang sah, praktis, dan berhasil bagi siswa pada periode saat ini. Produk-produk ini akan dikembangkan sesuai dengan kebutuhan yang saat ini dipenuhi serta kebutuhan di masa depan. Sebuah strategi digunakan dalam penyelidikan ini. pengembangan R&D yang dipadukan dengan model pengembangan empat dimensi. Masing-masing dari empat tahapan yang membentuk model pengembangan 4-D adalah sebagai berikut: pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Lembar validasi, angketAlat yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, lembar observasi, dan instrumen lainnya. Penelitian ini menggunakan beberapa metode analisis kuantitatif yang berbeda, antara lain uji validasi, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis, dan uji N-Gain. Pengembangan modul pembelajaran IPA terpadu yang memuat ayat-ayat Al-Qur'an, yang berfungsi sebagai media alternatif untuk menampilkan keagungan Allah SWT sebagaimana disebutkan dalam ayat-ayat Al-Qur'an, khususnya ayat-ayat yang membahas tentang fisika. Hasil validitas mendapat skor berturut-turut dengan rata-rata dari ahli media4,53 dan ahli materi 4,75 Oleh karena itu, termasuk dalam kategori sangat valid. Karena memperoleh nilai rata-rata sebesar 4,75 dengan kategori sangat praktis, maka modul ini dinilai sangat praktis berdasarkan hasil uji praktikalitas yang diberikan kepada pengguna (siswa). Berdasarkan hasil uji t yang digunakan untuk menganalisis skor yang diperoleh baik pada pre-test maupun post-test dalam penelitian. Ketika dilakukan uji t diperoleh nilai t hitung sebesar -0,314 sehingga diperoleh nilai t tabel sebesar 1,677. Selanjutnya nilai t yang dihitung ternyata lebih rendah dibandingkan dengan nilai t yang terdapat pada tabel. Sejauh t hitung ditempatkan pada daerah penerima Ha, hal ini menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar kognitif siswa. Selain itu adanya peningkatan nilai postest menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar.

References

Aji SD, Hudha MN. Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika. Sci Educ J.2017;1(1):36–51.

Das Salirawati. 2017 Teknik Penyusunan Modul Pembelajaran. Yogyakarta: UNY Press

Departemen Pendidikan Nasional. Penulisan Modul. Jakarta: Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional; 2008.

Giyarto. (2016). Pengembangan Modul Fisika Terintegrasi Nilai Spiritual pada Materi Pokok Suhu dan Kalor untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Motivasi Belajar Siswa MA. Tesis. Pascasarjana UNY.

Ilham Anwar. 2010. Pengembangan Bahan Ajar. Bahan Kuliah Online Direktori Bandung: UPI.

Ngalimun. 2014. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Nafi'atus Sholihah dan Ika Kartika. 2018. Pengembangan Modul IPA Terintegrasi dengan Ayat Al Qur'an dan Hadis, Jurnal Lentera Pendidikan, Vol. 21 No. 1.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003, Standar Nasional Pendidikan, 08 Juli 2003, Jakarta.

Rasminto,(2018) Jurnal Studi Islam : Ulul Albab Vol.9 No.1 (Malang: UIN Press, hal.4

Sugiyono. (2015). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA

Sugiyono. (2017). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA

Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta

Sarwandi, S., Siagian, M. V. ., & Andriyani, M. . (2023). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Problem-Based Learning Pada Mata Kuliah Evaluasi Pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4).

Syaifudin S. 2017 Model Kurikulum Terpadu Iptek & Imtaq (Ciputat: Quantum Teaching)

Yupinus Hendra. 2019. Fasilitas Belajar Sebagai Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Ipa Kelas IV SD. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran 2(1):159-164

Downloads

Published

2024-01-30

How to Cite

Savitri, S. R., haryanto, S. ., & Firdaus, F. (2024). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERINTEGRASI AYAT AL QUR’AN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 1760–1767. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.22929