PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MEMPRAFRASEKAN PUISI “AKU” BERDASARKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL)

Authors

  • Arozatulo Bawamenewi IKIP Gunungsitoli

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v2i2.631

Keywords:

Bahan Ajar, Parafrase, PBL

Abstract

Pengembangan bahan ajar memparafrasekan puisi “Aku†berdasarkan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Berdasarkan hasil temuan penelitian dan hasil analisis maka penulis mengambil beberapa kesimpulan yaitu: (1). Berdarkan validasi produk ternyata modul menulis parafrase puisi “Akuâ€yang dikembangkan memenuhi syarat validitas artinya modul memprafrasekan puisi “Aku†yang dikembangkan dapat digunakan sebagai bahan ajar di SD Negeri No. 078467 Buhawa Hilimbowo; (2). Berdasarkan pengolahan data dari lembar observasi ternyata modul memprafrasekan puisi “Aku†yang dikembangkan memenuhi syarat praktikalitas artinya modul yang dikembangkan praktis jika digunakan sebagai bahan ajar di SD; dan (3). Berdasarkan pengolahan hasil belajar siswa ternyata modul memprafrasekan puisi “Aku†yang dikembangkan melalui syarat efektifitas, artinya modul memprafrasekan puisi “Aku†yang efektif jika digunakan sebagai bahan ajar di SD.

Author Biography

Arozatulo Bawamenewi, IKIP Gunungsitoli

Prodi Bahasa Indonesia

References

Anonim. 2003. Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan

Nasional. Bandung: Citra Utama.

Abied, 2009. Bahan Ajar dan Pengembangan Bahan Ajar, (online), (http://meetabied.wordpress.com, diakses pada 22 November 2019).

Dakhi, O. “Aplikasi Pendeteksian Kerusakan File Akibat Virus Dengan Menggunakan Metode Heuristic.†Pelita Informatika Budi Darma, vol. 4, no. 1, pp. 35-41, 2013.

Dakhi, O. 2013. Belajar Javascript Dengan Mudah Dan Detail. Jakarta: Dapur Buku. pp. 1-202.

Sudrajat, Akhmad. 2008. Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik dan Model Pembelajaran. Bandung : Sinar Baru Algensindo.

Prastowo, Andi. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Prastowo, Andi. 2014. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Departemen Pendidikan Nasional. 2012. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa Edisi Keempat. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Waluyo, J, Herman. 2005. Apresiasi Puisi Cetakan ketiga. Jakarta. Gramedia Pustaka Utama.

Kridalaksana, Harimurti. 2008. Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Malik, A., Isnaini, C., dan Leo. 2006. Kemahiran Menulis. Pekanbaru: UNRI Press,

Pradopo, Rachmat Djoko. 2012. Beberapa Teori Sastra. Teori Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sarumaha, R., Harefa, D., & Zagoto, Maria M. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Geometri Transformasi Refleksi Siswa Kelas XII-IPA-B SMA Kampus Telukdalam Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Kertas Milimeter. Jurnal Education and development, Vol.6 No.1, 90-96. https://doi.org/10.37081/ed.v6i1.668

Zagoto, Maria M., Yarni, Nevi; Dakhi, O. (2019). Perbedaan Individu dari Gaya Belajarnya Serta Implikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 2(2), 259-265.

Zagoto, Maria M. & Dakhi, O (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Peminatan Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Atas. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 1(1), 157-170.

Zagoto, Maria M. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Realistic Mathematic Educations Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar, Jurnal Education And Development, vol. 3, no. 1, p. 53, Feb. 2018. https://doi.org/10.37081/ed.v3i1.139

Downloads

Published

2019-12-28

How to Cite

Bawamenewi, A. (2019). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MEMPRAFRASEKAN PUISI “AKU” BERDASARKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL). Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 2(2), 310–323. https://doi.org/10.31004/jrpp.v2i2.631