PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GALLERY WALK TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI-IPS SMAS PEMDA 2 GUNUNGSITOLI
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v2i2.867Keywords:
Pengaruh, Model Pembelajaran, Kooperatif Tipe, Gallery WalkAbstract
Penelitian ini menggunakan desain penelitian pre-eksperimen the one Grup Pretest-posttest design dengan populasi adalah siswa kelas XI-IPS SMA Swasta Pemda 2 Gunungsitoli, yang berjumlah 30 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, tes, lembar observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe gallery walk memiliki korelasi sebesar 0,792 berada pada kategori sedang dengan persamaan analisis regresi sederhana Y= -11,508 + 1,631X. Hasil uji hipotesis dengan SPSS diperoleh thitung = 5,720 dan ttabel sebesar 2,048 ini berartit hitung ≥ ttabel dengan nilai 5,720 ≥ 2,048 dengan nilai signifikansi 0,000 sehingga H1 diterima dan H0 ditolak, hal ini menunjukkan bahwa dapat pengaruh dari penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe gallery walk terhadap hasil belajar siswa kelas XI-IPS SMA Swasta Pemda 2 Gunungsitoli. Besarnya kontribusi pengaruh model pembelajaran tersebut adalah 62,4%, sedangkan 37,6% tersebut dipengaruhi faktor-faktor lain yang belum dikaji dalam penelitian ini.References
Aqib, Zainal. (2010). Profesionalisme Guru dalam Pembelajaran. Surabaya: Insan. Cendekia.
Arifin, Zainal. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.
Dakhi, O. “Aplikasi Pendeteksian Kerusakan File Akibat Virus Dengan Menggunakan Metode Heuristic.†Pelita Informatika Budi Darma, vol. 4, no. 1, pp. 35-41, 2013.
Dakhi, O. 2013. Belajar Javascript Dengan Mudah Dan Detail. Jakarta: Dapur Buku. pp. 1-202.
Francek, M. (2006). Promoting Discussion in the Science Classroom Using Gaallery Walk. Journal of College Science Teaching
Rakhmayanti, Retno & Hindriana, Anna & Handayani, Handayani.(2018). Penerapan Metode Gallery Walk Terhadap Kreativitas Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan di Kelas X SMA Negeri 1 Gegesik. Quagga : Jurnal Pendidikan dan Biologi. 10. 20. 10.25134/quagga.v10i2.1252.
Ridwan & Sunarto. (2009). Pengantar Statistika. Bandung:Alfabeta.
Setiawan, Wawan & Nurasiah, Hani. (2018). Galery Walk Dalam Aktivitas Belajar: Penelitian Tindakan Kelas Di Madrasah Ibtidaiyah. Journal of Islamic Primary Education, 1 (1), 2018, 48-58
Sarumaha, R., Harefa, D., & Zagoto, M.M. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep geometri Transformasi Refleksi Siswa Kelas XII-IPA-B SMA Kampus Telukdalam Melalui Model Pembelajaran Discovery learning Berbantuan Media Kertas Milimeter. Jurnal Education and development, Vol.6 No.1, 90-96, Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, Padangsidimpuan(diakses 5 April 2019).
Uno, Hamzah B. (2009). Teori motivasi dan Pengukurannya (Analisis di Bidang. Pendidikan). Jakarta : Bumi Aksara
Widarti, Sri. (2013). Pembelajaran Gallery Walk Berpendekatan Contextual Teaching Learning Materi Sistem Pencernaan Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Gringsing T.P2011/2012. Journal of Biology Education, 2 (1): 11-17. FMIPA Universitas Negeri Semarang. Semarang.
Zagoto, Maria M., Yarni, Nevi; Dakhi, O. (2019). Perbedaan Individu dari Gaya Belajarnya Serta Implikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 2(2), 259- 265.
Zagoto, Maria M. & Dakhi, O (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Peminatan Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Atas. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 1(1), 157-170.
Zagoto, Maria M. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Realistic Mathematic Educations Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar, Jurnal Education And Development, vol. 3, no. 1, p. 53, Feb. 2018. https://doi.org/10.37081/ed.v3i1.139