ANALISIS FILSAFAT PROGRESIVISME PENDIDIKAN DAN KAITANNYA DENGAN KURIKULUM MERDEKA DALAM PEMBELAJARAN IPA

Authors

  • Nurul Fadhilah H.M Universitas Negeri Makassar
  • Ismail Ismail Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22837

Keywords:

Progresivisme, Kurikulum Merdeka, Pembelajaran IPA

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji konsep kurikulum merdeka berdasarkan pandangan progresivisme dalam belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Penelitian ini akan menggunakan teknik penelitian kepustakaan. Teknik pengumpulan data dengan menggali data melalui pencarian literatur dan membaca, meneliti, dan mencatat dari berbagai sumber seperti jurnal, artikel, dan buku yang relevan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi. Melalui analisis studi literatur tersebut didapatkan hasil bahwa Kurikulum merdeka erat kaitannya dengan filosofi progresivisme. Melalui filsafat progresivisme utamanya dalam belajar IPA, peserta didik dituntut agar semakin maju dan berkembang serta mampu bersaing dengan pesatnya perubahan yang terjadi di bidang pendidikan seperti perkembangan teknologi pembelajaran saat ini. Oleh karena itu, filsafat progresivisme ini juga turut mendukung pembelajaran sains untuk terus mengalami perubahan, khususnya pada pendekatan saintifik yang harus selalu diperbarui sesuai dengan prinsip progresivisme yang mengutamakan progres untuk perubahan yang lebih baik.

References

Anbiya, BF (2020). Filsafat Progresivisme dan Implikasinya terhadap Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Pendidikan Umum di Indonesia. Kewarganegaraan-Budaya: Jurnal Ilmu Pendidikan PKN Dan Sosial Budaya, 4(1), 301-311.

Cholilah, M., Tatuwo, AGP, Rosdiana, SP, & Fatirul, AN (2023). Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21. Sanskara Pendidikan dan Pengajaran, 1(02), 56-67.

Drake, SM, & Reid, JL (2020). Kompetensi Abad 21 Mengingat Sejarah Kurikulum Terpadu Landasan Pendidikan Progresif di. Fakultas Pendidikan, Universitas Brock, St. Catharines, ON, Kanada, 5 (Juli), 1–10.https://doi.org/10.3389/feduc.2020.00122

Faiz, A., & Kurniawaty, I. (2020). Konsep Merdeka Belajar Pendidikan Indonesia Dalam Perspektif Filsafat Progresivisme. Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 12(2), 155-164.

Fitra, DK (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Perspektif Progresivisme pada Mata Pelajaran Ipa. Jurnal Filsafat Indonesia, 5(3), 250-258.

HM, N. F., Rivai, A. T. O., & Syamsul, S. (2023). Development Of Interactive Learning Media Based On Applications Articulate Storyline 3 Human Coordination System Material. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 7(3), 658-670.

Inayati, U. (2022). Konsep dan Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Abad-21 di SD/MI. Dalam ICIE: Konferensi Internasional Pendidikan Islam (Vol. 2, hlm. 293-304).

Jalaluddin dan Idi, A. (2012). Filsafat Pendidikan (Manusia, Filsafat dan Pendidikan), Yogyakarta: Ar-RuzzMedia.

Juniati, N.W., & Widiana, IW (2017). Penerapan model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(1), 20-29.

Keputusan Mendikbudristek RI No.262/M/2022 tentang Perubahan atas Keputusan Mendikbud RI No.56/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran

Laksono, T.A., & Muhtadin, MA (2023). Hubungan Filsafat, Teori Belajar dan Kurikulum Pendidikan. DIAJAR: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 2(1), 57-62.

Mutmainnah, M. (2020). Pemikiran Progresivisme Dan Pemikiran Eksistensialisme Pada Pendidikan Anak Usia Dini (Dalam Pembelajaran Bcct Pamela Phelps). Kesetaraan Gender: Jurnal Internasional Studi Anak dan Gender, 6(1), 13-26.

Nasution, A.F., Ningsih, S., Silva, M.F., Suharti, L., & Harahap, JP (2023). Konsep Dan Implementasi Kurikulum Merdeka. KOMPETITIF: Jurnal Pendidikan, 2(3), 201-211.

Noviyanti, Ika Nurma. (2019). Kurikulum 2013 Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Progresivisme. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika. Jil. 9, (1): 35-43.

Nurkholis, N. (2013). Pendidikan dalam upaya memajukan teknologi. Jurnal kependidikan, 1(1), 24-44.

Putriani, J.D., & Hudaidah, H. (2021). Penerapan Pendidikan Indonesia Di Era Revolusi Industri 4.0.

Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 830–838.

Salu, VV, & Triyanto. (2017). Filsafat Pendidikan Progresivisme dan Implikasinya dalam Pendidikan Seni Di Indonesia . Jurnal Imajinasi. 11 (1), 29-42.

Safithri, R., Syaiful, S., & Huda, N. (2021). Pengaruh Penerapan Problem Based Learning (PBL) dan Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Self Efficacy Siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 335-346

Sulthon, 2016. Pembelajaran IPA yang Efektif dan Menyenangkan Bagi Siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI). SD, 4(1).

Surya, AP, Relmasira, SC, & Hardini, ATA (2018). Penerapan model pembelajaran project based learning (PjBL) untuk meningkatkan hasil belajar dan kreatifitas siswa kelas III SD Negeri Sidorejo Lor 01 Salatiga. Jurnal Pesona Dasar, 6(1).UNESA. 2000. Pedoman Penulisan Artikel Jurnal, Surabaya: Lembaga Penelitian Universitas Negeri Surabaya.

Downloads

Published

2023-12-22

How to Cite

H.M, N. F. ., & Ismail, I. (2023). ANALISIS FILSAFAT PROGRESIVISME PENDIDIKAN DAN KAITANNYA DENGAN KURIKULUM MERDEKA DALAM PEMBELAJARAN IPA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 3922–3927. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22837