PENGEMBANGAN KURIKULUM PROGRAM STUDI HUBUNGAN MASYARAKAT DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Authors

  • Yenni Sri Utami Ilmu Komunikasi, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta
  • Ida Wiendijarti Ilmu Komunikasi, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta
  • Sigit Tri Pambudi Ilmu Komunikasi, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v2i2.458

Keywords:

hubungan masyarakat, kurikulum, Revolusi Industri 4.0

Abstract

Keberadaan Program Studi Hubungan Masyarakat di Jurusan atau Departemen Ilmu Komunikasi diharapkan mampu memenuhi kebutuhan industri akan profesional di bidang Hubungan Masyarakat, yang mampu menjalin hubungan baik antara perusahaan, pemerintah dan masyarakat, Mengembangkan Hubungan Masyarakat Kurikulum diharapkan dapat memenuhi kebutuhan persiapan manajemen komunikasi untuk perusahaan, lembaga pemerintah dan masyarakat yang mampu meningkatkan tata kelola perusahaan, lembaga pemerintah dan masyarakat di era informasi dan keterbukaan saat ini. Selain itu, juga mendukung Peraturan Menteri Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2015 tentang standar kompetensi Posisi Fungsional Lembaga Hubungan Masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan kurikulum yang diterapkan dalam proses pembelajaran di Program Studi Hubungan Masyarakat dalam menghadapi Revolusi Indonesia 4.0 yang ditandai dengan persaingan yang ketat dan arus informasi yang cepat di semua sektor. Profesional Hubungan Masyarakat dituntut memiliki daya saing yang kuat untuk dapat menyelaraskan diri dengan profesional Hubungan Masyarakat negara lain. Inovasi adalah kunci untuk meningkatkan produktivitas berkelanjutan, yang pada gilirannya dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi bangsa. Untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas inovasi di era Revolusi Industri 4.0, universitas perlu mengarahkan kembali kurikulum agar tetap relevan dengan zaman. Data yang diperoleh dari penelitian diharapkan dapat memberikan informasi dan input pada bahan yang dapat mendukung proses pembelajaran, sehingga hal-hal yang perlu ditangani dan ditingkatkan dapat diidentifikasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan evaluatif dengan metode studi kasus, yang bertujuan untuk menggambarkan situasi atau mencari fakta dan fakta secara faktual.

References

Acatech. (2014). Recommendations for Implementing the 8 Strategic Initiative Industri4.0. Frankfurt: National academy of Science and Engineering.

Cutlip, S. M. (2011). Effective Public Relations,9th ed. Jakarta: Indonesia Kencana.

DiStaso, M., Mc.Corkindale, T., & Wright, D. (2011). How Public Relations Executives Perceive and Measure the Impact of Social Media in Their Organizations. Public Relations Review, 37(3), 325-328.

http://dx.doi.org/10.1016/j.pubrev.2011.06.005

Donald K. & Hinson, Michelle D. Wright (2008) How Blogs and Social Media are Changing Public Relations and the Way it is Practiced, Blogs & Social Media - Public Relations Journal, vol. 2, no. 2, pp. 1-21, Spring.

Dutton, William H (2014) Putting things to work: Social and policy challenges for the Internet of things. Info, vol. 16, no. 3, pp. 1-21, Sep. 2014.

Finch Curtis.R & Crunkilton. (1984). Curriculum development in vocational and technical education: Planning, content, and implementation. Sidney. Allyn and Bacon Inc.

Hirsch, P. B. (2018). Clicks or commitment: activism in the age of social media. (pp.55-58) Journal of Business Strategy.

Mozorov, E (2009) From slacktivism to activism, Foreign policy (pp. 43-50)

Pascall, T. (2019). innovation industri 4-0. Retrieved from disruptionhub.com

https://disruptionhub.com/innovationindustri-4-0/

Robert, L. a. (2008). Organizations and Public Policy Challenges (pp.400-412) Journal strategic: Issues Management,

Seitel, F. P. (2014). The Practice of Public Relations. Jakarta: Erlangga.

Smith, R. (2005). The Cure and Wishful Thinking. New York: Elsevier.

Smith, Ronald D (2004). Strategic Planning for Public Relations. London: Lawrence Erlbaum Associate

Solis, Brian and Deirdre Breakenridge (2009) Putting the Public Back in Public Relations: How Social Media Is Reinventing the Aging Business of PR. UK: FT Press.

Sukmadinata, Nana S. (2008). Pengembangan kurikulum: Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Szutowski, D. (2018). Innovation Source, Advancement Stage and Company Stock Returns. The Service Industries Journal, 1-18. http://dx.doi.org/ 10.1080/ 02642069.2018.1450869

Veil, S., Reno, J., Freihaut, R., & Oldham, J. (2015). Online Activists vs. Kraft Foods: A Case of Social Media Hijacking. Public Relations Review, 41(1), 103-108. http://dx.doi.org/10.1016/j.pubrev.2014.11.017

Vermesan, O. a. (2013). Internet of Things Strategic: Research and Innovation Agenda, 1st ed. Aalborg, Denmark: River Publishers.

Downloads

Published

2019-12-28

How to Cite

Utami, Y. S., Wiendijarti, I., & Pambudi, S. T. (2019). PENGEMBANGAN KURIKULUM PROGRAM STUDI HUBUNGAN MASYARAKAT DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 2(2), 221–233. https://doi.org/10.31004/jrpp.v2i2.458