PENGIMPLEMENTASIAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PRODUK BERDASARKAN GAYA BELAJAR

Authors

  • Joko Susilo Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
  • Anggi Cipwati Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
  • Margareta Pramita Cahyaningrum Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
  • Nurratri Kurnia Sari Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.33255

Keywords:

Implementasi, Pembelajaran Berdiferensiasi, Gaya Belajar

Abstract

Pendidikan Indonesia telah mengalami perubahan kurikulum sebanyak 10 kali meliputi penerapan kurikulum 1947, 1964, 1968, 1973, 1975, 1984, 1994, 1997, 2004, 2006, K13 hingga perubahan terakhir saat ini yaitu kurikulum merdeka. Implementasi kurikulum merdeka di sekolah dapat dilihat dari pelaksanaan pembelajaran yang terjadi di sekolah. Proses pembelajaran di dalam kurikulum merdeka sendiri menekankan terhadap pembelajaran yang berdiferensiasi. Pembelajaran berdiferensiasi merupakan pembelajaran yang memperhatikan dan memfasilitasi kebutuhan belajar peserta didik yang bisa meliputi tingkat kesiapan, minat, bakat, gaya belajar, dan sebagainya. Pembelajaran berdiferensiasi ini menjadi salah satu konsep pembelajaran yang dianggap efektif karena pembelajaran berdiferensiasi merupakan konsep pembelajaran yang memfasilitasi atau mengakomodasi keragaman peserta didik yang ada di kelas dimana hal ini sejalan dengan implementasi Kurikulum Merdeka yang mengedepankan proses pembelajaran yang merdeka bagi peserta didik. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan pengimplementasian pembelajaran berdiferensiasi produk berdasarkan gaya belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga jenis yaitu observasi, wawancara, dan studi dokumen. Hasil pembelajaran berdiferensiasi ini berupa produk dari gaya belajar audiovisual yaitu peta konsep sedangkan hasil belajar dari gaya belajar kinestetik yaitu berupa alat peraga sederhana sistem pernapasan.

Downloads

Published

2024-08-15

How to Cite

Susilo, J. ., Cipwati, A. ., Cahyaningrum, M. P., & Sari, N. K. . (2024). PENGIMPLEMENTASIAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PRODUK BERDASARKAN GAYA BELAJAR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 12009–12016. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.33255