PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN BANTUAN ANIME DR STONE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMK KARYA MANDIRI NU GARUNG

Authors

  • Irfan Choerul Anam Universitas Sains Al Qur’an
  • Ahamad Zuhdi Universitas Sains Al Qur’an
  • Fatiatun Fatiatun Universitas Sains Al Qur’an

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22518

Keywords:

PBL,Berpikir Kritis,Dr Stone

Abstract

Metode pembelajaran yang dijalankan di sekolah pada umumnya menggunakan metode sederhana dan menggunakan media biasa.berdasarkan hal tersebut kami menyusun model pembelajaran PBL salah satu model pembelajaran yang digunakan dalam pembembelajaran siswa. Media pembelajaran merupakan salah satu unsur pendukung dalam suatu pembelajaran.anime Dr stone merupakan salah satu anime yang dapat menjadi media pembelajaran dalam model pembelajaran PBL untuk meningkatkan cara berpikir kritis siswa. Model pembelajaran PBL dengan bantuan anime ini merupakan salah satu inovasi dalam dunia pendidikan untuk mencapai tujuan penelitian ini maka dilakukan penelitian terhadap 58 siswa SMK Karya mandiri yang melakukan pretest dan posttes dengan materi Energi dan perubahanya. Pada penympain materi siswa dibagi menjadi duua kelompok yaitu kelas yang diberi perlakuab dan tidak.

References

agustinasari, E. (2020). Analisis Tingkat Ketrampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 6(1), 11-16.

Ali, M. (2018). Teknik Pngumpulan Data Klien. Bandung: Bitread Publishing.

Amaruddin. (2022). Metodelogi Penelitian Kuantitatif & Kualitatif. Bandung: Media Sains Indonesia.

Amir, M. T. (2009). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning: Bagaimana Pendidik Memberdayakan Pembelajar di Era Pengrtahuan. Jakarta: Kencana.

Arikunto, & Suharsimi. (2016). Dasar Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Ariyadi, Y. (2016). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Ativitas Belajar Pada Model Pembelajaran PBL. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Bastin, N. (2022). Apakah Itu Anime . Sidoarjo: Nahason Bastin Publishing.

BD, S., & Aswan. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Dkk, C. F. (t.thn.). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi pada Materi Penyajian Data. Jurnal Pendidikan Matematika, 55.

Fitrah, M., & Lutfiyah. (2017). Metodelogi Penelitian : Penelitian Kuantitatif. Sukabumi: CV Jejak.

Gulo, W. (2002). Metodelogi Penelitian. Jakarta: Grasindo.

Gunawan, M. A. (2013). Statistik Untuk Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Parama Publishing.

Hamidah, H. (2017). Media Pembelajaran Berbasis Wayang. Pati: CV Pilar Nusantara .

Handika, S. (2020). Pembelajaran Berbasis Masalah. Lampung: Publisher IAI Agus Salim.

Hidayat, A. A. (t.thn.). Menyusun Instrumen Penelitian & Uji Validitas Rellibitas.

Ismail, I. (t.thn.). Assesment Dan Evaluasi Pembelajaran.

Ismail, I. (t.thn.). Assesment Dan Evaluasi Pembelajaran.

khoerunisa, P., & Aqwa, S. M. (t.thn.). Analisis Model-Model Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dasat, 1(1).

Kurniawati, A. (2018). Analisis Hasil Tes Evaluasi Pendidikan Pada Mahasiswa Ditinjau Dari Perbedaan Gender, Jurnal Ilmiah. DIDAKTIKA, 93.

Kusnawan, A., & Bahri, S. (2021). Bimbingan dan Penyuluhan Anti Korupsi: Dari Berpikir Kritis Terhadap Korupsi Hingga studi Kasusu Di Malang. Malang: Inara Publisher.

Kusumastuti, A. (t.thn.). Metode Penelitiaan Kuantitatif.

Lismaya, L. (2020). Ktitis & PBL (Problem Based Learning). Surabaya: Media Sahabat Cendeia.

Maulana. (2017). Konsep Dasar Matematika dan Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Kreatif. Sumedang: UPT Sumedang Press.

mawardani. (2020). Praktis Penelitian Kuantitatif: teori Dasar dan Analisa Data Dalam Prespektif Kualitatif. Yogyakatra: Deepublish.

Misbaharuddin, & hasan, i. (t.thn.). Analisis Data Penelitian Dengan Sraristik Edisi Ke-2.

Mukid, A. (2019). Metodelogi Penelitian Pendekatan Kauntitatif. Surabaya: Jaka Media Publishing.

Narfyah, Y. N., & Suyanto, W. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Ketrampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, 130.

Nasar, A. (2023). Tujuan Mata Pelajaran IPA SMP. Flores: Universitas Flores.

Pasaribu, E. (2022). Model Pembembelajaran Kooperatif dan ecerdasan Interpersonal. Tasikmalaya: Perkumpulan rumah Cemerlang Indonesia.

Puspita, G. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Filem Anime Terhadap Penguasaan Konsep Peserta Didik Pada Materi Sistem Kekebalan Tubuh Di SMAN 2 Tanjung Raja. Universitas Sriwijaya.

Roflin, E., Priyana, & Andriyani, I. (2021). Populasi-Sempel-Variabel Dalam Penelitian Kedokteran. Pekalongan: NEM.

Salamon, D. K. (2021). Anime Sebagai Media Edukasi. Surabaya: Universitas Kristen Petra.

Septy, N. (2022). Media Pembelajaran . Tanggrang : Jejak Publisher.

Shilpia, O. (2020). Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish .

Sihontang, K. (2019). Berfikir Kritis Percakapan Hidup di Era DIgital. Yogyakarta: PT Kanisius.

Simin, F., & Jafar, Y. (t.thn.). Meninggkatkan Kemampuan Menceritakan Isi Bacaan Melalui Pendekatan Komunikatif Pada Siswa Kelas Iv Di SDN 1 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Jurnal Pendidikan Non Formal Aksara, 210.

Siyoto, S., & Sodik, M. S. (2010). Dasar Metodelogi Penelitian . Bandung: Alfabeta.

Slavin, R. E. (1994). A Model Of Effektive Instuction. London: The Office Of Educations.

Sudaryono. (2021). Statistik 1 : Statistik Deskriptif Untuk Penilaian. Yokyakarta: Andi.

Downloads

Published

2023-12-15

How to Cite

Anam, I. C. ., Zuhdi, A. ., & Fatiatun, F. . (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN BANTUAN ANIME DR STONE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMK KARYA MANDIRI NU GARUNG. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 3443–3448. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22518