PENGARUH PROFESIONALISME GURU TERHADAP MUTU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN BLORA KABUPATEN BLORA

Authors

  • Titis Mahanani SDN 2 Sendangharjo
  • Ghufron Abdullah Universitas PGRI Semarang
  • Soedjono Soedjono Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20721

Keywords:

Profesionalisme Guru, Mutu Sekolah Dasar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh profesionalisme guru terhadap mutu sekolah dasar di Kecamatan Blora Kabupaten Blora. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian ex post facto. Populasi penelitian ini 386 kepala sekolah dan guru dan sampel penelitian 196 kepala sekolah dan guru. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket. Analisis data penelitian ini meliputi analisis uji normalitas, uji uji linieritas, uji multikolinearitas dan uji homogenitas.Uji hipotesis pada penelitian ini meliputi uji korelasi, uji F (anova), uji R2 (summary), dan uji t (koefisien regresi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa korelasi antara profesionalisme guru terhadap mutu sekolah dasar sebesar 0,819, termasuk dalam kategori kuat dengan pengaruh sebesar 67,1%.

References

Amri, Sofan. 2013. Peningkatan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar Dan Menengah. Jakarta: Pt. Prestasi Pustakarya

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Cet. 15. Jakarta : Rineka Cipta

Depdiknas. 2003. Undang-Undang Ri No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas

Depdiknas. 2005. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen. Jakarta: Depdiknas

Depdiknas. 2017. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2017 Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 Tentang Guru Karena Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 Tentang Guru. Jakarta: Depdiknas

Ratna Dewi, Sita Husnul Khotimah. 2020. Pengaruh Profesionalisme Guru Dan Disiplin Kerja Terhadap Mutu Pendidkan Di Sekolah Dasar. Elementary Islamic Teacher Journal. Volume 8 No. 2

Sabar Budi Raharjo, Et Al. 2019. Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan. Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan Dan Kebudayaan. Badan Penelitian Dan Pengembangan : Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta

Surahman. 2016. Metodologi Penelitian. Jakarta : Pusdik Sdm Kesehatan

Sutiono. 2021. Profesionalisme Guru. Jurnal Pendidikan Islam. Halaman 16-25. 2721-2521

Triatna, Cepi. 2015. Pengembangan Manajemen Sekolah. Bandung: Pt. Remaja Rosdakarya

Usman, H. 2014. Manajemen: Teori, Praktik, Dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Downloads

Published

2023-10-29

How to Cite

Mahanani, T. ., Abdullah, G. ., & Soedjono, S. (2023). PENGARUH PROFESIONALISME GURU TERHADAP MUTU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN BLORA KABUPATEN BLORA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 1170–1174. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20721

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.