PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN KELAS VIII DI SMP NEGERI 3 PARANGINAN

Authors

  • Siska Asmita Sianturi Universitas HKBP Nommensen
  • Nurliani Siregar Universitas HKBP Nommensen

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.19496

Keywords:

Model Pembelajaran Role Playing, Hasil Belajar Siswa, Pendidikan Agama Kristen

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat sejauh mana pengaruh model pembelajaran Role Playing terhadap hasil  Belajar Siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Paranginan dengan jumlah sampel sebanyak 30 siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, sedangkan analisis data yang dilakukan penelitian hipotesis adalah korelasi product moment person dengan alat pengumpulan data adalah angket untuk variabel X (model pembelajaran Role Playing) dan variabel Y (Hasil Belajar Siswa). Untuk mengetahui sejauh mana pengaruh model pembelajaran Role Playing Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP Kelas VIII SMP Negeri 3 Paranginan , maka digunakan Uji Statistik Korelasi Product Moment Person. Dari hasil pengujian diperoleh pengujian korelasi (r) 0,84 dengan uji determinasi sebesar 70,56% dan untuk mengetahui signifikasi tidaknya koefisien korelasi pada taraf nyata (?) — 0,05 maka diadakan uji “t” dengan kriteria pengujian jika t_hitung yang didapat dari perhitungan lebih besar (?) dari t_tabel pada taraf signifikan 1-0,05 dengan dk= n-2 maka hipotesis diterima dan dalam hal lain ditolak. Dari Hasil pengujian diperoleh t_hitung? t_tabel (13,34 ? 1,70) maka hipotesis diterima. Dengan demikian dapat ditemukan keterikatan yang berarti antara pengaruh model pembelajaran role playing terhadap hasil belajar siswa pendidikan agama Kristen di SMP Negeri 3 Paranginan.

References

Aminah, S., & Nursikin, M. (2023). Tugas Guru di Kelas dalam Implementasi Kurikulum Merdeka: Perspektif Islam. Journal on Education, 5(4), 12710–12719. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.225

Anni, R. (2016). Pengaruh Disiplin Belajar dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV SD Gugus AA. Maramis Kendal. http://lib.unnes.ac.id/28595/

Astonita, M., Mirna, F., & Rina, T. (2013). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Yang Menggunakanmodel Pembelajaran Kooperatif Tipe Team-Assisted Individualization Dengan Pembelajaran Konvensional Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswamtsn Model Padang.

Azizi, A., & Irwansah. (2020). Pengaruh Metode Role Playing Terhadap Hasil Belajar Kognitif Ditinjau Dari Aktivitas Belajar Siswa. 8(2), 229–235.

Hanifah, S. N., Eka, W., & Saputra, N. (2021). Keefektifan Teknik Bermain Peran Untuk Mengurangi Emosi Marah Siswa. Kamis, 1363–1381.

Hayati, N. (2020). Penerapan Metode Role Playing (Bermain Peran) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Pada Tema Daerah Tempat Tinggalku Di Kelas Iv Mi Istiqomah Pekanbaru Kecamatan Tampan. 21(1), 1–9.

Hia, E. P., & Michael. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Dalam Meningkatkan Minat Belajar Pada Siswa Di Sd Smart School Jakarta Utara. 5(2), 185–203.

Hutasoit, J. (2003). Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen di Kelas X SMK Swasta Jambi Medan Tahun ajaran 2018/2019. Demographic Research, 49(0), 1-33 : 29 pag texts + end notes, appendix, referen.

Ilva. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Role Playing Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Viii Di Smp Negeri 3 Rambatan Skripsi.

Indriani Harianja, S., & Achmad, J. N. (2020). Efektivitas Metode Bermain Peran Dalam Meningkatkan Kemampuan Empati Anak Usia Dini. Kependidikan, 165–174.

Khasanah, K. (2013). Keefektifan Penerapan Metode Role Playing Pada Pembelajaran Menangani Surat Atau Dokumen Kantor Kelas XI Administrasi Perkantoran Di SMK Muhammadiyah 1 Tempel Tahun Ajaran 2012/2013. May, 106.

Laily, N. (2014). ( Studi Kasus Pada Mata Pelajaran Ekonomi Materi Pokok Bentuk Pasar dalam Kegiatan Ekonomi Masyarakat Semester Gasal Tahun Ajaran 2011 / 2012.

Lestari, S. (2018). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Role Playing Terhadap Hasil Belajar Pkn Siswa Kelas IV MIS Al-Hidayah Percut Sei Tuan.

Magdalena, I., Islami, N. F., Rasid, E. A., & Diasty, N. T. (n.d.). Tiga Ranah Taksonomi Bloom Dalam Pendidikan. 2, 132–139.

Mase Ahmad. (2018). upaya meningkatkan hasil belajar bahasa inggris melalui metode role pay di kelas VIII B smpn 1 Talibura Kabupaten Sikka. Jurnal Mitra Pendidikan, 2(12), 1442–1454.

Muhadab, A. (2010). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqh. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 04(01), 60–65.

Mursyidi, W. (2020). Kajian Teori Belajar Behaviorisme Dan Desain Instruksional. Almarhalah, 3(1), 33–38. https://doi.org/10.38153/alm.v3i1.30

Mutiarani, R., Amrazi, & Izhar. (2020). Implementasi Dan Implikasi Full Day School Pada Pembelajaran Sosiologi Di Sman 10 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(3), 1–8.

Mytalia. (2012). pengaruh penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Pada Pelajaran IPS terhadap Motivasi Balajar Siswa Kelas IV SD Negeri Ngrenak Sleman Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Mi, 5–24.

Pangesti, O. N. (2019). Hubungan Minat Dan Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Jawa Siswa Kelas Iv Sdn Gugus Cakra Kecamatan Ngaliyan Kota SemaranG.

Pratiwi, mariana eva. (2014). Pengertian Role Playing. Penerapan Mode Role Playing Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas IV, 53(9), 1689–1699.

Santoso, B., & Ary, D. (2014). Peningkatan Keterampilan Berbicara Krama Lugu Melalui Model Role Playing Berbantukan Media Audiovisual. Joyful Learning Journal, 3(2), 17–24. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jlj/article/view/5902%0Ahttps://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jlj/article/download/5902/4611

Saputra, D. (2015). Penerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas V Sd Negeri 2 Kecemen, Manisrenggo, Klaten. 151, 10–17.

Siregar, N. (2010). Peranan Guru Pendidikan Agama Keristen Terhadap Pemahaman Doa Yang Benar. Journal of Chemical Information and Modeling, 46(9), S240. http://www.joim.pl/pdf/MAZURv2n2.pdf

Sitinjak, S. (2006). Korelasi Antara Pengajaran PAK dengan Tingkat Kerajinan Siswa ke Gereja. 1993, 61–64.

Sudirman, & Paramita, Y. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Minat Belajar Anak Kelompok B Di Tk Aisiyah Blangkejeren. Paedagogi: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (e-Journal), 7(14), 159–169. https://doi.org/10.24114/paedagogi.v7i14.5091

Surya, Y. F. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 016 Langgini Kabupaten Kampar. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 38–53.

Utami, P. (2014). Pengaruh Gaya Belajar Dan Metode Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SMP. 2(3), 1–10.

Welmanora, E. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Mata Pelajaran IPS Kelas V MIN 3 Aceh Besar Skripsi. 561(3), S2–S3.

Downloads

Published

2023-09-28

How to Cite

Sianturi, S. A. ., & Siregar, N. . (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN KELAS VIII DI SMP NEGERI 3 PARANGINAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(3), 844–852. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.19496

Most read articles by the same author(s)