PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI VIRUS KELAS X ASKEP DI SMK NEGERI 1 DHARMA CARAKA GUNUNGSITOLI
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.18231Keywords:
Modul Pembelajaran Biologi, Problem Based Learning.Abstract
Penelitian ini membahas masalah pembelajaran yang berpusat pada guru dan kesulitan yang dihadapi siswa dalam memahami materi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menilai kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan modul pembelajaran Biologi. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE, yang meliputi tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Berbagai instrumen digunakan, termasuk angket validasi untuk para ahli dan angket respon siswa, serta tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa isi dan materi modul dinilai layak masing-masing sebesar 88% dan 93% oleh para ahli dan guru mata pelajaran. Kelayakan bahasa mendapatkan nilai 89%, dan kelayakan desain mendapatkan nilai 93%. Kelayakan modul secara keseluruhan dinyatakan sangat layak. Respon siswa pada uji coba perorangan sebesar 88%, sedangkan pada uji coba kelompok kecil sebesar 95%. Uji lapangan mendapatkan respon sebesar 92%. Hasil ini menunjukkan hasil yang positif untuk modul pembelajaran Biologi.References
Agus, A. Padmo. (2019). Pengembangan bahan ajar. Universitas Terbuka
Aidah, Ulung. (2015). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis problem based learning pada materi virus kelas X SMA. 4(2), 149-155.
Anjarsari. (2022). Buku Pembelajaran IPA. Pustaka Pelajar
Ani M. Hasan (2018). Strategi Belajar Mengajar Biologi. Erlangga.
Amina, et,.al. (2021). Pengaruh model problem based learning berbasis online terhadap hasil belajar siswa pada konsep virus. 1(2). 220-227.
Aziz. (2018). Landasan Pendidikan. HAJA Mandiri.
Daryanto. (2014). Menyusun modul (bahan ajar untuk persiapan guru). GAVA MEDIA
Hamdani. (2011). Pengembangan strategi belajar Mengajar. Pustaka Setia.
Hamzah. (2019). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) Uji Produk Kuantitatif dan Kualitatif Proses dan Hasil Dilengkapi Contoh Proposal Pengembangan Desain Uji Kualitatif dan Kuantitatif. CV. Literasi Nusantara.
Hanum. (2014). Karya Tulis Penelitian dan Nonpenelitian Untuk Guru Guna Menaikkan Pangkat dan Golongan Profesi Guru. ASKARA.
Hasdianah, Dewi. (2020). Virologi mengenal virus, penyakit dan pencegahannya. Nuha Medika.
Huda. (2017). Model-model pengajaran dan pembelajaran. PUSTAKA PELAJAR.
Kustandi Cecep, Dermawan (2020). Pengembangan media pembelajaran. KENCANA.
Lasmiyati. (2014). Pengembangan Modul pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman konsep dan Minat SMP. 9(2). 162-174.
Meilasari, et,.al. (2020). Kajian model pembelajaran problem based learning (PBL) dalam pembelajaran di sekolah. 3 (2),195-207.
Nana. (2014). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Cet. Tiga Belas. Pt . Rosdakarya
Nurul Aslya. (2021). Ilmu Pengetahuan Alam. Erlangga.
Rahman, et,.al. (2022) pengertian Pendidikan, ilmu Pendidikan dan unsur-unsur Pendidikan. 2(1). 1-8.
Riduwan. (2014). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian Cet.Kedua. Alfabeta.
Selviani. (2019). Pengembangan modul biologi problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik SMA. 1 (2). 147-154.
Shoimin. (2020). Model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. AR-RUZZ MEDIA
Siregar, Nara. (2011). Teori belajar dan pembelajaran. Ghalia Indonesia
Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. ALFABETA
Suzana, Jayanto. (2021). Teori belajar dan pembelajaran. CV. Literasi Nusantara Abadi
Taufig. (2022). Penyusunan Modul Fisika Berbasis SETS pada materi Fluida dinamis untuk siswa kelas XI SMA. 12(3). 83-88.
Ummah Khairatul, et,.al. (2021). Pengembangan modul pembelajaran biologi berbasis reading, questioning, and answering (RQA) materi virus kelas X. 5 (2). 19-25.
Widi Wisudawati, sulistyowati. (2015). Metodologi pembelajaran IPA. PT. Bumi Aksara
Widoyoko. (2012). Teknik Penyusunan Instrument Penelitian. Pustaka Pelajar
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Hartanilah Zalukhu, Dalifati Ziliwu, Novelina Andriani Zega, Hardikupatu Gulo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.