UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION KELAS IX UPTD SMP NEGERI 3 GUNUNGSITOLI TAHUN PELAJARAN 2023/2024
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.27620Keywords:
Group Investigation, Hasil belajarAbstract
Hasil belajar peserta didik dapat ditingkatkan melalui penggunaan model pembelajaran Group Investigation yang menekankan keterlibatan peserta didik. Tujuan penelitian: (1) Untuk mengetahui proses penerapan model pembelajaran Group Investigation dalam proses pembelajaran IPA. (2) Untuk mengetahui ketuntasan peningkatan hasil belajar peserta pada mata pelajaran IPA. Lokasi penelitian di UPTD SMP Negeri 3 Gunungsitoli. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IX dengan jumlah 31 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat tahap yaitu: (1) Perencanaan, (2) Tindakan, (3) Observasi, dan (4) Refleksi. Instrumen penelitian yaitu: (1) Lembaran observasi, (2) Tes hasil belajar peserta didik, (3) Lembaran panduan wawancara. Hasil penelitian: (1) Proses penerapan model pembelajaran Group Investigation diperoleh rata-rata hasil refleksi pada Siklus I yaitu 61,35% dengan kriteria cukup dan Siklus II yaitu 88,13% dengan kriteria baik. (2) Ketuntasan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran Group Investigation pada Siklus I yaitu 61,29% dengan kriteria cukup dan Siklus II yaitu 87,10% dengan kriteria baik.References
Abida, Nur. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Penelitian dan Pengembangan (JPP). Volume 3. Nomor 2.
Ali, Lalu Usman. (2018). Pengelolaan Pembelajaran IPA Ditinjau dari Hakikat Sains pada SMP di Kabupaten Lombok Timur. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, Volume 6. Nomor 2.
Aprida dan Muhammad. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Literatur. Volume 3. Nomor 2.
Bistari. (2018). Konsep dan Indikator Pembelajaran Efektif. Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan. Volume 1. Nomor 2.
Carroline, Desty dkk. (2018). Penerapan Model Kooperatif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA-Biologi Pada Konsep Pencemaran Lingkungan Kelas VII. Jurnal Kajian Pendidikan. Volume 2. Nomor 2.
Darmawan, dkk. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Belajar Siswa. Jurnal Kajian Pembelajaran Kooperatif. Volume 8. Nomor 1.
Elviana dan Lili. (2020). Pengaruh Strategi Pembelajaran Kooperatif Untuk Menulis Karangan Persuasi. Jurnal Elemen. Volume 2. Nomor 1.
Eneng. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Melalui Penggunaan Metode Cooperatif Learning Pada Siswa Kelas X MAN 4 Jakarta. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas. Volume 6. Nomor 2.
Ernawati dan Ahmad Yani. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Aktivitas Siswa. Jurnal Pena Ilmiah. Volume 1. Nomor 1.
Faozi, Mohamad. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Bioteknologi Pada Siswa SMP Negeri 2 Tarub. Joyful Learning Journal. Volume 2. Nomor 1.
Hazmi, Nahdatul. (2019). Tugas Guru Dalam Proses Pembelajaran. JOEAI (Journal of Education and Instruction). Volume 2. Nomor 1.
Hesti, dkk. (2018). Penerapan Metode Cooperatif Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Perspektif Ilmu Pendidikan. Volume 6. Nomor 1.
Kemendikbud. (2020). Penilaian Kependidikan: Sistem Penilaian, Hasil Belajar dan Kemampuan Guru Melaksanakan Penilaian Berdasarkan Kurikulum 2013. Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, Balitbang, Kemedikbud.
Lestari, Karunia Eka dan Yudhanegara, Mokhammad Ridwan. (2018). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama.
Natsir, Irmawaty dan Abdul Rachman Taufik. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Bioilmi. Volume 3. Nomor 1.
Putri dan Adeng. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Cooperatif Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS kelas VIII SMP PGRI 3 Jakarta. Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan. Volume 5. Nomor 4.
Sardiyanah. (2018). Faktor Yang Mempengaruhi Belajar. Jurnal Didaktik. Volume 10. Nomor 2.
Setiawati, Siti Ma’rifah. (2018). Telaah Teoritis: Apa Itu Belajar. HELPER: Jurnal Bimbingan dan Konseling FKIP UNIPA. Volume 35. Nomor 1.
Shindia, dkk. (2017). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Geometri Berbasis Cooperatif Learning. Research and Development Journal Of Education. Volume 2. Nomor 3.
Shoimin, Aris. (2020) (a). Buku 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Ar-Ruzz Media. Yogyakarta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Teni, Rahmani. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Mimbar Ilmu. Volume 3. Nomor 1.
Ulul, Azmi Purnamasari, dkk. (2018). Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation. Universitas Lambung Mangkurat. Banjarmasin.
Zulyadaini. (2019). Perbandingan Hasil Belajar Model Cooperatif Learning Dengan Konvensional. Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama. Volume 16. Nomor 1.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Hilaria Florensia Bali
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.