PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI VIRUS KELAS X ASKEP DI SMK NEGERI 1 DHARMA CARAKA GUNUNGSITOLI

Authors

  • Hartanilah Zalukhu Universitas Nias
  • Dalifati Ziliwu Universitas Nias
  • Novelina Andriani Zega Universitas Nias
  • Hardikupatu Gulo Universitas Nias

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.18231

Keywords:

Modul Pembelajaran Biologi, Problem Based Learning.

Abstract

Penelitian ini membahas masalah pembelajaran yang berpusat pada guru dan kesulitan yang dihadapi siswa dalam memahami materi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menilai kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan modul pembelajaran Biologi. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE, yang meliputi tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Berbagai instrumen digunakan, termasuk angket validasi untuk para ahli dan angket respon siswa, serta tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa isi dan materi modul dinilai layak masing-masing sebesar 88% dan 93% oleh para ahli dan guru mata pelajaran. Kelayakan bahasa mendapatkan nilai 89%, dan kelayakan desain mendapatkan nilai 93%. Kelayakan modul secara keseluruhan dinyatakan sangat layak. Respon siswa pada uji coba perorangan sebesar 88%, sedangkan pada uji coba kelompok kecil sebesar 95%. Uji lapangan mendapatkan respon sebesar 92%. Hasil ini menunjukkan hasil yang positif untuk modul pembelajaran Biologi.

References

Agus, A. Padmo. (2019). Pengembangan bahan ajar. Universitas Terbuka

Aidah, Ulung. (2015). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis problem based learning pada materi virus kelas X SMA. 4(2), 149-155.

Anjarsari. (2022). Buku Pembelajaran IPA. Pustaka Pelajar

Ani M. Hasan (2018). Strategi Belajar Mengajar Biologi. Erlangga.

Amina, et,.al. (2021). Pengaruh model problem based learning berbasis online terhadap hasil belajar siswa pada konsep virus. 1(2). 220-227.

Aziz. (2018). Landasan Pendidikan. HAJA Mandiri.

Daryanto. (2014). Menyusun modul (bahan ajar untuk persiapan guru). GAVA MEDIA

Hamdani. (2011). Pengembangan strategi belajar Mengajar. Pustaka Setia.

Hamzah. (2019). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) Uji Produk Kuantitatif dan Kualitatif Proses dan Hasil Dilengkapi Contoh Proposal Pengembangan Desain Uji Kualitatif dan Kuantitatif. CV. Literasi Nusantara.

Hanum. (2014). Karya Tulis Penelitian dan Nonpenelitian Untuk Guru Guna Menaikkan Pangkat dan Golongan Profesi Guru. ASKARA.

Hasdianah, Dewi. (2020). Virologi mengenal virus, penyakit dan pencegahannya. Nuha Medika.

Huda. (2017). Model-model pengajaran dan pembelajaran. PUSTAKA PELAJAR.

Kustandi Cecep, Dermawan (2020). Pengembangan media pembelajaran. KENCANA.

Lasmiyati. (2014). Pengembangan Modul pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman konsep dan Minat SMP. 9(2). 162-174.

Meilasari, et,.al. (2020). Kajian model pembelajaran problem based learning (PBL) dalam pembelajaran di sekolah. 3 (2),195-207.

Nana. (2014). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Cet. Tiga Belas. Pt . Rosdakarya

Nurul Aslya. (2021). Ilmu Pengetahuan Alam. Erlangga.

Rahman, et,.al. (2022) pengertian Pendidikan, ilmu Pendidikan dan unsur-unsur Pendidikan. 2(1). 1-8.

Riduwan. (2014). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian Cet.Kedua. Alfabeta.

Selviani. (2019). Pengembangan modul biologi problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik SMA. 1 (2). 147-154.

Shoimin. (2020). Model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. AR-RUZZ MEDIA

Siregar, Nara. (2011). Teori belajar dan pembelajaran. Ghalia Indonesia

Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. ALFABETA

Suzana, Jayanto. (2021). Teori belajar dan pembelajaran. CV. Literasi Nusantara Abadi

Taufig. (2022). Penyusunan Modul Fisika Berbasis SETS pada materi Fluida dinamis untuk siswa kelas XI SMA. 12(3). 83-88.

Ummah Khairatul, et,.al. (2021). Pengembangan modul pembelajaran biologi berbasis reading, questioning, and answering (RQA) materi virus kelas X. 5 (2). 19-25.

Widi Wisudawati, sulistyowati. (2015). Metodologi pembelajaran IPA. PT. Bumi Aksara

Widoyoko. (2012). Teknik Penyusunan Instrument Penelitian. Pustaka Pelajar

Downloads

Published

2023-08-29

How to Cite

Zalukhu, H. ., Ziliwu, D. ., Zega, N. A. ., & Gulo, H. . (2023). PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI VIRUS KELAS X ASKEP DI SMK NEGERI 1 DHARMA CARAKA GUNUNGSITOLI . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(2). https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.18231

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2