Analisis Keterampilan Menulis Cerita Narasi Siswa Kelas IV pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SDN Bidara
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7727Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya penggunaan huruf kapital, pemilihan kata, tanda baca titik, dan tanda baca koma dalam keterampilan menulis cerita pada siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan penggunaan huruf kapital, pemilihan kata, tanda baca titik, tanda baca koma dalam cerita narasi siswa kelas IV pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SDN Bidara. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa yang dianalisis sebanyak 21 siswa. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah keterampilan menulis cerita narasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan pengumpulan data menggunakan instrumen tes untuk mengukur keterampilan menulis cerita narasi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Instrumen ini sudah diuji validitas dan reabilitasnya oleh dosen ahli. Hasil yang diperoleh pada tes keterampilan menulis cerita narasi ialah terdapat 17 kasus kesalahan penggunaan huruf kapital, 12 kasus kesalahan pemilihan kata yang tepat, 12 kasus kesalahan penggunaan tanda baca titik, dan 9 kasus kesalahan penggunaan tanda baca koma. Adapun faktor yang mempengaruhi kemampuan siswa dalam menulis sebuah cerita narasi ialah kurangnya minat siswa, kurangnya berlatih dalam menulis dan membaca.Downloads
Published
2022-10-20
How to Cite
Sari, P. W. ., Ramdhani, I. S. ., Enawar, E., Huliatunisa, Y. ., & Magdalena, I. . (2022). Analisis Keterampilan Menulis Cerita Narasi Siswa Kelas IV pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SDN Bidara . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 6440–6444. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7727
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Putri Widiya Sari, Intan Sari Ramdhani, Enawar, Yayah Huliatunisa, Ina Magdalena
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).