Analisis Keterampilan Guru Abad 21 dalam Pembelajaran di SD Negeri Rajeg 03 Kabupaten Tangerang

Authors

  • Anisa Oktavia Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Ina Magdalena Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Yayah Huliatunisa Universitas Muhammadiyah Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7023

Abstract

Analisis keterampilan guru abad 21 dalam pembelajaran di SD Negeri Rajeg 03 Kabupaten Tangerang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis keterampilan guru abad 21 dalam pembelajaran di SD Negeri Rajeg 03, dan kendala yang dialami guru abad 21 dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumen. Analisis data pada penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Langkah dalam menguji keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini yaitu keterampilan guru abad 21 dalam pembelajaran di SD Negeri Rajeg 03 dinilai sudah baik. Dalam perencanaan guru merancang RPP dan strategi mengajar. Kemudian dalam pelaksanaannya guru memfasilitasi dan menginspirasi peserta didik dengan menjadi fasilitator, motivator, dan pembimbing. Guru memberikan pengalaman belajar yang berbeda dengan mengadakan variasi pada pembelajarannya. Guru melakukan pembelajaran berkelompok, bermain, atau sambil bernyanyi. Selain itu guru juga menggunakan teknologi dalam pembelajarannya. Guru menggunakan metode pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. Guru juga sering melakukan diskusi dan bekerja sama dengan teman se-profesi. Ada faktor internal dan faktor eksternal yang menjadi kendala guru dalam pembelajaran. Kendala dari faktor internal yaitu dari peserta didik yang motivasi belajarnya kurang, dan guru yang belum memiliki strategi khusus untuk mengatasinya. Kemudian dari faktor eksternal yaitu dari sarana dan prasarana seperti kurangnya jumlah infocus dan tidak adanya ruang perpustakaan.

Downloads

Published

2022-09-23

How to Cite

Oktavia, . A. ., Magdalena, . I. ., & Huliatunisa, Y. . (2022). Analisis Keterampilan Guru Abad 21 dalam Pembelajaran di SD Negeri Rajeg 03 Kabupaten Tangerang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 2742–2748. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7023