Analisis Keterampilan Guru Abad 21 dalam Pembelajaran di SD Negeri Rajeg 03 Kabupaten Tangerang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7023Abstract
Analisis keterampilan guru abad 21 dalam pembelajaran di SD Negeri Rajeg 03 Kabupaten Tangerang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis keterampilan guru abad 21 dalam pembelajaran di SD Negeri Rajeg 03, dan kendala yang dialami guru abad 21 dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumen. Analisis data pada penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Langkah dalam menguji keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini yaitu keterampilan guru abad 21 dalam pembelajaran di SD Negeri Rajeg 03 dinilai sudah baik. Dalam perencanaan guru merancang RPP dan strategi mengajar. Kemudian dalam pelaksanaannya guru memfasilitasi dan menginspirasi peserta didik dengan menjadi fasilitator, motivator, dan pembimbing. Guru memberikan pengalaman belajar yang berbeda dengan mengadakan variasi pada pembelajarannya. Guru melakukan pembelajaran berkelompok, bermain, atau sambil bernyanyi. Selain itu guru juga menggunakan teknologi dalam pembelajarannya. Guru menggunakan metode pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. Guru juga sering melakukan diskusi dan bekerja sama dengan teman se-profesi. Ada faktor internal dan faktor eksternal yang menjadi kendala guru dalam pembelajaran. Kendala dari faktor internal yaitu dari peserta didik yang motivasi belajarnya kurang, dan guru yang belum memiliki strategi khusus untuk mengatasinya. Kemudian dari faktor eksternal yaitu dari sarana dan prasarana seperti kurangnya jumlah infocus dan tidak adanya ruang perpustakaan.Downloads
Published
2022-09-23
How to Cite
Oktavia, . A. ., Magdalena, . I. ., & Huliatunisa, Y. . (2022). Analisis Keterampilan Guru Abad 21 dalam Pembelajaran di SD Negeri Rajeg 03 Kabupaten Tangerang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 2742–2748. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7023
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Anisa Oktavia, Ina Magdalena, Yayah Huliatunisa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).