Hubungan Antara Kecerdasan Sosial dengan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV di SDN 04 Kota Tangerang Selatan
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7721Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kecerdasan sosial terhadap hasil belajar siswa kelas IV di SDN Sawah 04, (2) mengetahui hasil belajar siswa kelas IV di SDN Sawah 04, (3) menganalisis hubungan kecerdasan sosial dengan hasil belajar siswa kelas IV di SDN Sawah 04. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Subjek populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kela IV SDN Sawah 04 Kota Tangerang Selatan yang berjumlah 71 siswa, dengan mengambil sampel sebanyak 36 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil perhitungan uji hipotesis untuk uji koefisien korelasi terdapat nilai korelasi sebesar 0,553 dan berdasarkan tabel kriteria korelasi nilai berada pada rentang 0,40-0,599 yang artinya tingkat hubungan kecerdasan sosial dengan hasil belajar IPS siswa kelas IV di SDN Sawah 04 Kota Tangerang Selatan termasuk kepada korelasi cukup dengan tingkat kecerdasan sebesar 57,4% sedangkan sisanya 42,6% dipengaruhi oleh faktor lain, misalnya pola asuh orang tua, status pendidikan orang tua.Downloads
Published
2022-10-20
How to Cite
Hadisa, A. ., Magdalena, I. ., & Zuliani, R. . (2022). Hubungan Antara Kecerdasan Sosial dengan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV di SDN 04 Kota Tangerang Selatan . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 6408–6416. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7721
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Azmy Hadisa, Ina Magdalena, Rizki Zuliani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).