Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif pada Muatan IPA Sekolah Dasar Kelas III MI Kafilatul Mu’minin
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7120Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif (Powerpoint) Pada Muatan IPA Kelas 3 MI Kafilatul Mu’minin. Penelitian ini merupakan penelitian R&D yang mengacu pada model pengembangan Dick & Carey yang terdiri dari : (1) analisis dan identifikasi prioritas kebutuhan,(2) perumusan tujuan produk, (3) penyusunan alat atau instrument evaluasi,(4) penyusunan materi atau produk, (5) penulisan naskah produksi dan story boards, (6) uji coba dan validasi, (7) revisi, (8) produksi akhir. Berdasarkan penilaian para ahli dan angket responden menunjukkan bahwa : (1) penilaian kevalidan media menunjukkan kriteria valid dengan presentase ahli materi 3,8%, presentase ahli media sebesar 85%, (2) penilaian respon siswa memberikan skor rerata 4,6 dari skor 5 dengan kriteria Sangat baik. Maka dapat disimpulkan bahwa pengujian penggunaan media ini dalam pembelajaran menunjukkan bahwa prodak layak dijadikan media dalam mencapai tujuan pembelajaran.Downloads
Published
2022-09-28
How to Cite
Apriyani, N. ., Magdalena, I. ., & Azhar, A. P. . (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif pada Muatan IPA Sekolah Dasar Kelas III MI Kafilatul Mu’minin. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 3330–3335. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7120
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Niftah Apriyani, Ina Magdalena, Arry Patriasurya Azhar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).