Analisis Pembelajaran Metode Diskusi dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran IPA Kelas III SDN Kedaung Barat IV
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6661Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang analisis pembelajaran metode diskusi dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA kelas III SDN Kedaung Barat IV. Penelitian ini menggunakanpendekatan kualitatif dengan jenis penelitian dengan jenis deskriptif. Subyek dalam penelitian iniadalah guru dan siswa di sekolah dasar. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan analisis data. Teknik analisis data yangdigunakan adalah model Miles dan Huberman yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, dan penyajian data. Uji keabsahan data yang digunakan adalah uji kredibiltas yang dilakukan dengan cara triangulasi sumber. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa guru sudah menggunakan metode diskusi secara maksimal selain itu dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa juga dapat dilihat baik, dengan menggunakan metode diskusi dalam pembelajaran IPA yang didalamnya harus melatih siswa dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas III C SDN Kedaung Barat IV. Dengan ini dapat dilihat dalam keaktifan siswa didalam kelas pada pembelajaran IPA dikelas III C ini menunjukkan bahwa siswa sudah terlihat aktif, dari antusias dan respon siswa lainnya.Downloads
Published
2022-09-08
How to Cite
Insyirah, A. ., Oktrifianty, E. ., & Huliatunisa, Y. . (2022). Analisis Pembelajaran Metode Diskusi dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran IPA Kelas III SDN Kedaung Barat IV. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 631–636. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6661
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Aniq Insyirah, Erdhita Oktrifianty, Yayah Huliatunisa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).