Analisis Keterampilan Membaca Puisi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas IV SDN Gempol Sari Kabupaten Tangerang

Authors

  • Amelia Ismawati Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Enawar Enawar Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Arry Patriasurya Azhar Universitas Muhammadiyah Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7087

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keterampilan membaca puisi dalam pembelajaran bahasa Indonesia yang dialami siswa kelas IV SDN Gempol Sari. Proses pembelajaran Keterampilan Membaca Puisi Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IV di SDN Gempol Sari masih banyaknya siswa-siswi yang mengalami kesulitan dalam membaca puisi yang tidak sesuai dengan empat aspek keterampilan membaca puisi terutama pada aspek lafal, tekanan, intonasi dan jeda. Subjek penelitian yang digunakan adalah 20 siswa terdiri dari 9 lak-laki dan 11 perempuan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi tes, observasi, wawancara dan dokumentasi.  Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil penilaian tes membaca puisi siswa terdapat 12 siswa dari total keseluruhan 20 siswa lainnya masih kurang memenuhi standar penilaian karena masih rendahnya keterampilan membaca puisi seperti lafal, intonasi, tekanan dan jeda dari skor yang didapat. Rata-rata nilai yang didapatkan sebesar 59,25 dari data hasil tes membaca puisi secara keseluruhan

Downloads

Published

2022-09-27

How to Cite

Ismawati, . . . A. ., Enawar, E., & Azhar, A. P. . (2022). Analisis Keterampilan Membaca Puisi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas IV SDN Gempol Sari Kabupaten Tangerang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 3143–3154. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7087