Analisis Keterampilan Membaca Puisi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas IV SDN Gempol Sari Kabupaten Tangerang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7087Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keterampilan membaca puisi dalam pembelajaran bahasa Indonesia yang dialami siswa kelas IV SDN Gempol Sari. Proses pembelajaran Keterampilan Membaca Puisi Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IV di SDN Gempol Sari masih banyaknya siswa-siswi yang mengalami kesulitan dalam membaca puisi yang tidak sesuai dengan empat aspek keterampilan membaca puisi terutama pada aspek lafal, tekanan, intonasi dan jeda. Subjek penelitian yang digunakan adalah 20 siswa terdiri dari 9 lak-laki dan 11 perempuan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil penilaian tes membaca puisi siswa terdapat 12 siswa dari total keseluruhan 20 siswa lainnya masih kurang memenuhi standar penilaian karena masih rendahnya keterampilan membaca puisi seperti lafal, intonasi, tekanan dan jeda dari skor yang didapat. Rata-rata nilai yang didapatkan sebesar 59,25 dari data hasil tes membaca puisi secara keseluruhanDownloads
Published
2022-09-27
How to Cite
Ismawati, . . . A. ., Enawar, E., & Azhar, A. P. . (2022). Analisis Keterampilan Membaca Puisi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas IV SDN Gempol Sari Kabupaten Tangerang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 3143–3154. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7087
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Amelia Ismawati, Enawar, Arry Patriasurya Azhar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).