Analisis Gerakan Literasi Pojok Baca Terhadap Minat Baca Kelas 4 SDN Bojong 04
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6895Abstract
Penelitian ini membahas gerakan literasi pojok baca terhadap minat baca kelas 4. Minat baca peserta didik yang tergolong rendah menjadikan pemerintah mencanangkan program gerakan literasi sekolah (GLS) yang dimulai dari tahun 2016. Adanya program ini pemerintah mempunyai harapan besar terhadap peningkatan minat baca siswa diIndonesia. Penelitian ini difokuskan pada dampak gerakan literasi pojok baca terhadap minat baca siswa kelas 4. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi gerakan literasi pojok baca terhadap minat baca dan faktor-faktor yang mempengaruhi minat baca siswa. Metode yang digunakan penelitian ini adalah metode kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas IV dan siswa kelas IV SDN Bojong 04 Kota Tangerang yang berjumlah 29 orang. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, angket dan dukumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa ada dampak positif dari adanya program gerakan literasi sekolah pada minat baca siswa, menunjukan bahwa gerakan literasi melalui pojok baca sudah efektif dalam meningkatkan minat baca siswa kelas IV melalui perhitungan angket minat baca dari siswa kelas IV yang tergolong cukup baik.Downloads
Published
2022-09-18
How to Cite
Agustina, N. ., Ramdhani, I. S. ., & Enawar, E. (2022). Analisis Gerakan Literasi Pojok Baca Terhadap Minat Baca Kelas 4 SDN Bojong 04. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 1999–2003. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6895
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Neli Agustina, Intan Sari Ramdhani, Enawar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).