Analisis Gerakan Literasi Pojok Baca Terhadap Minat Baca Kelas 4 SDN Bojong 04

Authors

  • Neli Agustina Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Intan Sari Ramdhani [email protected]
  • Enawar Enawar Universitas Muhammadiyah Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6895

Abstract

Penelitian ini membahas gerakan literasi pojok baca terhadap minat baca kelas 4. Minat baca peserta didik yang tergolong rendah menjadikan pemerintah mencanangkan program gerakan literasi sekolah (GLS) yang dimulai dari tahun 2016. Adanya program ini pemerintah mempunyai harapan besar terhadap peningkatan minat baca siswa diIndonesia. Penelitian ini difokuskan pada dampak gerakan literasi pojok baca terhadap minat baca siswa kelas 4. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi gerakan literasi pojok baca terhadap minat baca dan faktor-faktor yang mempengaruhi minat baca siswa. Metode yang digunakan penelitian ini adalah metode kualitatif.  Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas IV dan siswa kelas IV SDN Bojong 04 Kota Tangerang yang berjumlah 29 orang. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, angket dan dukumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa ada dampak positif dari adanya program gerakan literasi sekolah pada minat baca siswa, menunjukan bahwa gerakan literasi melalui pojok baca sudah efektif dalam meningkatkan minat baca siswa kelas IV melalui perhitungan angket minat baca dari siswa kelas IV yang tergolong cukup baik.

Downloads

Published

2022-09-18

How to Cite

Agustina, N. ., Ramdhani, I. S. ., & Enawar, E. (2022). Analisis Gerakan Literasi Pojok Baca Terhadap Minat Baca Kelas 4 SDN Bojong 04. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 1999–2003. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6895