Peran Guru dalam Mengembangkan Minat Baca Siswa Kelas V di Sekolah Dasar Negeri Karet 1 Kabupaten Tangerang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6566Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Guru Dalam Mengembangkan Minat Baca Siswa Kelas V Di SDN Karet 1 Kabupaten Tangerang. Dalam mengembangkan minat baca, guru sangat berperan penting dalam membangun minat baca siswa. Peran guru sangat penting karena guru yang mendidik dan mengetahui perkembangan siswa. Di kelas V SDN Karet 1, masih terdapat siswa yang minat bacanya kurang, dikarenakan kurangnya menyukai kegiatan membaca. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan di SDN Karet 1 Kabupaten Tangerang tahun 2022. Subjek penelitian ini adalah guru kelas V dan siswa V di SDN Karet 1 Kabupaten Tangerang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan tentang peran guru dalam mengembangkan minat baca siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri Karet 1 Kabupaten Tangerang, dapat diterapkan dalam lima peran, yaitu: (1) Peran guru sebagai motivator yaitu : (a) guru memberikan motivasi berupa kalimat pujian (b) guru memberikan cerita yang membangun (c) guru mendorong siswa untuk membaca buku di pojok baca (2) peran guru sebagai fasilitator yaitu (a) guru menyediakan fasilitas fisik seperti pojok baca. (b) guru memberikan fasilitas non fisik berupa rekomendasi buku (3) guru sebagai dinamisator yaitu (a) Guru merancang kegiatan literasi sebelum pembelajaran yang dilakukan pada saat sebelum guru menjelaskan dan pada saat jam istirahat (b) guru memberikan target bacaan (4) peran guru sebagai konselor yaitu (a) Guru berdiskusi dengan siswa mengenai kendala yang dialami oleh siswa dalam membaca (b) Guru meluangkan waktu untuk mengatasi masalah (5) peran guru sebagai evaluator yaitu (a) guru mengevaluasi proses membaca (b) guru mengevaluasi keberhasilan membacaDownloads
Published
2022-09-03
How to Cite
Fauziah, . S. N. ., Sumiyani, S., & Ramdhani, I. S. . (2022). Peran Guru dalam Mengembangkan Minat Baca Siswa Kelas V di Sekolah Dasar Negeri Karet 1 Kabupaten Tangerang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 205–214. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6566
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Septy Nurul Fauziah, Sumiyani, Intan Sari Ramdhani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).