Analisis Faktor yang Mempengaruhi Minat Membaca pada Siswa Kelas III SDN Perumnas 1 Kota Tangerang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8730Abstract
Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Minat Membaca Pada Siswa Kelas III SDN Perumnas 1 Kota Tangerang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) faktor yang mempengaruhi minat membaca pada siswa kelas III SDN Perumnas 1 kota tangerang, serta bagaimana cara meningkatkan minat membaca siswa dan menganalisis apa saja yang menjadi penyebab kurangnya minat membaca siswa pada saat ini di SDN Perumnas 1 kota tangerang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III di SDN Perumnas 1. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini bahwa faktor yang mempengaruhi minat membaca pada siswa SDN Perumnas 1 ini yaitu 1) Setiap hari saya harus membaca buku dengan kategori rendah, 2) saya tidak memperoleh manfaat apapun dari membaca buku, 3) Saya lebih sering melakukan kegiatan membaca buku atas dasar keinginan saya sendiri dibandingkan dorongan orangtua saya dengan kategori rendah, 4) Saya hanya membeli buku yang saya perlukan saja dengan kategori rendah.Downloads
Published
2022-11-13
How to Cite
Agustin, J. T. ., Magdalena, I. ., & Rosnaningsih, A. . (2022). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Minat Membaca pada Siswa Kelas III SDN Perumnas 1 Kota Tangerang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 3377–3382. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8730
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Jihan Tri Agustin, Ina Magdalena, Asih Rosnaningsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).