Analisis Peran Guru Kelas dalam Membentuk Kemandirian Siswa Kelas III di SDN Jati 1 Kota Tangerang

Authors

  • Sagita Destiyantari Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Ina Magdalena Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Sa’odah Sa’odah Universitas Muhammadiyah Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7318

Abstract

Peran guru dibutuhkan dalam membentuk salah satu aspek kepribadian yang penting bagi siswa yaitu kemandirian. Kemandirian adalah keinginan seseorang untuk melakukan segala sesuatu secara mandiri. Ada banyak jenis kemandirian yang kita ketahui salah satunya ialah kemandirian belajar. Kemandirian belajar bisa dibentuk melalui pembiasaan perilaku yang diterapkan disekolah dan di rumah. Salah satu pembiasaan yang dilakukan disekolah dan di rumah adalah bertanggung jawab dalam pengambilan keputusan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis peran guru kelas dalam membentuk kemandirian siswa kelas III di SDN Jati 1 Kota Tangerang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Lokasi penelitian ini adalah di SDN Jati 1 Kota Tangerang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru sebagai sumber belajar, fasilitator, pengelola, demonstrator, dan motivator sudah berjalan dengan baik dalam membentuk kemandirian siswa.

Downloads

Published

2022-10-07

How to Cite

Destiyantari, . S. ., Magdalena, I. ., & Sa’odah, S. (2022). Analisis Peran Guru Kelas dalam Membentuk Kemandirian Siswa Kelas III di SDN Jati 1 Kota Tangerang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 4351–4357. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7318

Most read articles by the same author(s)