Analisis Peran Guru Kelas dalam Membentuk Kemandirian Siswa Kelas III di SDN Jati 1 Kota Tangerang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7318Abstract
Peran guru dibutuhkan dalam membentuk salah satu aspek kepribadian yang penting bagi siswa yaitu kemandirian. Kemandirian adalah keinginan seseorang untuk melakukan segala sesuatu secara mandiri. Ada banyak jenis kemandirian yang kita ketahui salah satunya ialah kemandirian belajar. Kemandirian belajar bisa dibentuk melalui pembiasaan perilaku yang diterapkan disekolah dan di rumah. Salah satu pembiasaan yang dilakukan disekolah dan di rumah adalah bertanggung jawab dalam pengambilan keputusan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis peran guru kelas dalam membentuk kemandirian siswa kelas III di SDN Jati 1 Kota Tangerang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Lokasi penelitian ini adalah di SDN Jati 1 Kota Tangerang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru sebagai sumber belajar, fasilitator, pengelola, demonstrator, dan motivator sudah berjalan dengan baik dalam membentuk kemandirian siswa.Downloads
Published
2022-10-07
How to Cite
Destiyantari, . S. ., Magdalena, I. ., & Sa’odah, S. (2022). Analisis Peran Guru Kelas dalam Membentuk Kemandirian Siswa Kelas III di SDN Jati 1 Kota Tangerang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 4351–4357. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7318
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Sagita Destiyantari, Ina Magdalena, Sa’odah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).