HUBUNGAN SELF CONTROL DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK PESERTA DIDIK KELAS XI TPM DI SMKN 5 PADANG

Authors

  • Sri Wulandari Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Zulkifli Zulkifli Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Rila Rahma Yuliani Universitas PGRI Sumatera Barat

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.33833

Keywords:

Self Control, Prokrastinasi Akademik, Peserta Didik

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi adanya peserta didik yang menunda waktu pengumpulan tugas, peserta didik yang tidak mengumpulkan tugas dan senang melakukan kegiatan lainnya seperti bermain hp game dan aktivitas lainnya. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan: 1) Self control peserta didik kelas XI TPM SMKN 5 Padang, 2) Prokrastinasi akademik peserta didik di kelas XI TPM SMKN 5 Padang, 3) Hubungan self control dengan prokrastinasi akademik peserta didik di kelas XI TPM SMKN 5 Padang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode desktiptif kuantitatif dengan analisis korelasi. Populasi penelitian adalah 89 peserta didik pengambilan tempat menggunakan teknik … dengan jumlah 73 peserta didik. Instrumen yang digunakan yaitu angket. Sedangkan untuk analisis data menggunakan… Hasil penelitian berikut ini yaitu:1) Self control peserta didik kelas XI TPM SMKN 5 Padang berada pada kategori baik, 2) Prokrastinasi akademik peserta didik di kelas XI TPM SMKN 5 Padang berada pada kategori rendah, 3) Hubungan self control dengan prokrastinasi akademik peserta didik di kelas XI TPM SMKN 5 Padang berada pada kategori cukup kuat. Berdasarkan hasil penelitian ini direkomendasikan pada peserta didik agar mampu meningkatkan self control sehingga peserta didik mampu menghindari prokrastinasi akademik di lingkungan sekolah, rumah dan masyarakat.

References

Abidin, Z., & Purbawanto, S. (2015). Pemahaman Siswa terhadap Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Livewire pada Mata Pelajaran Teknik Listrik Kelas X Jurusan Audio Video Di SMK Negeri 4 Semarang. Edu Elektrika Journal, 4(1), 38–49.

Arikunto, S. (2003). Prosedur Penelitian suatu Praktek. Bumi Aksara. Arikunto, S. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2010). Metode Peneltian. Rineka Cipta.

Artanti, D. D. (2019). Pengaruh Kontrol Diri terhadap Prokrastinasi Akademik pada Siswa Kelas XI Sma Negeri 1 Gombong. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 5(3), 254–260.

Azalia, N., Rosra, M., & Andriyanto, R. E. (2019). Hubungan Self Control Dengan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Jurusan Ilmu Pendidikan 2016 Correlation Self Control With Academic Procrastination of The Science Education Major 2016.

Basri, A. S. H. (2017). Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Ditinjau dari Religiusitas. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam, 14(2). https://doi.org/10.14421/hisbah.2017.142-05

Borba, M. (2008). Membangun Kecerdasan Moral. Gramedia Pustaka Utama. Bungin, B. (2005). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Komunikasi, Ekonomi, dan

Kebijakan Publik sertaIilmu-ilmu Sosial Lainnya. Kencana.

Burka, J., & Yuen, L. (2008). Procrastination: Why You Do It, What To Do. About It Now. Addison-Wesley.

Erdianto, A. A., & Dewi, D. K. (2020). Hubungan antara Efikasi Diri dengan Prokrastinasi Akademik pada Siswa Kelas XI di SMA X. Penelitian Psikologi, 8(8), 32–43.

Ghufron, M. N., & Risnawati. (2016). Teori-teori Psikologi (4th ed.). Ar-Ruzz Media.

Ghufron, M. N., & Risnawita, R. (2010). Teori-Teori Psikologi. AR-RUZZ Media.

Gufron, R. (2014). Hubungan Kontrol Diri dengan Prokrastinasi Akademik pada Siswa IPA MAN Malang 1 Kota Malang. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Hurlock, E. B. (1980). Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang

Kehidupan. PT. Erlangga.

Made, S. G. I., & Raharja, J. T. (2018). Efektivitas Konseling Kelompok Cognitive Behavior Therapy (Cbt) untuk Meningkatkan Motivasi Berprestasi Siswa di SMP Negeri 10 Mataram. Realita: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 1(1).

Mahmud, H. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Pustaka Setia Hosnan. Mangkuatmodjo, S. (2003). Statistik Lanjutan. Rineka Cipta.

Mu’alima, K. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prokrastinasi Akademik Peserta Didik. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 3(2), 30–33.

Nalendra, A. R. A., Rosalinah, Y., Priadi, A., Subroto, I., Rahayuningsih, R., Lestari, R., Kusumandari, S., Yuliasari, R., Astuti, D., & Latumahina, J. (2021). Statistika Seri Dasar Dengan SPPS.

Nitami, M., Daharnis, D., & Yusri, Y. (2015). Hubungan Motivasi Belajar dengan Prokrastinasi Akademik Siswa. Konselor, 4(1), 1–12.

Nurul, Z. (2006). Metodologi Penelitian Sosial dan pendidikan. Bumi Aksara. Putra, A. P., Rini, R. A. P., & Saragih, S. (2017). The Relationship Between Self

Control and Job Stress with Police Aggressiveness. Psikologia: Jurnal Psikologi, 2(2), 93–104.

Riduwan. (2010). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Alfabeta. Riduwan, K. (2012). Metode & Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Mandar

Maju.

Saraswati, P. (2017). Strategi Self Regulated Learning dan Prokrastinasi Akademik terhadap Prestasi Akademik. Intuisi: Jurnal Psikologi Ilmiah, 9(3), 210–223.

Steel, P. (2007). The Nature of Procrastination: a Meta-Analytic ands Theoretical Review of Quintessential Self-Regulatory Failure. Psychological Bulletin, 133(1), 65.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,.

Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta.

Suhartini, S. (2019). Hubungan Antara Kontrol Diri dengan Prokrastinasi Akademik dalam Mengerjakan Skripsi pada Mahasiswa Universitas Islam Riau. Universitas Islam Riau.

Sulastry, D. (2018). Hubungan Self Control dengan Kenakalan Peserta Didik Kelas X TPM di SMAN 3 Padang.

Talawi, S. (2022). Dengan Disiplin Belajar pada Siswa Diajukan untuk Memenuhi Sebagian Persyaratan dalam Memperoleh Gelar Sarjana Psikologi Universitas Medan Area Fakultas Psikologi Universitas Medan Area.

Tangney, J. P., Boone, A. L., & Baumeister, R. F. (2004). High Self-Control Predicts Good Adjustment, Less Pathology, Better Grades, and Interpersonal Success. In Self-regulation and self-control (pp. 173–212). Routledge.

Ulum, M. I. (2016). Strategi Self-Regulated Learning untuk Menurunkan Tingkat Prokrastinasi Akademik Siswa. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 3(2), 153–170.

Westri, P. (2016). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Diskusi melalui Pendekatan Konseling Behavioristik untuk Mengatasi Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Tasikmadu Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 16(2).

Wibowo, R. F., & Setyowan. (2014). Self Efficacy dan Prokrastinasi pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Surabaya. CALYPTRA, 3(1), 1–11.

Wicaksono, A. (2017). Pessngkajian Prosa Fiksi (Edisi Revisi). Garudhawaca.

Downloads

Published

2024-10-24

How to Cite

Wulandari, S. ., Zulkifli, Z., & Yuliani, R. R. . (2024). HUBUNGAN SELF CONTROL DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK PESERTA DIDIK KELAS XI TPM DI SMKN 5 PADANG. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 15152–15159. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.33833

Most read articles by the same author(s)