MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN WINDOW SHOPPING DI TK IBNU SINA KOTA PEKANBARU
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i1.870Keywords:
Kemampuan berbicara, window shoppingAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berbicara anak usia 4-5 tahun di TK Ibnu Sina Kota Pekanbaru. Metode penelitian ini penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini berjumlah 13 anak usia 4-5 tahun di TK Ibnu Sina Kota Pekanbaru. Hasil penelitian ini adalah secara umum kemampuan berbicara anak usia 4-5 tahun di TK Ibnu Sina termasuk kategori rendah. Artinya,kemampuan berbicara anak-anak di TK Ibnu Sina masih ada yang kurang jelas dananak juga memilikikepercayaan diri yang kurang saat disuruh kedepan.Penerapan model pembelajaran window shopping ini menggunakan media-media yang membuat anak tertarik dalam kemampuan berbicara seperti maket kelompok tentang rekreasi, presentasi hasil karya kelompok, bercerita tentang hasil karya didepan kelas.Kemampuan berbicara anak sangat dapat ditingkatkan dengan model pembelajaran window shopping ini termasuk pembelajaran yang baru bagi anak dan memiliki tingkatan yang baik setiap siklusnyaDalam pengujian hipotesis dapat dilihat peningkatannya yang diperoleh dari setiap siklusnya. Dimana peningkatan kemampuan berbicara yang diperoleh dari sebelum dilakukan tindakan ke siklus 1 sangat meningkat sebesar 55,81% sedangkat peningkatan kemampuan berbicara dari siklus I ke siklus II sebesar 40.06% dan secara keselurahan peningkatan kemampuan berbicara anak dari data awal ke siklus II sebesar 82.41%.References
Agus Suprijono. 2009. Cooperative Learning.Surabaya:Pustaka pelajar
Aqid Zainal, 2013. Model-model dan strategi pembelajaran, kontekstual (inovatif). Bandung: Yrama Widya.
Arikunto Suharsimi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta:Sinar Grafika
Agus Suprijono. (2015). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Arikunto Suharsimi, Dkk. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Dhieni Nurbiana, Dkk. (2011). Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka
Jurnal Lingkar Widyaswara Edisi 04 No. 03 Juli-September 2017 Jurnal Penelitian
Pendidikan Indonesia (JPPI) Vol 2 No.2, April 2017
Permendikbud. 2014. Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini No.137. Jakarta: Permendikbud
Rita Kurnia, 2012. Evaluasi Pembelajaran Anak Usia Dini. Cindekia insani,Pekanbaru
Robert ESlavin, 2010.Cooperative Learning Teori, Riset Dan Praktik.Bandung: NusaMedia.
Sukiman, 2012. Pengembangan MediaPembelajaran.Yogyakarta: Pustaka InsanMadani.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Administrasi. Jakarta; Alfabeta
Suryadi. (2012). Panduan penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Diva Pres
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Berbicara. Bandung; Angkasa
YulianiNurainiSujiono,2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini.Indeks Jakarta
Zuriah. 2005.Rancangan Penelitian Eksperimen. Bandung:Alfabet