PENGEMBANGAN SOFT SKILL MAHASISWA MELALUI ORGANISASI EKSTERNAL
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i3.51088Keywords:
Soft Skill, Organisasi Mahasiswa.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pengetahuan dan informasi bedasarkan data yang tepat, valid, serta dapat dipercaya yang berhubungan dengan Pengembangan Soft Skill Mahasiswa Melalui Organisasi Eksternal (Survey Mahasiswa Universitas Islam Jakarta yang Mengikuti Organisasi Eksternal). Tujuan dan Sasaran pengembangan Soft Skill Mahasiswa tidak hanya pada ranah kognitif saja, melainkan harus berdampak terhadap ranah afektif yang berupa sikap dan prilaku pada Mahasiswa dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini tentu harus di intregasikan dan terefleksikan melalui keteladanan (Uswah Hasanah), pembiasaan (Habit) dan pengkondisian lingkungan serta kegiatan-kegiatan yang bersifat spontanitas maupun kegiatan yang terprogram. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya partisipasi mahasiswa UIJ dalam organisasi eksternal dan hanya mengikuti organisasi internal saja, yang mengakibatkan banyak di antara mereka belum menyadari pentingnya serta besarnya manfaat yang dapat diperoleh dari keikutsertaan dalam kegiatan tersebut. Padahal, keterlibatan dalam organisasi eksternal dapat menjadi sarana efektif untuk mengembangkan berbagai soft skill, seperti publik speaking, problem solving, dan social relation, dengan jangkauan yang lebih luas. Fenomena yang terjadi menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa lebih memilih berfokus pada perkuliahan saja, kemudian langsung pulang, tanpa memanfaatkan peluang berorganisasi sebagai wadah pengembangan diri di luar kegiatan akademik. Adapun metode yang digunakan dalam penyusunan penelitian ini yaitu dengan menggunakan metode deskriptif analitik serta mengambil data melalui studi kepustakaan (Library Reaserch). Sedangkan pendekatan yang penulis lakukan adalah dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode content analisis, yaitu dengan cara menganalisis Urgensi Pengembangan Soft Skill Mahasiswa melalui Organisasi Eksternal. Serta mengkaji sumber-sumber lain yang berkaitan dengan judul. Adapun hasil yang didapatkan dari penyusunan penelitian ini adalah: Organisasi Eksternal mempunyai peranan penting dalam pengembangan Public Speaking, Problem Solving dan Sosial Relation, karena Organisasi Eksternal merupakan salah satu wadah atau lembaga pendidikan bahkan sebagai lembaga pendidikan yang harus menaruh perhatian yang mendalam dalam pendidikan Mahasiswa di dalam pertumbuhan jasmani dan rohaninya dengan memberi dasar nilai-nilai Keorganisasian yang akan menjadi pedoman kehidupan baginya dalam berorganisasi. Jadi Pengembangan Soft Skill Mahasiswa melalui Organisasi Eksternal, sangat memiliki peranan penting dan dapat mempengaruhi sukses atau tidaknya mahasiswa dalam studi dan karirnya kelak.References
Anggito, Albi, Dan Johan Setiawan. Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak, 2018.
Ayaturrahman, Jaisya Dafa Dan Isti Raahayu. “Dampak Soft Skill Terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa Di Era Industri 4.0.” NCAF: Proceeding Of National Conference On Accounting & Finance Vol. 5 (2023): 169-175.
Baskoro Hadi, Elemen Internalisasi Soft Skill & Elemen Hard Skill Untuk SMK Kompetensi Akuntansi Dan Keuangan Lembaga Fase F, (Sukoharjo: Pradina Pustaka, 2024)
Blegur, Jusuf. Soft Skill Untuk Prestasi Belajar. Surabaya: Scopindo Media Pustaka, 2020.
Hairina, Yulia, Et Al. Interpersonal Skill Pengembangan Diri Yang Unggul. Yogyakarta: PT Nas Media Indonesia, 2023.
Kamaludin, et al. “Pengembangan Soft Skill dalam Perspektif Perguruan Tinggi Maritim.” Jurnal Ilmiah Kemaritiman Nusantara Vol. 1, No. 1 (2021): 2.
Kementerian Agama RI, Qurán Kemenag Al-Qurán Al-Karim,Lajnah Pentashihan mushaf Al-Qur'an Gedung Bayt Al-Qur`an & Museum Istiqlal, Copyright © 2022 - All Rights Reserved - LPMQ
Majid, Abdul. Analisis Data Penelitian Kualitatif. (Makassar: Aksara Timur, 2017).
Mamik. Metodologi Kualitatif. Sidoarjo: Zifatama Publisher, 2015.
Glory Simarmata, Ingin Cepat Kerja, (Yogyakarta: CV Andi Offset, 2022)
Julduz R. Paus Dan Mint H. R. Aditama, Pengembangan Hard Skill Dan Soft Skill: Implementasi Ragam Keterampilan & Pelatihan Dasar Dalam Pendidikan Non-Formal, (Yogyakarta: Deepublish, 2023)
Jusuf Blegur, Soft Skill Untuk Prestasi Belajar, (Surabaya: Scopindo Media Pustaka, 2020)
Karyanto, Manajemen Sekolah Unggul Berbasis Soft Skill, (Indramayu: CV Adanu Abimata, 2022)
Penyusun, Tim. Petunjuk Teknis Penulisan Skripsi. Fakultas Agama Islam Universitas Islam Jakarta, tahun 2024
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2016.
Sujak Dan Zainal Aqib, Pentingnya Pendidikan Karakter Bagi Peserta Didik Di Sekolah, (Yogyakarta: CV Andi Offset, 2022)
Yulia Hairina, Et Al., Interpersonal Skill Pengembangan Diri Yang Unggul (Yogyakarta: PT Nas Media Indonesia, 2023)
Tanjak: Jurnal Sejarah Dan Peradaban Islam, Vol. 3 No. 2, 2023 202 Sejarah Masuknya Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia Di Uin Raden Fatah Palembang, Rama Saputra, Uin Raden Fatah Palembang Https://Jurnal.Radenfatah.Ac.Id/Index.Php/Tanjak/Article/Download/24500/7734/75499 )
Jurnal Perspektif: Jurnal Kajian Sosiologi Dan Pendidikanvol. 2No. 3Tahun2019 Organisasi Eksternal Kampus Sebagai Wadah Pengembangan Soft Skill Mahasiswa, Elsa Ardiana1, Eka Vidya Putra2, Universitas Negri Padang (Https://Perspektif.Ppj.Unp.Ac.Id/Index.Php/Perspektif/Article/View/100 )
Jurnal Pmii-Dalam-Simpul-Simpul-Sejarah-Perjuangan, Fauzan Alfas Tahun 2015 (Https://Archive.Org/Details/Fauzan-Alfas-Pmii-Dalam-Simpul-Simpul-Sejarah-Perjuangan-2015-Edited )
Jurnal Sejarah Pegerakan Mahasiswa Islam Indonesia- PMII, M Dalhar Tahun 2012, Universitas Sebelas Maret (Https://Digilib.Uns.Ac.Id/Dokumen/Download/26154/NTU0NzQ=/Sejarah-Pergerakan-Mahasiswa-Islam-Indonesia-PMII-Cabang-Kota-Surakarta-Tahun-1997-2004-M.Pdf )
Jurnal Perkembangan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Kota Banda Aceh Tahun 1962-1998, Andi Kurniawan, Husaini , Zainal Abidin, Tahun 2017 ( Https://Jim.Usk.Ac.Id/Sejarah/Article/View/5872 )
Jurnal Peran Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Surabaya Dalam Penerimaan Asas Tunggal Pancasila Berdasar Sumber Lisan Para Kader, Vivi Yunita Aisyah Tahun 2014, Universitas Negri Surabaya (Https://Ejournal.Unesa.Ac.Id/Index.Php/Avatara/Article/View/4355/6751 )
Jurnal Pendidikan dan Pengajaran / Vol 6 No 2 (2023): El Banar :” Pengaruh Partisipasi Pendidik Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Di MA Sejahtera Pare Pembentukan Karakter Peserta Didik”. Penulis: Nadiah Universitas Islam Jakarta , Maria Ulfah Universitas Islam Jakarta, Putri Salsabil Universitas Islam Jakarta (https://ojs.staibanisaleh.ac.id/index.php/ElBanar/article/view/158
Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME): “Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Studi Survey di SMK Bina Pangudi Luhur Jakarta”, penulis: Siti Nur Khofifah1, Maria Ulfah2. Vol. 9. No. 3 Agustus 2023, p-ISSN : 2442-9511, e-2656-5862, DOI : 10.58258/jime.v9i1.5763/http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME
Jurnal Sains dan Teknologi, Volume 5 No. 1 | September 2023 |pp: 416 – 423, E-ISSN : 2714-8661| DOI : https://doi.org/10.55338/saintek.v5i1.1401: “Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar (Survei di SMA Pelita Tiga Jakarta), by: Lulu Ilmaknun 1, Maria Ulfah, Prodi Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Jakarta. (http://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/saintek/article/view/1401/1180)
Jurnal Pendidikan dan Studi Islam : Al-Ubudiyah: (Journal of Educaton and Islamic Studies): “Pengaruh Penggunaan Media Sosial terhadap Perkembangan Belajar Peserta Didik: Sebuah Survey di SMK Bina Pangudi Luhur Jakarta”. Penulis: Fadlan Hawari Fachrully1 , Firdaus2 , Maria Ulfah3 , Nadia4 Universitas Islam Jakarta1, 2, 3, 4. (https://jurnal.staiddimakassar.ac.id/index.php/aujpsi
Journal Education Innovation, E-ISSN: 3026-1678, Vol: 2, Nomor: 1, Januari 2024, Hal: 152-162, : “Implementasi Perencanaan Media Pembelajaran, Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 2 Jakarta”. Penulis: Iqbal Abdul Kholiq1*, Maria Ulfa2, 1,2 Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Jakarta, Indonesia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Azka Yanal Hidayat, Maria Ulfah, Kunaenih Kunaenih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




