PEMANFAATAN CHATGPT SEBAGAI SUMBER INFORMASI DALAM MENYELESAIKAN TUGAS AKADEMIK (STUDI KASUS MAHASISWA PROGRAM STUDI PII TAHUN 2021)

Authors

  • Fadhli Nugraha Syafitra Universitas Negeri Padang
  • Rini Asmara Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.44815

Keywords:

Tugas Akademik, Sumber Informasi, ChatGPT, Technology Acceptance Model (TAM)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami pemanfaatan ChatGPT sebagai sumber informasi dalam menyelesaikan tugas akademik mahasiswa di Universitas Negeri Padang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan pendekatan survei terhadap 60 mahasiswa Program Studi Perpustakaan dan Ilmu Informasi angkatan 2021 yang pernah menggunakan ChatGPT, dengan teknik pengambilan purposive sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner berdasarkan model Technology Acceptance Model (TAM) dan dianalisis menggunakan regresi linear sederhana dan berganda, uji F, uji t, serta uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi kemudahan penggunaan (Perceived Ease of Use) berpengaruh positif dan signifikan terhadap persepsi kebermanfaatan (Perceived Usefulness). Lebih lanjut, persepsi kebermanfaatan dan persepsi kemudahan penggunaan secara simultan dan parsial berpengaruh signifikan terhadap niat untuk menggunakan (Intention to Use), di mana persepsi kebermanfaatan memiliki pengaruh yang lebih besar. Akhirnya, niat untuk menggunakan memiliki pengaruh yang kuat dan signifikan terhadap penggunaan aktual (Actual Use) ChatGPT dalam menyelesaikan tugas akademik. Penelitian menyimpulkan bahwa pemanfaatan ChatGPT sebagai sumber informasi efektif karena kemudahan dan kebermanfaatannya dirasakan oleh mahasiswa, yang mendorong niat dan akhirnya penggunaan aktual

References

Baker, R. S. (2021). Artificial intelligence in education: Bringing it all together. Digital Education Outlook: Pushing the Frontiers with AI, Blockchain, and Robots, 43–54.

Cahyanto, H. N., Pamungkas, P., & Zulkarnain, O. (2024). Pengaruh Penggunaan ChatGPT Terhadap Kemandirian Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Tugas Akademik. PREPOTIF: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 8(1), 930-935.

CNN Indonesia. (2024, September 5). Warga Indonesia banyak pakai ChatGPT, tertinggi di Asia Tenggara. CNN Indonesia. https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20240904181515-185-1141027/warga-indonesia-banyak-pakai-chatgpt-tertinggi-di-asia-tenggara

Davis, F. D. (1989). Technology acceptance model: TAM. Al-Suqri, MN, Al-Aufi, AS: Information Seeking Behavior and Technology Adoption, 205(219), 5.

De la Vega Hernández, I. M., Urdaneta, A. S., & Carayannis, E. (2023). Global bibliometric mapping of the frontier of knowledge in the field of artificial intelligence for the period 1990–2019. Artificial Intelligence Review, 56(2), 1699–1729. https://doi.org/10.1007/s10462-022-10206-4

Fahlevi, P., Octaviani, A., & Dewi, P. (2020). Analisis Aplikasi Ijateng Dengan Menggunakan Teori Technology Acceptance Model (TAM). Jurnal Ilmu Perpustakaan, 8(2), 103–111.

Kalla, D., & Kuraku, S. (2023). Study and Analysis of Chat GPT and its Impact on Different Fields of Study. International Journal of Innovative Science and Research Technology, 8(3). www.ijisrt.com

Marikyan, D., & Papagiannidis, S. (2023). Technology Acceptance Mode: A review. TheoryHub Book, 6, 2023.

Ramadhan, F. K., Faris, M. I., Wahyudi, I., & Sulaeman, M. K. (2023). Pemanfaatan Chat GPT dalam dunia pendidikan. Jurnal Ilmiah Flash, 9(1), 25-30.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D (26th ed.). Alfabeta.

Wibowo, T. U. S. H., Akbar, F., ilham, S. R., & Fauzan, M. S. (2023). Tantangan dan Peluang Penggunaan Aplikasi Chat GPT Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Sejarah Berbasis Dimensi 5.0. JURNAL PETISI (Pendidikan Teknologi Informasi), 4(2), 69–76. Retrieved from https://e-journal.unimudasorong.ac.id/index.php/jurnalpetisi/article/view/782

Downloads

Published

2025-04-23

How to Cite

Syafitra, F. N., & Asmara, R. (2025). PEMANFAATAN CHATGPT SEBAGAI SUMBER INFORMASI DALAM MENYELESAIKAN TUGAS AKADEMIK (STUDI KASUS MAHASISWA PROGRAM STUDI PII TAHUN 2021). Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(2), 4561–4570. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.44815

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.