ANALISIS KESALAHAN PENULISAN EJAAN PADA KARYA ILMIAH MAHASISWA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.46869Keywords:
Ejaan, Latar Belakang, Tugas AkhirAbstract
Latar belakang peneltian ini adalah adanya ketentuan dalam membuat karya ilmiah . Ketentuan itu adalah penggunaan ejaan sesuai ketentuan. Penggunaan ejaan telah diatrur dalam Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indoenesia. Studi kasus dalam penelitian ini adalah adanya kesalahan ejaan yang dilakukan mahasiswa Program Studi Teknik Listrik Bandara dalam membuat karya ilmiah.Tujuan penelitian ini untuk mengurangi kesalahan penggunaan ejaan dalam pembuatan kaliamat efektif saat menyusun karya ilmiah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif ekploratif berdasarkan langkah-langkah yang disusun oleh Sugiyono. Metode ini dipilih karena memudahkan peneliti untuk mengukur dan menganalisis data secara obyektif, sehingga menghasilkan penemuan yang dapat dijadikan acuan untuk menarik kesimpulan. Hasil dan pembahasan mengahsilkan data kesalahan yang dilakukan mahasiswa dalam membuat latar belakang karya ilmiah tugas akhir. Meliputi kesalahan tanda baca 16%, Kesalahan kata baku 16,5%, kesalahan huruf kapital 25,9%, kesalahan teks dan bilangan 11,5%, kesalahan kata depan 18,1%, kesalahan kata berimbuhan 10, 3%, serta kesalahan gabungan kata 1,6%. Kesimpulan penelitian terdapat kesalahan dalam penulisan latar belakang tugas akhir dengan keslaahn terbanyak pemakaian huruf kapital.dan kesalahan terkecil penulisan gabungan kata.References
Ariani, N. (2022). Peningkatan Kompetensi Berbahasa Indonesia melalui Analisis Kesalahan Ejaan. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 11(1), 67–75.
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. (2022). Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI). Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. https://badanbahasa.kemdikbud.go.id
Chaer, A. (2015). Linguistik Umum (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.
Damayanti, N. R. (2017). Kesalahan Berbahasa dalam Skripsi Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 5(1), 45–56.
Fajarya, H. (2016). Analisis Kesalahan Berbahasa dalam Karya Ilmiah Mahasiswa. Jakarta: Edupress.
Herlina, S., & Sumarlam. (2019). Kesalahan Berbahasa dalam Karya Ilmiah Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 6(2), 115–123. https://doi.org/10.26499/bs.v6i2.1512
Kusumawardani, A. (2018). Analisis Kesalahan Ejaan Mahasiswa dalam Penulisan Tugas Akhir. Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra, 8(2), 101–113.
Mulyadi, D., & Purwoko, S. (2020). Efektivitas Penggunaan Ejaan dalam Penulisan Karya Ilmiah Mahasiswa. Jurnal Lingua, 15(2), 145–153. https://doi.org/10.24843/LJ.2020.v15.i2.p3
Nasution, N. (2020). Komunikasi Digital dan Tantangannya di Era Teknologi. Jurnal Komunikasi dan Media, 9(1), 22–31.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.
Syamsuddin, M. (2020). Analisis Kesalahan Ejaan dalam Skripsi Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Universitas Negeri Gorontalo. https://repository.ung.ac.id/assets/upload/83072-analisis-kesalahan-ejaan-dalam-skripsi-mahasiswa-pendidikan-bahasa-dan-sastra-indonesia.pdf
Wijaya, R., & Wulandari, N. (2018). Analisis Penggunaan Kalimat Efektif pada Karya Tulis Mahasiswa. Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(1), 45–54.
Yulia, M., & Nugroho, R. (2021). Analisis Penguasaan Kaidah Bahasa Indonesia dalam Penulisan Makalah. Jurnal Pendidikan dan Bahasa, 9(3), 233–240. https://doi.org/10.31004/jpb.v9i3.1124
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rubby Soebiantoro

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




