PERANAN GURU DALAM MEMBINA KESEHATAN MENTAL PADA PESERTA DIDIK DI SMA ISLAM AL-MA’RUF JAKARTA

Authors

  • Muhammad Noval Universitas Islam Jakarta
  • Firdaus Suhaimi Universitas Islam Jakarta
  • Kunaenih Kunaenih Universitas Islam Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i3.50249

Keywords:

Peranan Guru, Kesehatan Mental

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan kesehatan mental pada remaja saat ini menjadi isu yang semakin mengkhawatirkan, termasuk di lingkungan pendidikan seperti SMA Islam Al-Ma’ruf Jakarta, yang menunjukkan adanya tekanan psikologis pada sebagian peserta didiknya. Dalam situasi ini, peranan guru menjadi sangat penting, bukan hanya sebagai pendidik kepada peserta didik, tetapi juga sebagai pembina kesehatan mental. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisa bagaimana peranan guru dalam membina kesehatan peserta didik.  Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi serta studi kasus, yang berfokus pada pengalaman dan peranan guru dalam membina kesehatan mental peserta didik di SMA Islam Al-Ma’ruf Jakarta. Teknik pengumpulan datanya melalui wawancara, observasi langsung, serta dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan proses reduksi data, penyajian data, dan validasi atau menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memiliki peranan sangat penting dalam pembinaan kesehatan mental pada peserta didik, seperti guru sebagai detektor awal gangguan mental, sebagai teladan dalam sikap dan perilaku, sebagai pendamping emosional, dan sebagai pusat konseling, serta sebagai fasilitator kegiatan positif dengan pendekatan religius. Tantangan kesehatan mental yang dihadapi peserta didik di SMA Islam Al-Ma’ruf Jakarta berasal dari faktor internal dan eksternal, yang berpengaruh pada proses belajar dan perkembangan pribadi mereka. Oleh karena itu, diperlukan pelatihan khusus bagi guru agar mampu memahami dan menangani permasalahan kesehatan mental peserta didik secara lebih efektif.

References

Adventinawati, M. K. (2025). Pencegahan Kesehatan Mental dalam Upaya Mengurangi Stigma Kesehatan Mental di Masyarakat. Hukum Inovatif: Jurnal Ilmu Hukum Sosial Dan Humaniora, 2(1), 110–116. https://doi.org/https://doi.org/10.62383/humif.v2i1.1010

Ahmad, M. Y., & Siregar, B. (2015). Guru Profesional Menurut Imam Al-Ghazali dan Buya Hamka. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 12(1), 21–45. https://doi.org/10.25299/jaip.2015.vol12(1).1446

Akbar Maulana, & Suprapto. (2024). Pengaruh Kompetensi Guru terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 5(1), 207–217. https://doi.org/10.55623/au.v5i1.319

Andini Rahmawati, & Syahrullah. (2024). Pengaruh Kompetensi Guru terhadap Keberhasilan Proses Pembelajaran (Studi Survei di SMK Nurul Iman Jakarta). Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 5(2), 114–123. https://doi.org/10.55623/au.v5i2.347

Anggraini, Y. (2023). Hubungan Kecemasan Belajar Siswa Pasca Daring dengan Kesehatan Mental di MTS Cerdas Murni Tembung. In Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/20087

Anwar, A. S. (2020). Pengembangan Sikap Profesionalisme Guru melalui Kinerja Guru pada Satuan Pendidikan MTS Negeri 1 Serang. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 147–173. https://doi.org/10.36671/andragogi.v2i1.79

Anwar, F., & Julia, P. (2021). Analisis Strategi Pembinaan Kesehatan Mental oleh Guru Pengasuh Sekolah Berasrama di Aceh Besar Pada Masa Pandemi. Jurnal Edukasi: Jurnal Bimbingan Konseling, 7(1), 64–83. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/cobaBK/article/view/10905

Ariadi, P. (2019). Kesehatan Mental dalam Perspektif Islam. Syifa’ MEDIKA: Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan, 3(2), 118. https://doi.org/10.32502/sm.v3i2.1433

Asmarany, A. I., Aski Marissa, Agung, P. W., Ni, Nyoman Ari Indra Dewi Muhammad, S. I., Nova, Y. P., Puspitafuri, C., Pasaribu, W., & Ririn, L. (2025). Psikologi dan Kesehatan Mental (P. T. Cahyono (ed.); 1st ed.). Cendikia Mulia Mandiri. https://books.google.co.id/books?id=5xA-EQAAQBAJ&lpg=PA1&ots=YimGtWp9Iu&dq=PSIKOLOGI DAN KESEHATAN MENTAL&lr&hl=id&pg=PA1#v=onepage&q=PSIKOLOGI DAN KESEHATAN MENTAL&f=false

Aviatin, R., Robandi, B., & Komalasari, Y. (2023). Keteladanan Guru dalam Mendidik Peserta Didik. Pendidikan Indonesia, 21(1), 259–264. https://journal.penerbitjurnal.com/index.php/educational/article/download/35/28

Bikriyah, N. (2020). Pengaruh Media Sosial terhadap Kesehatan Mental Mahasiswa. Jurnal Psikologi Dan Konseling West, 1(1), 19–30. https://wnj.westscience-press.com/index.php/jpkws/article/download/180/88

Buchari Agustini. (2018). Peran Guru Dalam Pengelolaan Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Iqra, 12, 1693–5705. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30984/jii.v12i2.897

Daulay, M. (2018). Urgensi Bimbingan Konseling Islam dalam Membentuk Mental yang Sehat. Hikmah, 12(1), 146–159. https://doi.org/https://doi.org/10.24952/hik.v12i1.859

Dewi, D. E. C., Tanjua, A. L., Puspasari, N., Nugraha, H., & Meylindo, D. (2024). Kinerja Guru dan Permasalahannya. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Ilmu Pendidikan, 3(4), 161–171. https://doi.org/https://doi.org/10.58192/sidu.v3i4.2729

Dewi, F. C., & Yuniarsih, T. (2020). Pengaruh Lingkungan Sekolah dan Peran Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 5(1), 1–13. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/jpm.v5i1.25846

Dewi, R. D. C. (2024). Empowering Minds Strategi dan Sumberdaya untuk Meningkatkan Kesehatan Mental di Kalangan Anak Sekolah dan Mahasiswa (1st ed.). Ruang Karya. https://sipora.polije.ac.id/34448/1/EMPOWERING MINDS.pdf

Fachrully, F. H., Firdaus, Maria, & Nadia. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Sosial terhadap Perkembangan Belajar Peserta Didik: Sebuah Survei di SMK Bina Pangudi Luhur Jakarta. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 5(1), 268–279. https://doi.org/https://doi.org/10.55623/au.v5i1.345

Fakhriyani, D. V. (2019). Kesehatan Mental. In M. Thoha (Ed.), Duta Media Publishing. https://www.researchgate.net/profile/Diana-Fakhriyani/publication/348819060_Kesehatan_Mental/links/60591b56458515e834643f66/Kesehatan-Mental.pdf

Fuad, I. (2016). Menjaga Kesehatan Mental Perspektif Al-Qur’an dan Hadits. Journal An-Nafs: Kajian Penelitian Psikologi, 1(1), 31–50. https://ejournal.uit-lirboyo.ac.id/index.php/psikologi/article/view/245

H.M. Syarafudin dan Hastuti Diah Ikawati. (2020). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Profesionalisme Guru. Jurnal Cahaya Mandalika ISSN 2721-4796 (Online), 1(2), 47–51. https://doi.org/10.36312/jcm.v1i2.87

Hadi, F. N., & Ulfah, M. (2024). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Memotivasi Belajar Siswa di SMP Negeri 194 Jakarta. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(6), 222–231. https://doi.org/10.59141/japendi.v5i6.2875

Hanaris, F. (2023). Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa: Strategi dan Pendekatan yang Efektif. Jurnal Kajian Pendidikan Dan Psikologi, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.61397/jkpp.v1i1.9

Handayani, E. S. (2022). Kesehatan Mental (Mental Hygiene). In A. R. Ridhani (Ed.), Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin (1st ed.). https://eprints.uniska-bjm.ac.id/10851/1/kesehatan mental.pdf

Hidayatullah, R. (2018). Faktor-faktor yang Memengaruhi Kinerja Guru IPS SMP dan MTS di Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng. Jurnal Universitas Negeri Makassar, 1(1), 1–21. http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11556

Humna Kamila, & Nahuda. (2024). Peran Guru dalam Pembentukan Karakter Siswa pada Program Tadarus Tahfidz dan Dhuha (TTD) di MAN 2 Jakarta. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 5(2), 105–113. https://doi.org/10.55623/au.v5i2.350

Ilahi, N. W., & Imaniyati, N. (2016). Peran Guru Sebagai Manajer dalam Meningkatkan Efektivitas Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 99. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3343

Israfil. (2020). Dimensi Sosial Budaya dan Lingkungan Kesehatan Mental. Institut Teknologi Dan Kesehatan Bali, 311–323. https://www.researchgate.net/publication/365486691_DIMENSI_SOSIAL_BUDAYA_DAN_LINGKUNGAN_KESEHATAN_MENTAL

Izhar. (2019). Peranan Guru dan dalam Pembelajaran Berkarakter di Era Revolusi Industri 4.0. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), 2(1), 1096–1100. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/421

Judrah, M., Arjum, A., Haeruddin, & Mustabsyirah. (2024). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik. Journal of Instructional and Development Researches, 4(1), 25–37. https://doi.org/https://doi.org/10.53621/jider.v4i1.282

Khaira, W. (2023). Faktor Penyebab Stres Akademik Siswa Remaja. FITRAH: International Islamic Education Journal, 5(1), 123–135. https://doi.org/https://doi.org/10.22373/fitrah.v5i1.2992

Lestari, F., Guntari, L., Lestari, I. D., Darmi, Y., Sartika, A., Sonita, A., Ekowati, S., Diana, D., & Muntahanah, M. (2022). Bahaya Gadget dalam Pengaruh Kesehatan Mental dan Akhlak Pada Remaja di MTS Negri 2 Bajak 1 Taba Penanjung. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (JIMAKUKERTA), 2(3), 546–551. https://doi.org/10.36085/jimakukerta.v2i3.4299

Lutfiah, Hanah., N. (2024). Kesehatan mental dalam Perspektif PAI Analisis Kritis Al- Quran Surah Ar-Rad Ayat 28. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(3), 11071–11075. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/32209

Magomedova, A., & Fatima, G. (2025). Mental Health and Well-Being in the Modern Era: A Comprehensive Review of Challenges and Interventions. Cureus, 17(1), e77683. https://doi.org/10.7759/cureus.77683

Manizar, E. (2015). Peran Guru Sebagai Motivator dalam Belajar. Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. 1(No. 2), 171. jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/Tadrib/article/view/1047

Marianty, D., Hidayati, A., Widodo, P. B., & Diponegoro, U. (2025). Peran Guru dan Upaya Sekolah dalam Menangani Kesehatan Mental Siswa di Indonesia: Tinjauan Literatur Sistematis. Jurnal Psikologi Ar-Raniry, 3(1), 49–63. https://doi.org/https://doi.org/10.22373/fjpa.v3i1.587

Mawa, H. A., Lawe, Y. U., & Mawa, G. (2024). Peran Guru Kelas dalam Melaksanakan Pembelajaran Sesuai Kebutuhan Siswa pada Kelas IV Implementasi Kampus Mengajar Angkatan 7 di SDK Gero. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(4), 15. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i4.846

Muhammad, F. F., & Suprapto. (2024). Strategi Guru PAI dalam Penanaman Nilai-Nilai Akhlak Peserta Didik di MTS Negeri 6 Jakarta. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 5(1), 218–224. https://doi.org/https://doi.org/10.55623/au.v5i1.318

Munawir, M., Erindha, A. N., & Sari, D. P. (2023). Memahami Karakteristik Guru Profesional. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1), 384–390. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1.1108

Munawir, Salsabila, Z. P., & Nisa’, N. R. (2022). Tugas, Fungsi dan Peran Guru Profesional. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 8–12. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i1.327

Muqtashida, T., & Bachri, S. (2025). Menjadi Guru yang Efektif: Penelusuran Strategi Pengajaran Guru yang Berhasil dalam Membangun Hubungan Emosional yang Kuat dengan Siswa. Ournal of Innovation and Teacher Professionalism, 3(1), 176–181. https://doi.org/10.17977/um084v3i12025p176-181

Musyarofah, Suhaimi, Firdaus., & Kunaenih. (2024). Pengaruh Kegiatan Keagamaan terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik Studi Survei di SMK Bina Pangudi Luhur. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 11029–11034. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/32142

Naibaho, D. (2018). Peranan Guru Sebagai Fasilitator dalam Perkembangan Peserta Didik. Jurnal Christian Humaniora, 2(1), 77–86. https://e-journal.iakntarutung.ac.id/index.php/humaniora/article/view/25

Nuraenah, N., Widakdo, G., Naryati, N., Aisyah, A., Fadhillah, H., Adelia, A., & Adelia, M. (2023). Edukasi Kesehatan Mental (Masalah Psikososial) pada Remaja. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), 6(10), 4307–4316. https://doi.org/10.33024/jkpm.v6i10.12155

Nurchamidah, N., Azizah, N., Syafaruddin, B., Hamsah, M., & Rosyad, A. M. (2023). Profesionalisme Guru dalam Perspektif Al-Quran Tafsir Surat Ali Imran Ayat 164. Jurnal Progress: Wahana Kreativitas Dan Intelektualitas, 11(2), 149. https://doi.org/10.31942/pgrs.v11i2.9852

Nurhayati, N. R. (2023). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Keluarga terhadap Kesehatan Mental pada Mahasiswa Rantau UIN Jakarta. In Repository.Uinjkt.Ac.Id. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/73652

Nurtiwiyono, H. (2022). Peran Guru bagi Kesehatan Mental Siswa Sekolah Menengah Atas dalam Proses Mengajar. CONSILIUM Journal : Journal Education and Counseling p-ISSN, 3(2), 97–103. https://doi.org/10.36841/consilium.v3i2.3509

Pangestu, S. P., Sulaeman, M., & Irsyadiah, N. (2024). Pengaruh Pembelajaran terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik Survey di SMK Negeri 26 Jakarta. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(3), 11084–11093. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/32221

Panggabean, D. S., Nisa, K., & Perdani, A. (2025). Pelatihan untuk Pembuatan Website bagi Guru di SD 060970 Medan Belawan. Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia SEAN (ABDIMAS SEAN), 3(1), 21–26. https://doi.org/https://doi.org/10.58471/abdimassean.v3i01.637

Pasaribu, B. S., Herawati, A., Utomo, K. W., & Aji, R. H. S. (2022). Metodologi Penelitian untuk Ekonomi dan Bisnis. In A. Muhaimin (Ed.), UUP Academic Manajemen Perusahaan YKPN (1st ed.). Media Edu Pustaka. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/65013/1/Metodologi Penelitian.pdf

Prasetyo, H. (2019). Menjadi Guru yang Hebat dan Menyenangkan (A. Rahmawati (ed.); 1st ed.). Penerbit Duta. https://books.google.co.id/books/about/Menjadi_Guru_yang_Hebat_dan_Menyenangkan.html?id=85mxDwAAQBAJ&printsec=frontcover&source=gb_mobile_entity&hl=id&newbks=1&newbks_redir=0&gboemv=1&ovdme=1&gl=ID&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false

Rahman, H., Kencana, R., & NurFaizah. (2020). Pengembangan Nilai Moral dan Agama Usia Dini: Panduan bagi Orang Tua, Guru, Mahasiswa, dan Praktisi PAUD (R. Astuti (ed.)). Edu Publisher. https://books.google.co.id/books?id=vRoMEAAAQBAJ&lpg=PA1&hl=id&pg=PA1#v=onepage&q&f=false

Ridhwan, M. (2025). Psikologi Pendidikan. In Buku Ajar Pendidikan (1st ed., pp. 112–115). Sastra, Andar Indra.

Rizaty, M. A. (2022). Survei: 1 dari 3 Remaja Indonesia Punya Masalah Kesehatan Mental. DataIndonesia.ID. https://dataindonesia.id/kesehatan/detail/survei-1-dari-3-remaja-indonesia-punya-masalah-kesehatan-mental

Rozali, Y. A., Sitasari, N. W., & Lenggogeni, A. (2021). Meningkatkan Kesehatan Mental di Masa Pandemic. Jurnal Pengabdian Masyarakat AbdiMas, 7(2). https://doi.org/10.47007/abd.v7i2.3958

Safitri, D. (2019). Menjadi Guru Profesional (S. Anwar (ed.); 1st ed.). PT. Indragiri Dot Com. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=glDGDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA137&dq=#v=onepage&q&f=false

Saifunnur, M. A., Shanie, A., Maulvi, Z. A., Maula, A. I., Zadha, N., Maulina, A. R., & Ramadhani, A. F. (2025). Peran Guru PAI dalam Menjaga Kesehatan Mental Peserta Didik di SDN Tambakaji 03 Bringin Semarang. Socius: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 02(12), 138–146. https://ojs.daarulhuda.or.id/index.php/Socius/article/view/1628

Salsabilah, A. S., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Peran Guru dalam Mewujudkan Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7158–7163. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2106

Sanusi. (2023). Pentingnya Mengutamakan Kesejahteraan Mental Siswa bagi Puncak Pencapaian Pedagogis. EDUCHILD: Jurnal Pendidikan Islam Usia Dini, 4(1), 14–31. https://ejournal.iain-bone.ac.id/index.php/educhild/article/view/5509

Sarfika, R., Mahathir, M., Malini, H., & Effendi, N. (2023). Sosialisasi Penanganan Kesehatan Mental Siswa pada Guru BK Sebagai Upaya Meningkatkan Layanan BK di Sekolah. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(4), 3419. https://doi.org/10.31764/jmm.v7i4.15905

Sidiq, R., Najuah, Lukitoyo, P. S., & Sherin. (2019). Strategi Belajar Mengajar Sejarah: Menjadi Guru Sukses (J. Simarmata (ed.)). Yayasan Kita Menulis. https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49000/2/Book.pdf

Sopian, A. (2016). Tugas, Peran, dan Fungsi Guru dalam Pendidikan. Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 1(1), 88–97. https://ejournal.stairu.ac.id/index.php/raudhah/article/view/10

Suaini. (2021). Peranan Pendidikan Islam dalam Membina Kesehatan Mental Anak Perspektif Zakiah Daradjat [Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung]. In Pharmacognosy Magazine (Vol. 75, Issue 17). https://repository.radenintan.ac.id/15506/

Suhendra, A. (2018). Analisis Faktor Eksternal Pembelajaran. Darul Ilmi: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 6(2), 1–13. https://doi.org/10.24952/di.v6i2.2790

Supini, P., Gandakusumah, A. R. P., Asyifa, N., Auliya, Z. N., & Ismail, D. R. (2024). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Kesehatan Mental pada Remaja. JERUMI: Journal of Education Religion Humanities and Multidiciplinary, 2(1), 166–172. https://doi.org/10.57235/jerumi.v2i1.1760

Susilawati. (2017). Kesehatan Mental Menurut Zakiah Daradjat [Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung]. In UIN Raden Intan Lampung. https://repository.radenintan.ac.id/1298/

Sya’ban, Z. F., Sutiono, S., & Soraya, S. (2024). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina Kesehatan Mental Siswa MAN 2 Jakarta. Spektra: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 6(1), 110. https://doi.org/10.34005/spektra.v6i1.4147

Waluyo, E. (2017). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina Kesehatan Mental Peserta Didik di Sekolah Dasar Negeri 1 Way Huwi Kecamatan Jatiagung Kab. Lampung Selatan [Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung]. In Doctoral dissertation, IAIN Raden Intan Lampung. https://repository.radenintan.ac.id/166/

Wardhani, R. D. K. (2017). Peran Kesehatan Mental bagi Guru dalam Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA, 193–198. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/view/193-198

Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2896–2910. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/6187

Wijaya, L. (2023). Peran Guru Profesional untuk Meningkatkan Standar Kompetensi Pendidikan. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(6), 1222–1230. https://doi.org/10.58344/jmi.v2i6.273

Zainab, S., Aridhona, J., & Dilariza, S. (2024). Mencari Ruang untuk Diri Sendiri : Menggali Kesehatan Mental melalui Self-Love. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 5(2), 1653–1661. https://www.jabb.lppmbinabangsa.id/index.php/jabb/article/view/1379

Zein, M. (2016). Peran Guru dalam Pengembangan Pembelajaran. Inspiratif Pendidikan, 5(2), 274–285. https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Inspiratif-Pendidikan/article/view/3480

Zulparis, Z., Mubarok, M., & Iskandar, B. (2021). Keterlibatan Orang Tua dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(1), 188–194. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.33292

Downloads

Published

2025-09-10

How to Cite

Noval, M., Suhaimi, F., & Kunaenih, K. (2025). PERANAN GURU DALAM MEMBINA KESEHATAN MENTAL PADA PESERTA DIDIK DI SMA ISLAM AL-MA’RUF JAKARTA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(3), 7481–7492. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i3.50249

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)