MEMBANGUN INTEGRITAS AKADEMIK: STUDI TENTANG ETIKA DALAM PENDIDIKAN TINGGI
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.48223Keywords:
Integritas Akademik, Etika, Pendidikan Tinggi, Mahasiswa, Dosen, PlagiarismeAbstract
Integritas akademik merupakan aspek penting dalam pendidikan tinggi yang menjamin kualitas dan kepercayaan terhadap institusi pendidikan. Jurnal ini membahas tentang pentingnya etika dalam pendidikan tinggi dan bagaimana membangun integritas akademik di kalangan mahasiswa dan dosen. Studi ini menggunakan metode analisis literatur dan studi kasus untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi integritas akademik dan strategi untuk meningkatkannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan kebijakan etika akademik, seperti penggunaan perangkat lunak deteksi plagiarisme, sosialisasi kode etik, dan pendidikan etika, efektif dalam mencegah pelanggaran akademik. Namun, masih diperlukan peningkatan dalam edukasi dan pelatihan berkelanjutan untuk memperkuat budaya integritas. Pembahasan menegaskan pentingnya peran perguruan tinggi dalam menanamkan nilai moral dan etika sebagai fondasi membangun karakter akademik yang jujur dan bertanggungjawab. Penelitian ini memberikan rekomendasi strategis bagi perguruan tinggi untuk terus mengembangkan kebijakan dan program yang mendukung integritas akademik demi meningkatkan kualitas pendidikan dan reputasi institusi.References
Arifin, Z. (2019). Peran Perguruan Tinggi dalam Menanamkan Nilai Etika. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(3), 301-310.
Bertram Gallant, T. (2017). Creating the Ethical Academy: A Systems Approach to Understanding Misconduct and Empowering Change.
Bretag, T. (2016). Challenges in addressing plagiarism in education. PLOS Medicine, 13(12), e1002183.
Fishman, T. (2014). The Fundamental Values of Academic Integrity. International Center for Academic Integrity.
Gallant, T. B. (2008). Academic Integrity in the Twenty-First Century: A Teaching and Learning Imperative. ASHE Higher Education Report, 33(5).
Gallant, T. B. (2008). Academic Integrity in the Twenty-First Century: A Teaching and Learning Imperative.
Lancaster, T., & Clarke, R. (2016). Contract cheating: The outsourcing of assessed student work. In Handbook of Academic Integrity (pp. 639–654). Springer.
McCabe, D. L., Butterfield, K. D., & Treviño, L. K. (2012). Cheating in College: Why Students Do It and What Educators Can Do About It. Johns Hopkins University Press.
McCabe, D. L., Butterfield, K. D., & Treviño, L. K. (2012). Cheating in College: Why Students Do It and What Educators Can Do About It.
Park, C. (2003). In Other (People’s) Words: Plagiarism by University Students—Literature and Lessons. Assessment & Evaluation in Higher Education, 28(5), 471–488.
Sari, N. P. & Sari, I. G. A. M. (2020). Pentingnya Integritas Akademik dalam Dunia Pendidikan Tinggi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 27(2), 112-120.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nurhayati Nurhayati, Ali Usman Rangkuti, Nayla Juwita, Rachmani Maqfiroh, Saskya Jamal, Syofiah Saragi, Witha Suriyani Sitepu

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




