PENGARUH ASISTENSI MENGAJAR DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGAJAR DI UPT SDN 060914 MEDAN SUNGGAL
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.46987Keywords:
Asistensi Mengajar, MBKM, PGSD, Sekolah Dasar, Kompetensi MahasiswaAbstract
Program Asistensi Mengajar merupakan bagian dari kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang bertujuan memberikan pengalaman langsung kepada mahasiswa dalam proses pembelajaran di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kegiatan asistensi mengajar yang dilakukan oleh mahasiswa Program Studi PGSD Universitas Katolik Santo Thomas di SDN 060914 Medan Sunggal pada semester genap tahun akademik 2024/2025. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi, dan refleksi kegiatan lapangan. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa mahasiswa terlibat aktif dalam kegiatan akademik seperti menyusun RPP, mengajar mandiri, membantu koreksi hasil ujian, hingga mendampingi literasi dan evaluasi siswa. Dalam bidang teknologi, mahasiswa memanfaatkan perangkat seperti proyektor dan laptop untuk mendukung proses pembelajaran. Pada aspek non-akademik dan administrasi, mahasiswa berkontribusi dalam dokumentasi nilai, pengarsipan tugas siswa, serta kegiatan kebersihan dan keagamaan sekolah. Kegiatan ini berdampak positif terhadap pengembangan kompetensi pedagogik, sosial, dan kepribadian mahasiswa, serta memberikan kontribusi nyata bagi sekolah mitra dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran dan manajemen kelas. Program ini menjadi wadah implementasi teori ke dalam praktik nyata di lapangan, sekaligus mempererat kerja sama antara perguruan tinggi dan sekolah dasar. Hasil ini diharapkan menjadi rujukan bagi pelaksanaan asistensi mengajar di masa yang akan datang.References
Akbar, S. (2023). "Peran Asistensi Mengajar dalam Peningkatan Kompetensi Pedagogik Mahasiswa Calon Guru." Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 10(2), 112-125
Amri, S., & Ahmadi, I. K. (2010). Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif dalam Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Anandha, S. A., & Susanto, R. (2023). Pengaruh Kegiatan Kampus Mengajar Terhadap Pembentukan Kompetensi Pedagogik.
Fitriani, A., & Sari, D. P. (2023). "Pengembangan Kemampuan Refleksi Diri Mahasiswa Melalui Pengalaman Asistensi Mengajar." Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 7(1), 45-58.
Hamalik, O. (2011). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Ibrahim, R. (2018). Pengaruh Asistensi Mengajar terhadap Peningkatan Kompetensi Mahasiswa Calon Guru. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 51(3), 201–210. [https://doi.org/10.23887/jpp.v51i3.15244](https://doi.org/10.23887/jpp.v51i3.15244)
Rahmawati, R., & Susanto, A. (2025). "Persepsi Mahasiswa Asisten Mengajar terhadap Kontribusi Program dalam Mengembangkan Keterampilan Manajerial Kelas." Jurnal Manajemen Pendidikan, (akan diterbitkan atau sudah diterbitkan, sesuaikan jika ada). (Cari jurnal manajemen pendidikan).
Respita, & Gumanti. (2024). Implementasi Program Asistensi Mengajar dalam Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa Calon Pendidik.
Widodo, H., & Prasetyo, E. (2024). "Evaluasi Efektivitas Program Asistensi Mengajar dalam Meningkatkan Keterampilan Komunikasi dan Interaksi Pedagogik Mahasiswa." Jurnal Inovasi Pendidikan, (volume/nomor tertentu, jika tersedia). (Cari jurnal inovasi pendidikan).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Yanti Vidarosa Naibaho, Ivo Monica Situmorang, Nove Rodiulina Sitanggang, Sintiya Fransisca Br. Tarigan, Oki Lumban Tobing , Triwan Daniel Silaban

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




