HUBUNGAN INTENSITAS PENGGUNAAN TIKTOK DENGAN TINGKAT STRES MAHASISWA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.46925Keywords:
Tiktok, Intensitas Penggunaan, Stres, Mahasiswa, PSSAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara intensitas penggunaan TikTok dengan tingkat stres mahasiswa di Indonesia. Menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional terhadap 102 responden, data dikumpulkan melalui kuesioner intensitas TikTok dan skala stres PSS-10. Hasil menunjukkan adanya korelasi positif dan signifikan (r = 0,658, p < 0,001), di mana 43,3% variasi stres dijelaskan oleh penggunaan TikTok. Temuan ini mengindikasikan bahwa penggunaan TikTok yang intensif berkontribusi terhadap peningkatan stres mahasiswa. Studi ini menekankan pentingnya pengelolaan penggunaan media sosial secara bijak untuk menjaga kesehatan mental.References
Aditiawan, A. R. (2019). Hubungan intensitas penggunaan media sosial dengan akhlak peserta didik kelas XI SMA Negeri 6 Sidrap (Doctoral dissertation, IAIN Parepare).
Al Aziz, A. A. (2020). Hubungan Antara Intensitas Penggunaan Media Sosial dan Tingkat Depresi pada Mahasiswa. Acta Psychologia, 2(2), 109–118.
Aldwin, C. M. (2007). Stress, coping, and development: An integrative perspective (2nd ed.). Guilford Press.
Al-Kautzar, T. P. M., Adellia, R., & Azzahra, Y. (2024). Persepsi Mahasiswa Ilmu Komunikasi UNESA Terhadap Platform TikTok. In Prosiding Seminar Nasional Ilmu Ilmu Sosial (SNIIS) (Vol. 3, pp. 305-319)
Ardani, T. A., & Istiqomah, D. (2020). Psikologi Positif Perspektif Kesehatan Mental Islam. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya.
Cohen, S., Kamarck, T., & Mermelstein, R. (1983). A global measure of perceived stress. Journal of Health and Social Behavior, 24(4), 385–396.
Deci, E. L., & Ryan, R. M. (1985). Intrinsic motivation and self-determination in human behavior. New York: Plenum Press.
Ghinarahima, C. N., & Idulfilastri, R. M. (2024). Peran FoMO sebagai Mediator pada Penggunaan Media Sosial terhadap Perilaku Pembelian Impulsif Produk Skincare. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(6), 4316-4329.
Harahap, N., Afilika, G. F., Septiani, A. T., Aqmalsah, F. W., Suhandi, M. A., Zuraida, L., Nabila, N., & Khairunnisa, K. (2024). Pengaruh Antara Penggunaan Media Sosial TikTok Dengan Tingkat Stres Mahasiswa UIN SU Medan. Jurnal Riset, Pendidikan dan Ilmu Sosial.
Harahap, R. A., Wahyudi, T., & Siregar, D. R. (2021). Self-presentation di media sosial TikTok pada mahasiswa: Studi fenomenologis. Jurnal Psikologi Insight, 3(1), 45–53.
Hidayati, S. A. R. A. N., & Savira, S. I. (2021). Hubungan antara konsep diri dan kepercayaan diri dengan intensitas penggunaan media sosial sebagai moderator pada mahasiswa psikologi Universitas Negeri Surabaya. Character Jurnal Penelitian Psikologi, 8(3), 1-11.
Ismi, A. (2023). Hubungan antara intensitas penggunaan media sosial dan pola tidur dengan tingkat stres mahasiswa Prodi Bimbingan dan Konseling Islam Fakultas Dakwah angkatan 2018 (Doctoral dissertation, UIN Prof. KH Saifuddin Zuhri).
Juditha, C. (2011). Hubungan penggunaan situs jejaring sosial facebook terhadap perilaku remaja di kota Makassar. Jurnal Penelitian Iptek-Kom, 13(1), 1-23.
Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2010). Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media. Business horizons, 53(1), 59-68.
Kencana, S., & Muzzamil, F. (2023). Pengaruh Optimisme Terhadap Stres Akademik Pada Mahasiswa Yang Sedang Mengerjakan Skripsi. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(19), 353-361.
Khairina, N., Rahmawati, D. S. R., & Indriani, F. (2024). Kecemasan pada Dewasa Awal Akibat Fear of Missing Out (FoMO). Flourishing Journal, 4(7), 296-303.
Kietzmann, J. H., Hermkens, K., McCarthy, I. P., & Silvestre, B. S. (2011). Social media? Get serious! Understanding the functional building blocks of social media. Business horizons, 54(3), 241-251.
Lazarus, R. S., & Folkman, S. (1984). Stress, appraisal, and coping. Springer Publishing Company.
Melati, B., Rahman, S., Tasalim, R., & Mohtar, M. S. (2023). Pengaruh terapi murottal terhadap tingkat stres akibat penggunaan media sosial TikTok. Jurnal Keperawatan Jiwa (JKJ), 11(2), 84–91. https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JKJ/article/view/15032
Melati, B., Rahman, S., Tasalim, R., & Mohtar, M. S. (2024). Pengaruh Terapi Murottal terhadap Tingkat Stres Akibat Penggunaan Media Sosial TikTok. Jurnal Keperawatan Jiwa, 12(1), 45–52.
Nasrullah, R. (2015). Media sosial: Perspektif komunikasi, budaya, dan sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media, 2016, 2017.
Newport, C. (2019). Digital minimalism: Choosing a focused life in a noisy world. Penguin Publishing Group.
Nurul, F. A., & Fatimah, S. (2020). Distribusi Stres pada Mahasiswa Ditinjau dari Intensitas Penggunaan Media Sosial selama Pembelajaran Daring. Jurnal Psikologi Terapan dan Pendidikan, 8(1), 67–75.
Pamungkas, A. T., Fahrudin, A., & Azhiim, R. A. (2023). Pengaruh Kecemasan Sosial terhadap Ketergantungan Media Sosial pada Mahasiswa. Liberosis: Jurnal Psikologi dan Bimbingan Konseling, 1(1), 1–10.
Prasetya, H., & Lestari, F. D. (2020). Dampak penggunaan TikTok terhadap perilaku belajar mahasiswa. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 8(2), 98–106.
Przybylski, A. K., & Weinstein, N. (2017). A large-scale test of the Goldilocks hypothesis: Quantifying the relations between digital-screen use and the mental well-being of adolescents. Psychological Science, 28(2), 204–215. https://doi.org/10.1177/0956797616678438
Przybylski, A. K., Murayama, K., DeHaan, C. R., & Gladwell, V. (2013). Motivational, emotional, and behavioral correlates of fear of missing out. Computers in Human Behavior, 29(4), 1841–1848. https://doi.org/10.1016/j.chb.2013.02.014
Puspita, N. D., & Yulianti, I. (2021). Tingkat Stres Mahasiswa dalam Menjalani Pembelajaran di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Manajemen dan Kesehatan Al-Irsyad, 14(2), 102–111.
Putri, A. N., & Wulandari, S. (2022). Media sosial dan kesehatan mental mahasiswa selama pandemi: Studi kuantitatif pada pengguna aktif TikTok. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 6(4), 205–213.
Rinawati, F., & Sucipto, S. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Stres Dan Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Keperawatan Jiwa, 7(1), 95-100.
Rogowska, A. M., & Cincio, A. (2024). Procrastination mediates the relationship between problematic TikTok use and depression among young adults. Journal of Clinical Medicine, 13(5), 1247. https://doi.org/10.3390/jcm13051247
Sa'diyah, M., Naskiyah, N., & Rosyadi, A. R. (2022). Hubungan intensitas penggunaan media sosial dengan kesehatan mental mahasiswa dalam pendidikan agama Islam. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(03), 713-730.
Sarafino, E. P., & Smith, T. W. (2014). Health psychology: Biopsychosocial interactions (8th ed.). Wiley.
Sari, K. H. (2023). Pengaruh Penggunaan Aplikasi TikTok terhadap Terbentuknya Jiwa Kewirausahaan Mahasiswa: Studi pada Mahasiswa S1 Pendidikan IPS Universitas Pendidikan Indonesia.
Stead, H., & Bibby, P. A. (2017). Personality, fear of missing out and problematic internet use and their relationship to subjective well-being. Computers in Human Behavior, 76, 534-540.
Sun, Y., Zhang, Y., & Liu, Q. (2022). The relationship between short video application usage and mental health among college students: A cross-sectional study. Journal of Affective Disorders, 298, 123–129.
Swari, N. K. E. P., & Tobing, D. H. (2024). Dampak Perbandingan Sosial Pada Pengguna Media Sosial: Sebuah Kajian Literatur. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(7), 853-863.
Tendhuha, A. R. (2018). Hubungan antara intensitas penggunaan media sosial dan komunikasi interpersonal pada remaja (Doctoral dissertation, Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang). http://eprints. umm. ac. id/43294).
Twenge, J. M. (2017). iGen: Why today's super-connected kids are growing up less rebellious, more tolerant, less happy—and completely unprepared for adulthood. Atria Books.
Twenge, J. M. (2017). iGen: Why today's super-connected kids are growing up less rebellious, more tolerant, less happy—and completely unprepared for adulthood—and what that means for the rest of us. Atria Books.
Yuliana, S., & Nugroho, A. (2020). Pemanfaatan media sosial dalam meningkatkan literasi digital mahasiswa. Jurnal Komunikasi dan Pendidikan, 4(1), 33–40.
Zhao, N., & Zhou, G. (2021). COVID-19 stress and addictive social media use (SMU): Mediating role of active use and social media flow. Frontiers in Psychiatry, 12, 635546.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Esa Cintami Yuendi, Kaila Alif Sagita, Annisa Eka Sunarya, Wardatul Afiyah, Hafiziani Eka Putri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




