STRATEGI PEMBELAJARAN PAK BERBASIS NILAI KRISTIANI DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER SISWA DI ERA DIGITAL
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i4.53534Keywords:
Strategi Pembelajaran, Pendidikan Agama Kristen, Nilai Kristiani, Karakter Siswa, Era DigitalAbstract
Perkembangan teknologi digital membawa tantangan yang signifikan bagi proses pembelajaran Pendidikan Agama Kristen (PAK), terutama dalam pembentukan karakter siswa yang beriman, berintegritas, dan mampu bersikap kritis terhadap arus informasi. Penelitian ini bertujuan mengkaji strategi pembelajaran PAK yang berlandaskan nilai-nilai Kristiani dan dinilai relevan dalam memperkuat karakter peserta didik pada era digital. Metode yang digunakan adalah studi kepustakaan dengan pendekatan deskriptif, melalui penelaahan literatur akademik, jurnal nasional dan internasional, serta buku ilmiah yang membahas pembelajaran PAK dan internalisasi nilai Kristiani. Temuan kajian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran yang mengintegrasikan nilai Kristiani, seperti keteladanan guru, aktivitas refleksi iman, penggunaan teknologi digital secara edukatif, serta kolaborasi antara sekolah, keluarga, dan gereja, berkontribusi nyata terhadap pembentukan moral, spiritualitas, dan identitas Kristiani siswa. Strategi tersebut tidak hanya mendorong pemahaman kognitif tentang ajaran Kristen, tetapi juga membimbing siswa menerapkan nilai kasih, kejujuran, tanggung jawab, dan empati dalam berbagai situasi, termasuk ketika berinteraksi di ruang digital yang kerap memunculkan dilema moral. Pembelajaran PAK berpotensi menghasilkan peserta didik yang tidak hanya unggul secara akademis, tetapi juga memiliki karakter Kristiani yang kuat dan mampu menunjukkan perilaku etis dalam menghadapi dinamika era digital yang kompleks.References
Ekoprodjo, H. S., & Wibowo, M. (2024). Pendidikan Kristen membentuk karakter dan nilai-nilai Kristus dalam konteks modern. Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 5(1), 15–28.
Gulo, E., Laia, D., & Tapilaha, S. R. (2024). Strategi guru Pendidikan Agama Kristen dalam membentuk karakter peserta didik di era digital. Lumen: Jurnal Pendidikan Agama Katekese dan Pastoral, 3(1), 13–25.
Hutagalung, A. A., Wuwung, O., & Lolombulan, J. H. (2025). Penguatan karakter Kristiani siswa di SMA Eben Haezar Manado melalui pembelajaran dan keteladanan guru PAK. Paradosi: Jurnal Teologi Praktika, 1(2), 1–6.
Ito, K. A. H., & Saingo, Y. A. (2025). Implementasi karakter Kristen dalam menjaga moralitas dan kekudusan hidup sebagai manusia yang beradab. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(10), 387–404
Kaawoan, J. M., & Lumintang, G. (2024). Implementasi nilai‑nilai Alkitabiah dalam pembentukan karakter Kristen siswa di SMA Generasi Bintang Bitung: Perspektif guru PAK. Murid Kristus. Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen, 1(2), 141–154.
Larosa, S., & Salabbaet, F. (2025). Model pendidikan Kristen untuk pembentukan karakter Generasi Alfa di era digital: Analisis teologis dan strategi praktis. Jurnal Pendidikan Kristen dan Gereja, 8(2), 39–58.
Lase, et al. (2024). Peran pendidik Kristen terhadap dampak new morality dari era digital. Transformasi: Jurnal Teologi dan Kepemimpinan, 3(1), 73–84.
Lase, et al. (2025). Membangun iman dalam pembelajaran kolaboratif dalam pembelajaran Pendidikan Agama Kristen. Jurnal Riset Rumpun Agama dan Filsafat, 4(1), 244–253.
Legi, H., & Legi, D. G. D. (2025). Menguatkan spiritualitas Generasi Alpha melalui Pendidikan Agama Kristen yang kontekstual. Jurnal Mahasiswa, 3(1), 32–47.
Liber, P., Loris, L., & Tapilaha, S. R. (2024). Peran guru pendidikan agama Kristen terhadap pertumbuhan karakter bagi anak didik. Jurnal Budi Pekerti Agama Kristen dan Katolik, 2(1), 72–79
Paelongan, J., et al. (2024). Integrasi Nilai Kristiani Dan Literasi Digital Dalam Pendidikan Agama Kristen. Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 2(1), 539–551.
Romika, et al. Pendidikan Agama Kristen di Era Digital. (Bandung: Widina Media Utama, 2025)
Sianipar, H. M., & Irawati, W. (2022). Peran guru sebagai teladan dalam upaya pembentukan karakter siswa berdasarkan kajian filsafat aksiologi Kristen. Didaché: Journal of Christian Education, 3(1), 58–72.
Sitorus, G. M. N., Butarbutar, I., & Lumbanraja, R. (2025). Penerapan Nilai-Nilai Kristiani Berbasis Proyek Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen: Upaya mencegah perundungan (bullying). PIJAR: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 3(3), 411–421.
Verdianto, V., & Muspawi, M. (2025). Studi literatur: Daftar pustaka dalam pembuatan karya ilmiah. Jurnal Kepemimpinan dan Pengurusan Sekolah, 10(1), 1–9.
Veronika. (2025). Mengoptimalkan teknologi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Kristen untuk membangun karakter Kristiani. HUMANITIS: Jurnal Humaniora, Sosial dan Bisnis, 3(3), 559–566
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Lantika Doloksaribu, Alisa Putri Kristiani Simanjuntak

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




