EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA DI PERGURUAN TINGGI
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.36312Keywords:
Media Pembelajaran, Teknologi, Motivasi, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar mahasiswa di perguruan tinggi. Dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi informasi, institusi pendidikan dituntut untuk beradaptasi dan memanfaatkan media pembelajaran yang inovatif untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih menarik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur, yang melibatkan analisis terhadap berbagai sumber yang relevan, termasuk jurnal ilmiah, buku, dan laporan penelitian sebelumnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi, seperti video pembelajaran, kuis interaktif, dan platform pembelajaran daring, dapat meningkatkan motivasi mahasiswa untuk belajar. Interaktivitas dan fleksibilitas yang ditawarkan oleh teknologi memungkinkan mahasiswa untuk terlibat secara aktif dalam proses belajar, yang berdampak positif pada hasil akademis mereka. Meskipun demikian, penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa tantangan, seperti kesenjangan akses teknologi di kalangan mahasiswa dan perlunya pelatihan bagi dosen dalam memanfaatkan teknologi dengan efektif. Oleh karena itu, disarankan agar institusi pendidikan mengembangkan strategi yang inklusif untuk memastikan aksesibilitas dan pelatihan yang memadai, serta terus berinovasi dalam penerapan media pembelajaran berbasis teknologi. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan praktik pembelajaran yang lebih efektif dan inovatif di perguruan tinggi.References
Aini, Y. I. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran Quizizz Untuk Pembelajaran Jenjang Pendidikan Dasar Dan Menengah Di Bengkulu. Jurnal Kependidikan, 2(25), 1–6.
Dewi, K. C., Ciptayani, P. I., Surjono, H. D., & Priyanto. (2019). Blended Learning Konsep dan Implementasi pada Pendidikan. In Kadek Cahya Dewi, S.T., M.Cs Putu Indah Ciptayani, S.Kom., M.Cs Prof. Herman Dwi Surjono, Ph.D Dr. Priyanto, M.Kom (Issue 28).
Haking, D., & Soepriyanto, Y. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Renang Pada Mata Pelajaran PJOK untuk Siswa Kelas V SD. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(4), 320–328. https://doi.org/10.17977/um038v2i42019p320
Haryanto, S., Zahra, R., Merakati, I., Hanafiah, H., Haryati, H., Thasimmim, S. N., & Arifianto, T. (2024). PEMBELAJARAN BERBASIS GAME: PELATIHAN MEMBUAT MEDIA PEMBELAJARAN MENARIK DENGAN TEKNOLOGI. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 868–883.
Rehalat, A. (2024). Analisis Penggunaan Teknologi Informasi Sebagai Media Pembelajaran Kewirausahaan Terhadap Pemanfaatan Kantin Sekolah Di SMA Muhammadiyah Ambon. JPEK (Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan), 8(1), 366–373.
Saputra, A. M. A., Ramadhani, K., & Ramadhani, S. (2023). PENGGUNAAN MEDIA AUGMENTED REALITY PADA PEMBELAJARAN PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI DI UNIVERSITAS ISLAM MAKASSAR. TEKNOS: Jurnal Pendidikan Dan Teknologi, 1(1), 40–52.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sulistiani, H., Isnain, A. R., Rahmanto, Y., Saputra, V. H., Lovika, P., Febriansyah, R., & Chandra, A. (2023). Workshop Teknologi Metaverse Sebagai Media Pembelajaran. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 4(1), 74–79.
Wulansari, O. D. E., Zaini, T. M., & Bahri, B. (2013). Penerapan teknologi Augmented Reality pada media pembelajaran. Jurnal Informatika, 13(2), 169–179.
Yazdi, M. (2012). E-learning sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis teknologi Informasi. Jurnal Ilmua Foristek, 2(1), 143–152.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nur Wahyuningsih Ibrahim
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.