IMPLEMENTASI STRATEGI PAIKEM DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DI SEKOLAH MENENGAH

Authors

  • Kasih Fhilia Siregar PTKKN Kementerian Agama RI
  • Marta Hutasoit PTKKN Kementerian Agama RI

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i4.53653

Keywords:

PAIKEM, Pendidikan Agama Kristen, Sekolah Menengah Pertama, Strategi Pembelajaran, Motivasi Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi strategi PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan) dalam pembelajaran Pendidikan Agama Kristen (PAK) di Sekolah Menengah Pertama. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian berupa guru PAK dan siswa kelas VII hingga IX. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara semi-terstruktur, dan dokumentasi terkait proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi PAIKEM dapat meningkatkan partisipasi aktif, motivasi, dan minat belajar siswa. Guru berperan sebagai fasilitator yang membimbing siswa dalam memahami nilai-nilai Kristen melalui metode diskusi, studi kasus moral, proyek berbasis iman, dan simulasi situasi kehidupan. Penggunaan media kreatif seperti audio-visual, presentasi interaktif, dan bahan ajar digital juga terbukti memperkaya pengalaman belajar dan memudahkan siswa menginternalisasi materi. Meskipun terdapat kendala seperti keterbatasan sarana-prasarana, kesiapan siswa, dan kompetensi guru, strategi PAIKEM tetap efektif apabila didukung dengan pelatihan guru, manajemen kelas yang adaptif, serta evaluasi yang holistik melalui portofolio, proyek, refleksi, dan observasi partisipasi siswa. Penelitian ini merekomendasikan integrasi metode dan media kreatif secara konsisten dalam kurikulum PAK, peningkatan kompetensi guru, dan keterlibatan proaktif siswa untuk menciptakan pembelajaran yang bermakna, interaktif, dan menyenangkan.

References

Creswell, J. W. (2014). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (4th ed.). Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.

Fadilah, R. (2019). Strategi pembelajaran aktif di sekolah menengah: Tantangan dan solusi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hamalik, O. (2017). Proses belajar mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Hartono, D. (2018). Implementasi pembelajaran berbasis proyek untuk penguatan karakter siswa di SMP. Jurnal Pendidikan Kristen, 15(2), 45–59.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (3rd ed.). Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi penelitian kualitatif (Revisi ed.). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Purwanto, N. (2020). Evaluasi hasil belajar dan pembelajaran kreatif di sekolah menengah. Jakarta: Rajawali Pers.

Reid, D. & Coe, A. (2021). Faith, learning, and critical inquiry: Integrative approaches in Christian pedagogy. International Journal of Christianity & Education, 25(1), 35–52.

Rusman. (2018). Model-model pembelajaran: Mengembangkan profesionalisme guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Sari, R., & Nugroho, H. (2020). Analisis strategi pembelajaran PAIKEM dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 7(1), 12–23.

Sagala, S. (2019). Pengembangan berpikir kritis dalam pembelajaran Pendidikan Agama Kristen. Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen, 48(1), 67–84.

Suharto, B. (2021). Pengembangan kompetensi guru dalam implementasi pembelajaran aktif. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(3), 101–115.

Susanto, A. (2019). Strategi ekspositori dalam pembelajaran PAK untuk meningkatkan partisipasi siswa. Jurnal Prosologi Pendidikan Kristen, 3(2), 110–123.

Swartz, R. J., & McGuinness, C. (2020). Developing critical thinking through explicit instruction. Thinking Skills and Creativity, 37, 1–14.

Triwibowo, C. (2021). Internalisasi nilai Kristiani melalui pembelajaran reflektif di sekolah. Jurnal PAK Gema, 12(1), 45–56.

Wahyuni, S. (2020). Higher-order thinking skills and their implementation in religious education. Jurnal Pendidikan, 6(2), 210–223.

Wibowo, A. (2019). Pendidikan Agama Kristen di sekolah menengah: Teori dan praktik. Surabaya: Graha Ilmu.

Widodo, A., & Wardani, D. (2018). Teacher-centered to student-centered learning: A transformation. Jurnal Pendidikan Indonesia, 7(2), 98–106.

Wijaya, T. (2021). Integrasi media kreatif dalam pembelajaran Pendidikan Agama Kristen berbasis PAIKEM. Jurnal Pendidikan Kristiani, 16(1), 77–89.

Wulandari, F., & Tanuwijaya, C. (2021). Integrasi spiritualitas dalam pembelajaran PAK: Pendekatan pedagogis dan praksis. Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen, 6(1), 77–93.

Downloads

Published

2025-12-11

How to Cite

Siregar, K. F., & Hutasoit, M. (2025). IMPLEMENTASI STRATEGI PAIKEM DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DI SEKOLAH MENENGAH. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(4), 8578–8584. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i4.53653

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.